Corolla Altis Hybrid, Mobil Sporty Berkabin Mewah

Mobil

Kehadiran Corolla Altis Hybrid menjadi terobosan baru pada kelahiran generasi ke-12 dari seri mobil Toyota satu ini. Desainnya yang sporty didukung tenaga yang besar namun tetap irit bahan bakar.

Dikembangkan dalam platform Toyota New Global Architecture (TNGA), Corolla generasi ke-12 hadir semakin fun to drive serta dilengkapi fitur safety terbaru melalui Toyota Safety Sense (TSS). All New Corolla Altis hadir di Indonesia dalam 3 varian yang semuanya menggunakan transmisi CVT, yaitu All New Corolla Altis 1.8 G dan 1.8 V dengan mesin bensin dan All New Corolla Altis HEV dengan teknologi hybrid terbaru generasi ke-4.

Kehadiran Corolla HEV menempatkan Toyota sebagai brand dengan varian kendaraan elektrifikasi terbanyak di Indonesia. Saat ini, Toyota memiliki 5 varian kendaraan elektrifikasi yaitu Prius, Camry HEV, Alphard HEV, C-HR HEV dan Corolla Altis HEV.

Spesifikasi Corolla Altis Hybrid

spesifikasi corolla altis hybrid

Source: Kompas.com

Desain Luar Sporty dan Dinamis

Sasis anyar TNGA membuat desainer Toyota sanggup menciptakan desain All New Corolla Altis yang benar-benar segar dan menanggalkan rekam jejak generasi sebelumnya. Konsep Keen Look sebagai pakem desain global Toyota dengan ciri khas visual yang agresif dan menohok, membuat siapapun langsung terkesima.

Baca Juga: 9 Mobil Terbaik dari Hyundai di Indonesia

Mesin Hybrid Generasi ke-4

Toyota memutuskan tidak lagi menggunakan mesin 2.000 cc untuk semua varian Corolla Altis. Semua varian sekarang memakai mesin 1.800 cc dan tersedia satu varian yang sudah dijejali teknologi hybrid.

Pada generasi ke-12 Corolla Altis, Toyota masih menggunakan mesin 1.800 cc lama pada model konvensional V dan G yang memiliki kode 2ZR-FE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Unit ini sanggup melepaskan tenaga 140 PS pada 6.400 rpm dan torsi 17,5 Kgm pada 4.000 rpm. Untuk penerus daya dipakai transmisi CVT yang dikenal memiliki distribusi tenaga halus dan responsif ketika dibutuhkan.

Sementara mesin bensin 1.800 cc hybrid berkode 2ZR-FXE sanggup menyemburkan tenaga 93,6 hp dan torsi 141 Nm. Karena sudah berteknologi hybrid, ada tambahan tenaga dari motor listrik P610 HEV transaxle yang menghasilkan 70,9 hp.

Model HEV berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Dayanya sebesar 95 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,47 Kgm pada 4.000 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,62 Kgm.

Berdasarkan uji coba Toyota, akselerasi Corolla Altis Hybrid untuk 0-100 km per jam bisa dicapai 12,6 detik, sementara model konvensional untuk jarak yang sama 13,7 detik. Mobil ini juga diklaim lebih irit bahan bakar kurang lebih 70 persen dan emisi gas buangnya lebih rendah 60 persen.

Untuk memberikan pengemudi opsi karakter berkendara, tersedia 4 mode berkendara yang bisa dipilih. Terdiri atas NORMAL, ECO, SPORT, dan EV mode. Sedangkan untuk tipe G dan V tanpa mode EV.

Kabin Mewah dan Nyaman

interior corolla altis hybrid

Masuk ke dalam, pemilik All New Corolla Altis disuguhkan oleh evolusi desain yang membuatnya naik ke segmen premium sedan. Sentuhan yang diberikan membuat sedan legendaris ini menyambut siapapun yang masuk dengan tangan terbuka, hangat, dan nyaman. Kualitas buatan seluruh panel interior tampak berkelas. Bonus lainnya, kualitas sensorik panel kontrol diperbaiki untuk memberikan sentuhan kemewahan.

Fitur Lengkap

Jok kulit dengan pengatur elektrik di model V dan HEV. Keduanya juga dilengkapi AC climate control dual zone. Spesial untuk model HV, terdapat full color Heads Up Display (HUD) yang menyajikan informasi aktual berkendara dan sistem peringatan keselamatan.

Baca Juga: Lamborghini Veneno Roadster: Mobil Canggih dengan Harga Fantastik

Sistem audio ketiganya memiliki beberapa fitur berbeda. Seperti untuk tipe G dan V bermodalkan monitor DVD 7 inci, FM/AM Radio, USB, voice command, hand gesture, AUX AV in, sd card support, i-Pod ready, koneksi internet, dan miracast.

Sementara tipe HV memiliki monitor 8 inci yang bisa mengoperasikan FM/AM Radio, USB charging, Bluetooth, miracast, Car apple play, vehicle customization function seperti untuk mengatur kunci pintu dan AC, Mirrorlink, dan navigasi. Ketiganya sudah dilengkapi kamera parkir dan sensor parkir, namun tuas paddleshift hanya ada di tipe V.

Toyota Safety Sense

Banyak sekali fitur safety di All New Corolla Altis. Seperti rem ABS+EBD+BA, 7 airbags, Hill Start Assist (HSA), Drive Start Control (DSC), Rear Cross Traffic Allert (RCTA) dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur lain, masuk dalam level Toyota Safety Sense yang mengandalkan sensor kamera dan radar yang dalam titik kritis dapat mengambil alih kendali mobil.

Fitur keselamatan TSS ini, mengandalkan sensor kamera dan radar yang dalam titik kritis dapat mengambil alih kendali mobil. Fitur ini sendiri, terdapat empat bagian, yaitu pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure alert (LDA), serta automatic high beam (AHB).

Pertama, sistem PCS ini menggunakan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan mobil di depan. Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi. Bahkan, di saat genting sehingga tabrakan tidak mungkin dielakan, sistem akan melakukan pengereman secara otomatis.

Ada pula Dynamic Radar Cruise Control yang dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman. Fitur berikutnya adalah Lane Departure Alert (LDA) yang akan memberikan peringatan jika mobil menjauh dari posisi seharusnya.

Terakhir adalah Automatic High Beam yang akan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan jarak dan daya pandang pengemudi dan mengembalikan ke lampu utama ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

Fitur Keselamatan Canggih

All new Toyota Corolla Altis generasi terbaru tidak hanya hadir dengan pembaruan di segala sisi, baik eksterior maupun interior dengan penyematan platform terbaru, Toyota New Global Architecture (TNGA).

Sistem keamanan standar yang wajib dimiliki ketiga model adalah Antilock Braking (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Ditambah tujuh kantong udara dan untuk varian V dan Hybrid sudah dilengkapi Blind Spot Monitor.

Baca Juga: Toyota Sienta: Mobil MPV dengan Konsep Desain Elegan!

Harga Pasaran

Toyota corolla altis hybrid

All New Corolla Altis meluncir di Tanah Air dengan tiga model, yakni G, V, dan Hybrid. Varian Hybrid adalah yang paling tinggi dengan banderol Rp566,3 Juta. Bila dibandingkan dengan model V, harga varian hybrid terpaut Rp70 jutaan yaitu sekitar Rp489,3 Juta. Sementara untuk model G, terpaut sekitar Rp98,3 Juta dengan harga asli Rp468,2 Juta

PT Toyota Astra-Motor menjelaskan rentang antara harga tersebut dinilai dari teknologi, fitur antara Corolla Altis Hybrid dan bensin. Di sisi lain, Mobil satu ini juga diklaim lebih irit BBM 70 persen serta lebih ramah lingkungan sebab emisi lebih baik 60 persen dari kendaraan bensin.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tertarik mengganti mobil lama Anda dengan mobil keluaran terbaru All New Toyota Corolla Altis Hybrid ini?

Comments are closed.