Daftar Mobil Buatan Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Mobil

Tahukah Anda, ada banyak daftar mobil buatan Indonesia yang punya kualitas bersaing dengan mobil-mobil produksi luar negeri?

Sebelum terlalu jauh membahas apa saja daftar mobil buatan Indonesia, tahukah Anda apa saja merek-merek mobil buatan Indonesia?

Indonesia juga punya banyak unggulan pabrikan mobil. Hebatnya, mereka juga memproduksi mobil dan menjualnya bukan hanya di dalam negeri. Proses bisnis ini juga meluncur jauh ke luar negeri.

Meski di luar sana banyak mobil mahal, kita tidak kalah saing, lho. Hingga saat ini, pabrikan mobil yang menjual mobilnya di Indonesia tidak hanya memproduksi mobil untuk di dalam negeri saja. Para produsen itu juga turut memproduksi beberapa modelnya di tanah air untuk nantinya dikirim ke negara-negara lain.

Nama-nama besar seperti Daihatsu, Toyota, Nissan, Suzuki, Honda, dan sederet merek lain masih aktif mengirimkan mobilnya ke luar negeri. Model yang diekspor pun bermacam-macam, mulai dari MPV, sedan, hingga SUV bongsor sekalipun. Kalau di Indonesia mobil terlaris adalah jenis MPV, sedikit berbeda dengan selera luar negeri.

Salah Satu Produsen Mobil Buatan Indonesia di Asia Tenggara

Sejauh ini kiprah pabrikan mobil Indonesia telah diakui sebagai salah satu produsen utama kendaraan roda empat di Asia Tenggara. Di kawasan ini, Indonesia berada di bawah Thailand, yang telah lama di juluki sebagai Detroit-nya Asia Tenggara. Detroit sendiri adalah kawasan industri otomotif utama Amerika Serikat.

Mengutip dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, pemerintah ingin menaikkan ekspor otomotif. Oleh karena itu para agen pemegang merk (APM) mobil optimistis dapat meningkatkan produksinya. Dari data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 2018, ekspor mobil utuh (completely built-up, CBU) menyentuh 264.000 unit, dan dalam bentuk terurai (completely knocked-down, CKD) sekitar 82.000 unit, sehingga total menembus 346.000 unit. Tahun ini ditargetkan bisa menembus 400.000 sampai 450.000 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), volume ekspor mobil CBU Indonesia pada periode Januari-April 2019 mencapai 90.236 unit dan ekspor CKD mencapai 24.971 unit.

Berdasarkan data yang dilansir dari Detik Oto, berikut ini daftar mobil buatan Indonesia yang paling laris di luar negeri:

  1. Fortuner: 3.911 unit
  2. Avanza: 3.389 unit
  3. Rush: 2.953 unit
  4. Wigo (Agya): 1.643 unit
  5. Vios: 1.604
  6. Town Ace (Gran Max): 1.374 unit
  7. Sienta: 1.031 unit
  8. Innova: 543 unit
  9. APV Pick-up: 542 unit
  10. Lite Ace (Gran Max): 454 unit

Selain mobil buatan Indonesia yang laris di luar negeri, ada beberapa daftar mobil buatan Indonesia juga yang tidak kalah canggih dari mobil buatan luar negeri. Apa saja daftarnya? Berikut ini ulasannya.

Daftar Mobil Buatan Indonesia

Mahesa

Mobil pedesaan asal Klaten, Jawa Tengah yang digagas oleh Sukiyat sepmat heboh beberapa waktu belakangan ini. Mobil yang diberi nama Mahesa ini adalah mobil buatan asli Indonesia yang memiliki fungsi sebagai moda transportasi untuk memudahkan aktivitas pertanian yang dibandrol seharga 50juta-an.

Nama Mahesa sendiri memiliki arti yang mendalam, yaitu dalam bahasa Jawa kuno adalah kerbau. Kerbau dalam pertanian sangat penting dalam membajak sawah. Mobil Mahesa memiliki tiga varian, yakni double cabin warna kuning yang dipatok Rp 70 juta, pick up kelir merah Rp 60 juta dan kendaraan alat pertanian warna putih Rp 50 juta. Menariknya mobil Mahesa ini bisa dihubungkan dengan alat pertanian lain karena di bagian belakang mempunyai power take off (PTO) yang dapat disambungkan ke peralatan mesin untuk membantu petani.

Beta 97 MPV

Pada 1994 Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers membuat proyek mobil. Mobil ini diberi nama Beta 97 MPV. Proyek ini bekerja sama dengan rumah desain asal Inggris, Shado.

Pada 1997, desain sudah selesai dan prototype mulai dikembangkan. Namun, pada Desember 1997 proyek ini dihentikan karena adanya krisis ekonomi.

Tuxuci

Satu lagi mobil futuristik buatan indonesia yang super keren. Yap! Dia adalah tuxuci. Mobil kelas dunia buatan Indonesia. Mobil sport ini memanfaatkan tenaga listrik. Siapa yang melihat mobil ini pasti akan tertarik untuk memilikinya.

Tak heran bila Dahlan Iskan pun kepincut kemewahan mobil ini. Hingga rela menggeluarkan miliaran rupiah untuk memilikinya. Dan ingin memproduksinya secara massal.

Namun keinginan tersebut harus ditunda lantaran masih adanya beberapa masalah. Salah satu kendalanya adalah pada mekanisme rem. Sehingga mobil ini belum laik untuk diproduksi massal.

Gang Car

Gang car merupakan sebuah mobil yang berkapasitas untuk dua orang. Mobil ini diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Mobil dengan desain mungil dan mesin berkapasitas 125-200 cc. Desain yang mungil memudahkan pengguna melewati gang-gang sempit di perkotaan.

Di 2003, merek mobil buatan Indonesia ini tidak terdengar lagi karena adanya kemelut dalam tubuh PT DI.

GEA

Lebih panjangnya lagi GEA merupakan singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. GEA adalah sebuah mobil dengan mesin berkapasitas 640 cc. Mobil ini diproduksi oleh PT INKA (Industri Kereta Api) di Madiun.

Mobil Gea diperkenalkan kepada masyarakat umum pada 2008. Dalam pameran di Jakarta International Expo (JIExpo). Mobil ini adalah alternatif untuk mengurangi krisis energi, karena bahan bakar bensin yang digunakan premium dan gas.

Selain itu, sistem pembakaran yang digunakan berupa injeksi EFI. Sehingga lebih irit bahan bakar. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan injeksi memerlukan perawatan yang ekstra.

FIN Komodo

Mobil Komodo, berjenis mobil offroad ini mampu melaju di segala medan dan ini dikembangkan oleh PT FIN Komodo Teknologi.

Mobil offroad ini terbilang irit bahan bakar. Dengan bahan bakar sebesar lima liter, dapat menempuh jarak sejauh 100 kilometer. Mobil ini juga memiliki tangki dengan kapasitas sebesar 20 liter. Sehingga dapat bertahan selama empat hari perjalanan dalam hutan.

Selain berfungsi untuk menjelajah, mobil ini berfungsi sebagai kendaraan utility. Di mana ia mampu mengangkut beban hingga 250 kilogram.

Maleo

Mobil Maleo merupakan salah satu mobil buatan Indonesia. Muncul di tahun 1996 yang lahir karena inisiasi B.J. Habibie. Mesin mobil ini berkapasitas 1300 cc.

Mobil ini dibuat atas kerja sama dengan pabrikan mesin asal Australia. Namun proyek ini terpaksa dihentikan karena adanya proyek mobil nasional.

Timor

Mobil timor ini merupakan proyek mobil nasional Indonesia. Setelah dikeluarkannya Inpres nomor 2 Tahun 1996. PT Timor Putra Nasional ditunjuk untuk menjalankan proyek ini.

Putra mantan Presiden Soeharto, Tomi Soeharto, merupakan pemilik dari PT TPN. Proyek ini harus dihentikan pada 1998 karena adanya krisis moneter.

SKEV-1

Signal Kustom Electric Vehicle 1 atau SKEV-1 merupakan mobil jenis sport. Mobil sport satu ini berbeda dengan mobil sport umumnya. Mobil ini dibuat dengan menggunakan tenaga listrik.

Ditemukan oleh coach builder Signal Kustom dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Penemuan ini diperlombakan pada ajang otomotif Final Battle Autoblackthrough pada 2010. SKEV-1 berhasil meraih predikat sebagai The Champion of Autoblackthrough 2010.

Kemewahan mobil sport ini pantas disejajarkan dengan mobil formula 1. Mobil dengan tenaga listrik ini mampu melaju hingga 140 kilomter per jam. Desain mobil sport ini juga sangat mewah dan sporty. Sayangnya, mobil ini tidak diproduksi secara massal. Mobil ini hanya turun di ajang modifikasi.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

E&C

Mobil listrik kini menjadi trend dalam pembuatan industri mobil. Begitu pula yang dilakukan oleh mahasiswa ITS Surabaya. Mobil karya anak bangsa ini diberi nama E&C. Mahasiswa perguruan tinggi ini berhasil menciptakan mobil futuristik nan mewah.

Mobil mewah dengan konsep SUV yang dapat diisi oleh empat penumpang. Mobil ini menawarkan desain yang elegan dan ruangan yang nyaman. Sehingga sangat cocok untuk keluarga kecil.

Desainnya yang sporty sangat pas bagi anak muda. Dan tidak perlu khawatir, karena mobil ini ramah lingkungan.

Comments are closed.