Keuntungan dan Kerugian dalam Penggunaan Cover Mobil

Asuransi MobilMobil

Ada banyak keuntungan dari cover mobil. Salah satunya, yaitu dapat melindungi kerugian dari resiko tergores, cat mengelupas, hingga vandalism.

Mobil merupakan salah satu barang berharga meskipun saat ini Anda hanya mampu membeli mobil bekas. Bagi masyarakat Indonesia sendiri kendaraan roda empat ini memang simbol dari kesejahteraan. Tidak heran jika barang pertama yang selalu diburu para pekerja muda adalah mobil.

Karena harganya mahal, orang-orang sering cemas akan kondisi tunggangannya. Terlebih harga kendaraan bisa jatuh hingga 50% saat dijual kembali jika eksteriornya tidak lagi ciamik. Salah satunya penyebabnya adalah kerusakan pada bagian bodi mobil.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Asuransi Mobil. Ketahui Jenisnya

Asuransi mobil dapat menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk memproteksi kemungkinan itu. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berbagai kerugian yang dialami, seperti kerusakan akibat kecelakaan, banjir, dan sebagainya. Namun,untuk menyempurnakan perlindungan terhadap mobil tersebut, butuh campur tangan Anda sebagai pemiliknya. Nah, salah satu upaya melindungi kilau mobil adalah dengan penggunaan cover mobil.

Keuntungan Penggunaan Cover Mobil

Menurut sebagian pengguna, cover mobil menghadirkan banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi paparan langsung sinar matahari dan menjaga bodi tetap bersih. Berikut adalah beberapa keuntungan ketika Anda menggunakan sarung mobil untuk tunggangan kesayangan.

Melindungi Mobil dari Kerusakan yang Diakibatkan Perubahan Cuaca

fungsi cover mobil

Penggunaan cover atau sarung mobil adalah perlindungan terbaik dari perubahan cuaca yang tidak menentu. Perlu Anda ketahui desiran angin dan kerikil kecilpun sebenarnya berpotensi merusak, membuat bodi mobil lecet. Jika dibiarkan saja cat mobil bisa mengelupas dan membuatnya kusam.

Terlebih jika mobil sering diparkir di area terbuka, maka tingkat kerusakan bodi bisa lebih besar tanpa adanya pelindung. Cover atau sarung mobil juga dapat menghalau paparan sinar matahari langsung yang sering merusakan bagian setir dan semua logam bisa menjadi sangat panas.

Sinar ultraviolet dari matahari juga dapat menyebabkan cat eksterior  pudar, juga merusakan tampilan jok terutama jika berbahan kulit asli, dan yang paling beresiko adalah dasbor yang terbuat dari bahan plastik. Jika dibiarkan terkena paparan sinar UV dalam waktu lama dabsor bisa retak.

Melindungi Mobil dari Pencurian dan Vandalisme

Cover mobil bukan hanya melindungi bodi dari perubahan cuaca, tapi juga menawarkan perlindungan dari pencurian kendaraan. Ketika seorang pencuri melihat sebuah mobil terlindungi oleh cover, biasanya mereka akan berpikir ulang.

Pasalnya belum tentu jenis mobil yang ada, tidak sepadan dengan resikonya. Penggunaan sarung juga melindungi mobil dari resiko pencurian barang-barang di dalam mobil sehingga Anda dapat meninggalkan barang berharga, seperti tas dan ponsel dengan tenang.

Baca juga: Cara Tepat Bersihkan Kabin Mobil dari Bakteri dan Virus

Melindungi Mobil dari Goresan yang Diakibatkan Binatang

Seringkali mobil menjadi tempat paling nyaman untuk binatang peliharaan Anda seperti kucing. Tak jarang beberapa hewan liar lain, seperti tikus juga berusaha memasuki bagian interior. Binatang lain yang juga berpotensi merusak adalah serangga seperti kecoak. Hewan pengganggu ini sering bersarang pada pipa knalpot atau kap mesin yang akhirnya dapat mengurangi kinerja mesin. Mengunakan cover mobil dapat menutup jalan masuk bagi serangga-serangga tersebut.

Melindungi dari Kecelakaan Minor

Kecelakaan yang mengakibatkan mobil rusak dapat terjadi kapanpu, bahkan ketika orang tidak sengaja menyenggok mobil Anda hal itu bisa meninggalkan goresan yang cukup berat. Gesekan kunci, jari dan benda-benda berbahan metal lambat laun bisa mengikis cat asli mobil. Lindungi kilau kendaraan kesayangan Anda dengan pilihan cover mobil yang tepat.

Melindungi dari Debu dan Lumpur

Saat kendaraan disimpan dalam waktu lama, debu dapat menumpuk. Selain membuat mobil tidak sedap dipandang, debu juga mengakibatkan mobil cepat kotor. Bagi mobil-mobil standar perkara debu mungkin tidak jadi soal. Namun, tidak untuk tunggangan mewah seperti Porsche, Corvette, atau Mustang karena debu membuat tampilan mobil mewah ini jadi kurang estetis. Penggunaan cover ada perlindungan terbaik untuk mobil-mobil yang lebih sering terparkir di dalam garasi.

Kalau didalam garasi masalah utama yang menghadang mobil adalah debu, sementara diluar ruangan ada lumpur yang bisa jadi ancaman terutama ketika musim penghujan datang. Karena banyak pemilik mobil di Indonesia tidak memiliki garasi cover mobil mejadi hal yang wajib dimiliki.

Kekurangan Penggunaan Cover Mobil

Kekurangan Penggunaan Cover Mobil

Penggunaan cover atau sarung mobil ternyata tidak selalu menguntungkan, sebab jika salah memilih bahan juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian bodi. Berikut adalah beberapa kekurangannya

Menyebabkan Udara di Sekitar Mobil Panas

Penggunaan cover mobil dalam waktu lama ketika mobil terparkir di area terbuka menyebabkan udara bersuhu tinggi terperangkap didalam cover. Jika mobil diparkir diruang terbuka upayakan tidak menggunakan cover mobil, atau Anda bisa membeli khusus yang bisa digunakan di suhu tinggi.

Ukuran Salah Menyebabkan Cat Mobil Mengelupas

Ukuran cover juga mempengaruhi kualitas perlindungannya. Cover yang tidak sesuai ukuran mobil baik terlalu kecil maupun terlalu besar bisa mengakibatkan cat mobil mengelupas. Selain itu ukuran yang salah juga bisa menyebabkan cat mobil menjadi belang.

Bahan Salah Menyebabkan Kerusakan bodi

Ketika membeli cover untuk mobil sebaiknya perhatikan jenis, ukuran dan bahan pembuatannya. Pastikan bahannya tahan air agar ketika hujan tetesan air hujan tidak meninggalkan bekas pada bodi mobil. Selain itu bahan yang kasar juga bisa menyebabkan goresan kecil pada bagian bodi.

Bahan Cover Mobil yang Berkualitas

Bahan Cover Mobil yang Berkualitas

Kehadiran pelindung mobik memang bisa menjadi penyelamat, tapi jika dibuat dari bahan berkualitas buruk maka bisa berimplikasi buruk pula.Berikut adalah beberapa bahan cover mobil yang berkualitas dan layak jadi pilihan:

Plastik

Cover berbahan plastik ini adalah penutup mobil generasi pertama, ketika belum ada alternattif bahan lain untuk dijadikan penutup mobil. Bahan dari plastik ini anti air sehingga dapat menghindari mobil dari kerusakan akibat air hujan. Tapi bahan dari plastik dapat mengakibatkan kondensasi pada permukaan mobil

Kelembapan dan panas bisa terperangkap di dalam cover dan merusak cat mobil. Karena itu cover berbahan plastik sebaiknya digunakan selama cuaca tidak begitu panas. Atau Anda bisa menyiasatinya dengan menutupi bodi mobil dengan kain flanel, lalu gunakan penutup plastik sebagai pelindung luar. Pastikan flanel cukup besar untuk menutupi semua bagian penting mobil Anda.

Katun dan polyester

Campuran katun dan poliester tersedia dalam gaya kain biasa atau gaya flanel yang tidak begitu populer. Untuk mempermudah pekerjaan Anda saat memilih campuran polyester katun mana yang harus Anda pilih, batasi pilihan Anda menjadi 100% katun. Namun, rata-rata penutup mobil dari katun dan poliester tidak tahan air. Karena itu tidak bisa digunakan untuk menutupi mobil yang diparkir lama di ruangan terbuka.

Parasit Silver

Kalau material yang satu ini diketahui memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca ekstream, dan juga kedap air. Teksturnya juga sangat lembut dan halus sehingga dapat menjaga bodi mobil tetap mulus. Bagi Anda yang sering memarkir kendaraan di luar ruangan ini adalah bahan yang paling direkomendasikan.

Baca juga: Tempat Jual Onderdil Mobil Murah dan Lengkap di Jakarta

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa bahan pembuatan cover mobil yang bisa Anda pertimbangkan untuk jadi pilihan.

Comments are closed.