Cicilan Mobil Atau Beli Tunai: Apa Saja Keuntungannya?

Mobil

Membeli mobil secara tunai atau memilih untuk melakukan cicilan mobil merupakan cara-cara yang banyak dipilih untuk mendapatkan mobil. Namun, dari kedua cara tersebut, lebih menguntungkan yang mana ya?

Pernyataan bahwa manusia tidak bisa lepas dari mobil merupakan hal yang benar. Sebab, sebagai sarana transportasi yang bisa menunjang bermacam aktivitas sehari-hari, mobil sudah menjadi kebutuhan primer. Lalu sebaiknya, beli mobil itu lebih baik secara tunai atau dicicil ya? Pada saat ini semakin banyak orang memerlukan mobil sebagai suatu kebutuhan, karena mobil menjadi sarana transportasi yang paling praktis untuk digunakan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang dapat memiliki mobil yang diinginkan. Pasalnya, membeli mobil juga harus dibutuhkan perhitungan yang matang dengan kemampuan finansial Anda. Ada dua pilihan cara dalam membeli mobil yang bisa Anda lakukan. Pertama jika kondisi keuangan Anda mencukupi maka belilah mobil baru secara tunai, namun bagaiamana jika dananya terbatas? Anda mempunyai piihan membeli mobil secara kredit atau bahasa lainnya adalah cicilan mobil. Namun, pastikan kedua pilihan ini tergantung dari kemampuan finansial Anda.

Baca juga: Selain DP Mobil dan TDP Apa Saja Istilah Kredit Mobil Lainnya ?

Bagaimana cara menentukannya apakah Anda mampu membeli mobil secara tunai atau memilih pilihan kedua, yaitu cicilan mobil?

Pahami Cara Membeli Mobil

Bila Anda ingin membeli mobil dengan tunai tetapi kondisi keuangan sangat pas-pasan, tentu ini suatu hal yang sangat berisiko. Sebab, keuangan Anda akan sepenuhnya terkuras untuk membeli mobil dan Anda tidak memiliki uang simpanan untuk membiayai kebutuhan hidup setiap hari. Meskipun membeli mobil baru memiliki banyak keuntungannya, apalagi untuk Anda yang tidak terlalu memahami mengenai mesin mobil. Selanjutnya jika Anda membeli mobil dengan cara kredit maka kemungkinan produk tersebut mengalami kerusakan sangatlah kecil dan tentu ini menjadi salah satu keuntungan dalam membeli mobil baru. Pemilik mobil baru hanya cukup melakukan servis rutin secara berkala yang juga mendapat biaya gratis pada satu dan dua servis di awal dalam jangka waktu atau jarak kilometer tertentu. Buatlah skala prioritas saat membeli mobil, contohnya pada saat membeli mobil, setiap bulannya aksesori apa saja yang harus ada di dalam mobil Anda. Selain itu, Anda juga harus memahami jadwal servis rutin yang biasanya berdasarkan kilometer dari mobil tersebut. Contoh, Anda harus melakukan servis rutin di 100 kilometer pertama, 500, atau 1.000 kilometer.

Baca juga: Istilah dalam Simulasi Kredit Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai

Hemat Dana

Tentu bila dibandingkan dengan cicilan mobil, membeli mobil secara tunai jauh lebih murah. Sebab, membeli mobil secara tunai, Anda hanya diwajibkan membayar harga mobil sesuai banderol tanpa penambahan bunga cicilan. Jadi, jika Anda memang memiliki uang yang bisa digunakan untuk membeli mobil secara tunai, jangan sungkan untuk mendapatkan mobil sesuai impian Anda secara tunai. Selain itu, membeli mobil secara tunai juga menjauhkan Anda dari cicilan yang mungkin bisa memberatkan kehidupan Anda.

Tidak Ada Tanggungan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa membeli mobil secara tunai, akan terhindar dari tanggungan cicilan mobil yang mungkin saja menjadi beban untuk finansial Anda. Oleh karena itu, cara ini menjadi pilihan yang banyak diambil oleh orang dalam mendapatkan mobil. Lebih baik menabung terlebih dahulu baru membeli mobil dibandingkan harus dibebankan dengan sebuah cicilan yang jangka waktunya cukup lama.

beli mobil dengan cara cicil

Keuntungan Cicilan Mobil

Kemudahan Membayar

Salah satu kesulitan pada saat memebli mobil secara tunai adalah kesulitan konsumen adalah pada saat menabung, karena harus memiliki tabungan yang cukup besar untuk bisa membeli mobil. Sementara kalau membeli mobil secara kredit, konsumen tidak perlu menabung dengan mengumpulkan uang dalam nominal yang banyak, karena pembayaran dilakukan dengan cicilan dan mobil sudah bisa dibawa pulang meski pembayaran belum lunas.

Asuransi

Jika Anda memilih membeli mobil secara kredit, maka konsumen akan diarahkan untuk memiliki asuransi. Ini jelas menguntungkan karena Anda mendapatkan rasa aman saat berkendara.

Syarat Mudah

Syarat untuk membeli mobil bekas itu mudah dan tidak ribet, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kelengkapan wajib untuk meanjutkan transaksi. Ini adalah sebagai data syarat kredit oleh bank, berikut dokumen yang harus disiapkan: Fotokopi KTP Suami-Istri, kartu keluarga, rekening listrik, rekening koran, dan slip gaji.

Baca juga: 4 Cara Aman Membeli Mobil Pertama Anda

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Menjaga Kondisi Keuangan

Membeli mobil secara kredit adalah dapat menjaga kondisi pengeluaran dan pendapatan bulanan, karena sistem kredit bisa membantu Anda jika membutuhkan suatu barang dalam waktu mendesak. Anda yang sedang menjadi calon konsumen untuk membeli mobil dan sedang bingung untuk mencari mobil baru, cara-cara di atas bisa menjadi referensi Anda untuk mepertimbangkan kedua cara tersebut dalam membeli mobil. Pertimabngakanlah kedua cara tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bila Anda sudah memutuskan untuk membeli kendaran baru Anda dengan cara mencicilnya, lengkapi dengan proteksi asuransi mobil. Ada dua pilihan asuransi mobil yang bisa Anda miliki, pertama adalah asuransi mobil all risk dan kedua adalah asuransi total loss only (TLO). Dengan memiliki asuransi mobil Anda terbebas dari kekhawatiran mengenai kendaraan Anda. Sebab bila terjadi risiko-risiko yang tidak diinginkan, maka Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jadi, Anda tidak lagi harus mengeluarkan uang berlebih untuk melakukan servis atau pengeluaran untuk perbaikan mobil Anda. Miliki asuransi mobil melalui Futuready.com. Supermarket asuransi yang telah memiliki lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan. Anda bisa memilih berbagai produk asuransi mobil pilihan dari berbagai perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia.

Comments are closed.