Chevrolet Trax: SUV Compact Pertama Bermesin Turbo

Mobil

Chevrolet Trax mobil pertama yang mengusung mesin turbo memiliki desain yang modern, stylish, dan trendi.

Chevrolet Trax ini bisa dibilang sebagai mobil bertipe sport utility vehicle atau yang lebih dikenal dengan istilah SUV compact pertama yang mengusung mesin turbo. Mobil ini secara resmi mengaspal di jalanan Tanah Air pada 2016 untuk bersaing ketat dengan mobil di segemen SUV compact yang sudah eksis terlebih dahulu.

Mobil ini sejatinya merupakan mobil crossover atau silangan Chevrolet yang diproduksi di Korea. Meskipun masih menggunakan mesin berpakasitas 1.4-liter, tapi jangan salah, performa mobil ini disebut laik disejajarkan dengan mobil SUV dengan kapasitas mesin lebih besar.

Apalagi generasi paling baru dari mobil ini disebut memiliki desain yang lebih modern, stylish, dan juga lebih segar jika dibandingkan dengan para pesaing-pesaingnya. Selain memiliki tampilan yang modern, mobil ini juga memilki agilitas sempurna yang didukung ruang dalam dan kabin yang luas dengan teknologi kekinian.

Genarasi terbaru dari mobil ini lahir pada Maret 2018 lalu. Lahir dengan embel-embel Chevrolet Trax Coopertino, SUV compact yang satu ini dibekali dengan emblem “Premier” yang ada di sisi kanan belakang mobil.

Menurut GM Indonesia, emblem Premier ini merupakan nama baru untuk menggantikan nama LTZ. Sebab sebelum resmi merilis Premier ini, mobil ini memiliki dua varian, Trax KT dan Trax LTZ. Dan Trax LTZ ini merupakan varian tertingginya.

Baca juga: Fitur Berteknologi Super Canggih pada Chevrolet Trax

Berusaha Bersaing dalam Ketatnya Mobil Segmen SUV

Hadir sebagai pemain anyar pada segmen SUV, mobil ini pertama kali menggebrak pasar segmen mobil SUV di Indonesia pada 2016 lalu. Kompetitor yang harus dihadapi pun tidak bisa diangap sepele, seperti Daihatsu Terios dan Toyota Rush yang sampai saat ini masih sangat mendominasi. Selain  itu, masih ada juga Honda HR-V dan Nissan Juke yang tampaknya masih memiliki segmen pasar yang lebih kuat.

Di Indonesia sendiri, Chevrolet Trax dipasarkan lewat APM resminya bernama General Motors (GM) Indonesia. Hadir sebagai mobil SUV pertama yang sudah mengusung mesin turbo dan memiliki fitur-fitur tercanggih di kelasnya, membuat mobil ini menjadi andalan penjualan mobil Chevrolet di Indonesia. Misalnya saja di sepanjang 2017 lalu, mobil ini berhasil menyumbang penjualan sebanyak 2.082 unit dari total penjualan mobil Chevrolet sebanyak 3.700 unit.

SUV Compact yang Menjanjikan

Hadir sebagai SUV compact pertama bermesin turbo, membuat mobil ini dapat digunakan sebagai mobil harian yang andal. Mobil ini juga dikenal memiliki pengendalian dan sistem berkendara terbaik berkat adanya dukungan dari mesin turbocharge 1.4-liter. Mesin tersebut diklaim tidak kalah performanya jika dibandingkan dengan Honda HR-V yang sudah memiliki kapasitas mesin yang lebih tinggi, 1.8-liter.

Dibekali dengan interior depan yang terasa lapang meskipun tampak sempit, membuat mobil ini memiliki dashboard dengan konsep dual cockpit. Sehingga pengemudi dan pengendara bisa memiliki jarak yang cukup signifikan. Selain itu mobil ini juga dibekali dengan fitur multimedia lengkap dengan voice command, sunroof, dan lain sebagainya yang membuat mobil ini semakin memanjakan para penumpangnya.

Wajar saja jika pada 2016 saja mobil ini pernah mendapat lima penghargaan, yakni Best Compact SUV oleh Gridoto Wards, Best SUV Compact od The Years 2016 oleh MobilMotor, Most Fuel Efficient SUV oleh Kelly Blue Boo, Top 5 Car of The Year 2016 oleh Forwot, dan 10 Tech-Savviest Cars under $20K oleh Kelly Blue Book.

Baca juga: Mobil Honda BR-V: Spesifikasi, Interior dan Fitur

Performa Mesin Chevrolet Trax

Mobil ini dibekali dengan mesin turbocharger 1.4-liter yang mempu menghasilkan daya maksimum hingga 140 PS dengan putaran 4,900 rpm dengan torsi maksimumnya mencapai 200 Nm pada putaran 1,850 rpm. Selain itu, mobil ini juga menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan untuk menunjang efisinesi dan kenyamanan dalam berkendara.

Kemudian terkait dengan fitur safety-nya, mobil ini dibekali dengan beberapa fitur safety seperti electronic stability control, rear vision camera, rear park assist, 6 airbag, hill start assist, seatbelt dengan pretensioner, hingga pengereman dengan ABS, EBD, dan PBA.

Pilihan Warna Chevrolet Trax

Mobil ini tersedia dalam beberapa pilihan warna yang cukup menarik. Mulai dari black meet kettle metallic, coppertino metallic, switchblade silver metallic, satin steel grey metallic. Hingga pilihan warna pull me over red, abalone white, dan burning hot metallic.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Chevrolet Trax

Setelah melihat ulasan cukup lengkap di atas, pertanyaannya kemudian adalah mobil ini laik dibeli ataukah tidak? Untuk menjawabnya, mari lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari mobil itu sendiri.

Beberapa kelebihan dari mobil ini adalah mobil jenis SUV compact pertama yang mengusung mesin turbo. Selain itu, mobil ini diklaim memiliki desain yang unik, namun tetap kekinian. Dari segi interiornya pun bisa dikatakan cukup luas. Dan, mobil ini juga didukung dengan fitur hiburan yang cukup lengkap. Kelebihan lain dari mobil ini adalah adanya powercharger yang ada di generasi terbarunya.

Kemudian jika dilihat dari kekurangannya, mobil ini hanya tersedia untuk mesin bensin saja. Dan, pilihan variannya pun cukup terbatas, hanya ada dua varian saja. Pertanyaan yang akan muncul kemudian adalah berapa harga mobil Chevrolet Trax ini?

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Up Date Harga Chevrolet Trax Terbaru 2019

Informasi mengenai harga mobil ini, dibagi menjadi dua varian. Setiap tipe sudah pasti memiliki harga yang berbeda. Untuk tipe Trax 1.4 LT AT dibandrol dengan harga dikisaran Rp232.500.000,00. Kemudian untuk tipe Trax 1.4 Premier AT yang merupakan generasi terbaru dibandrol dengan harga dikisaran Rp318.500.000,00.

Jika dilihat dari nominal harganya, tampaknya banderol untuk memboyong mobil Chevrolet Trax ini dinilai masuk cukup kompetitif untuk bersaing di pasar otomotif Tanah Air untuk segmen mobil SUV.

Comments are closed.