Ingin Cuci Mobil Anda di Rumah? Ini Caranya!

Mobil

Cuci mobil sejatinya pekerjaan yang sepele. Namun, jika tidak dilakukan dengan baik, bukan tak mungkin beberapa bagian mobil akan rusak.

Setiap orang yang memiliki mobil pasti ingin mobilnya terlihat bersih dan bebas kotoran, termasuk Anda, bukan? Harus diakui, mobil yang bersih dan bebas kotoran akan terlihat lebih berkelas dan menarik dibandingkan mobil yang dipenuhi debu dan didiamkan dalam waktu yang cukup lama. Tapi, mobil tidak akan bebas dari debu dan kotoran jika kita tidak mencucinya. Cuci mobil adalah proses membersihkan mobil dari berbagai kotoran yang mengendap pada mobil, baik debu dan kotoran. Untuk membuat mobil terlihat bersih kembali, sekarang ini ada banyak sekali jasa cuci mobil, mulai dari yang kecil hingga yang besar, dari yang manual hingga menggunakan mesin. Tapi, daripada mencuci mobil di luar dan harus mengeluarkan uang lebih, kita dapat melakukannya sendiri di rumah.

Lebih lanjut, mari kita lihat hal yang harus diperhatikan saat cuci mobil di bawah ini!

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Cuci Mobil

Mobil adalah kendaraan yang terbuat dari beberapa material, yaitu plastik, karet, dan besi. Komponen yang paling banyak diantaranya menggunakan bahan cat. Seperti kita tahu cat adalah bahan kimia yang sangat sensitif. Diperlukan cara-cara khusus di setiap bagian mobil agar pembersihan menjadi maksimal. Kesalahan dalam membersihkan mobil sedikit saja dapat merusak mobil atau pencucian menjadi tidak seperti yang kita harapkan.

Baca juga: Warna Cat Mobil Menentukan Kepribadian Pemilikinya

Cara Cuci Mobil

Cuci mobil dibagi menjadi empat bagian, yakni luar, dalam, mesin, dan ban. Mari kita lihat satu per satu berikut ini.

Cara Mencuci Mobil Bagian Luar

  1. Pastikan Anda menyemprotkan air terlebih dahulu dari selang selama 15 detik untuk membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia yang berpotensi untuk merusak cat.
  2. Tutup terlebih dahulu jendela dan pintu mobil dengan rapat.
  3. Semprotkan air dari selang ke badan mobil untuk membersihkan debu dan pasir yang melekat pada body mobil. Hal ini sangatlah penting, karena jika kita langsung menggosok body mobil, maka debu dan pasir tersebut dapat menggores cat.
  4. Beli pembersih khusus untuk mobil, jangan gunakan deterjen asal-asalan karena dapat merusak cat mobil Anda. Deterjen dan wax dapat juga digunakan untuk mencuci mobil. Wax akan membuat cat mobil lebih bersinar.
  5. Gunakan sepon atau busa yang bersih untuk mencuci mobil. Mencuci mobil dengan sepon diawali dengan bagian atapnya.
  6. Cucilah mobil di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  7. Cuci sampai bersih, jangan biarkan sabun tertinggal pada cat sampai kering. Sebab, bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat merusak cat mobil.
  8. Lap mobil menggunakan lap khusus yang bersih dan tidak berbulu. Pastikan tidak ada minyak atau pasir yang melekat pada lap karena akan berpotensi untuk merusak cat.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Grill Mobil

Cara Mencuci Mobil Bagian Dalam

Untuk cara mencuci mobil bagian dalam atau interior, Anda tidak membutuhkan air banyak, sedikit saja air sabun untuk membilas interior mobil menggunakan sepon atau lap. Umumnya, bagian dalam mobil kotor karena noda yang tertinggal oleh telapak tangan, sepatu, makanan, dan minuman.

  1. Jangan menggunakan deterjen pemutih untuk membersihkan mobil bagian dalam.
  2. Biarkan pintu mobil terbuka untuk memperlancar proses penguapan yang terjadi.

Cara mencuci Mobil Bagian Mesin

Kita memasuki bagian paling sensitif dari mobil, yaitu mesin. Cara mencuci mobil dengan bagian mesin ini diperlukan cara yang tepat dan hati-hati. Di dalamnya ada bagian mesin yang tidak boleh terkena air seperti bagian accu atau aki, kabel, dan sensor. Pastikan Anda membersihkan bagian mesin dengan aliran air yang tidak terlalu keras karena bagian busi jika terkena air akan menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan atau macet. Untuk menghilangkan lemak atau minyak yang melekat pada mesin, anda bisa menggunakan sabun pencuci atau minyak tanah.

Cara Mencuci Ban Mobil

Ban sangat mudah sekali terkena kotoran, karena ban adalah komponen mobil yang langsung menyentuh permukaan tanah. Tak heran jika kotoran mudah sekali melekat pada ban. Untuk membersihkan rim ban gunakanlah sabun yang sesuai. Rim yang mempunyai warna perlu dicuci dengan sabun yang sesuai, sedangkan untuk rim berlogam gunakanlah sabun biasa. Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat yang bersabut. Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat sabut.

Hal yang Harus Dihindari Saat Cuci Mobil

Mencuci mobil memang terlihat mudah. Namun, Anda perlu mengetahui hal-hal yang harus dihindari saat mencuci mobil agar mobil Anda tidak mengalami goresan atau kerusakan di berbagai bagian mobil. Ada pun yang harus dihindari antara lain:

  1. Mencuci di bawah terik matahari. Panas sinar matahari akan terlalu cepat mengeringkan sampo dan buih ketika mencuci sehingga justru meninggalkan noda di badan mobil. Pilih tempat teduh atau tunggu hingga sore hari ketika matahari tidak bersinar terik.
  2. Menggunakan kain pel, spons cuci piring, atau lap yang tidak didesain untuk mobil. Serat kain ada bermacam-macam, sedangkan peralatan cuci mobil didesain dengan serat khusus sehingga tidak menggores cat.
  3. Langsung menggosok mobil dengan air bersampo. Air bersampo berfungsi untuk mengangkat kotoran, tapi kotoran seperti lumpur kering akan sulit dibersihkan jika mobil tidak dibasahi terlebih dulu dan besar kemungkinan malah menggores cat. Beri waktu beberapa menit setelah membilas mobil hingga lumpur dan kotoran melunak, baru gunakan air yang telah dicampur dengan sampo untuk mencucinya.
  4. Tidak mengeringkan mobil usai dicuci. Memang benar panas matahari akan cepat mengeringkan mobil yang baru dicuci, sayangnya cara ini justru akan meninggalkan noda air kering. Cara yang benar adalah mengelapnya dengan lap khusus mobil yang bersih dan kering.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Setelah melihat poin-poin di atas, tentu Anda tahu bahwa untuk membuat mobil Anda bersih dan terlihat cemerlang, Anda tak perlu menggunakan jasa cuci mobil, cukup lakukan sendiri dari rumah Anda. Sudah siap mencuci sendiri mobil kesayangan Anda?

Comments are closed.