Daftar Raja Mobil Terbaik di Indonesia

Mobil

Sebagai salah satu negara dengan tingkat pengguna mobil pribadi tertinggi di dunia, tak heran jika Indonesia menjadi target utama para produsen otomotif dunia untuk menjajakan mobil buatannya. Bahkan, sebagian dari mereka berhasil meraih title raja mobil di tanah air karena tingginya angka penjualan mobil tersebut.

Indonesia adalah salah satu magnet kuat bagi para produsen mobil dari seluruh dunia. Hal ini tak lepas dari banyaknya masyarakat di Indonesia yang cenderung memilih untuk memiliki mobil untuk mendukung aktivitas sehari-hari daripada menggunakan transportasi umum.

Melihat hal tersebut, pabrikan otomotif berlomba untuk selalu mengeluarkan mobil-mobil dengan inovasi terbaru dan tentunya dengan harga yang bersaing. Bahkan, tak jarang para produsen mobil ini hanya meluncurkan mobil yang hanya sekadar facelift dari varian yang pernah dirilis sebelumnya.

Harapannya jelas, yaitu agar dapat menjadi raja mobil di tanah air. Raja yang dimaksud di sini adalah yang berhasil menguasai pasar kendaraan roda empat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang membeli varian dari merk-merk mobil yang memiliki basis produksi dan penjualan di Indonesia.

Baca juga: Pecinta Otomotif Tunggu Kehadiran Ford Indonesia Kembali

Di tahun ini saja, cukup banyak varian mobil yang dirilis di tanah air oleh produsen mobil dunia, mulai dari city car, MPV, hingga SUV. Sejauh ini, beberapa pabrikan mobil berhasil menjadi raja mobil lantaran besarnya animo masyarakat untuk membeli mobil rilisan mereka.

Mari, kita ulas satu persatu raja mobil di Indonesia tahun 2018 ini!

Mitsubishi Xpander

Varian MPV rilisan Mitsubishi ini memang terbilang baru, karena produsen otomotif berlogo tiga berlian ini belum pernah memproduksi varian ini di Indonesia. Tapi, faktanya, Mitsubishi Xpander berhasil menjadi raja mobil di kelas MPV.

Bahkan, mobil satu ini berhasil menggeser kedikdayaan Toyota Avanza yang sudah bertengger sebagai raja mobil di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Sejauh ini, Mitsubishi Xpander sudah terjual lebih dari 7400 unit. Angka tersebut hanyalah total penjualan di Indonesia. Pasalnya, Mitsubishi Xpander ini tak hanya dirilis di tanah air, melainkan di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Filipina dan Malaysia.

Jadi, secara tidak langsung, Mitsubishi Xpander tak hanya sukses di Indonesia, melainkan jadi raja mobil kelas MPV di Asia Tenggara! (Baca juga: Ini 3 Brand Mobil China yang Eksis di Indonesia)

Toyota Avanza

Meski sudah tergeser oleh Mitsubishi Xpander, reputasi Toyota Avanza tetaplah baik dan masuk dalam daftar raja mobil di Indonesia. Di tahun ini saja, rilisan produsen asal Jepang ini telah dibeli lebih dari 6700 unit. Hal ini tak lepas dari reputasi Toyota Avanza yang terkenal tangguh dan bandel, khususnya di jalanan yang padat di beberapa kota besar di Indonesia.

Selain itu, faktor layanan purna jualnya yang memiliki kualitas terbaik juga menjadi salah satu alasan mengapa mobil ini sukses menjadi raja mobil di kelas MPV di Indonesia.

Toyota Kijang Innova

Posisi tiga yang menyandang predikat raja mobil di Indonesia kembali diisi oleh Toyota dengan jenis Kijang Innova. Di tahun ini, Toyota Kijang Innova telah terjual lebih dari 5000 unit. Mobil satu ini masih jadi pilihan keluarga di tanah air yang mengidam-idamkan kelas Big MPV. Dimensi interior yang luas serta tingkat kenyamanan tinggi menjadi senjata utama Toyota Kijang Innova untuk menggaet minat masyarakat.

Selain itu, mesin yang disematkan pada mobil ini berada satu level di atas MPV pada umumnya, yaitu 1TR-FE 4-silinder dengan kapasitas 2.0L.

Toyota Calya

Raja mobil nomor empat di Indonesia lagi-lagi dihuni oleh Toyota, kali ini melalui jenis Low Cost Green Car atau LGCG yang diberi nama Calya. Dari segi penjualan, mobil yang berkapasitas tujuh penumpang ini bisa dibilang baik. Sebab, selama tahun 2018, Toyota Calya sukses terjual lebih dari 5000 unit.

Daya pikat mobil ini terletak pada harganya yang murah tapi kualitasnya yang tidak murahan. Bayangkan saja, dengan harga di bawah Rp130 juta, Toyota Calya sudah dilengkapi teknologi CVT yang terbilang baru dan efisien di dunia otomotif.

Suzuki Ertiga

Di posisi lima raja mobil di Indonesia, muncul nama Suzuki. Melalui varian MPV-nya dengan nama Ertiga, Suzuki laris diburu pengguna kendaraan roda empat di tanah air sebanyak lebih dari 4300 unit. Harga murah serta fitur jempolan yang ditawarkan oleh mobil inilah yang jadi kualitas jual mobil yang dirilis oleh produsen asal Jepang ini.

Terlebih, Suzuki Ertiga dicap sebagai salah satu mobil paling irit saat ini. Jadi, tak heran banyak orang memburu mobil berjenis MPV satu ini.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia masuk dalam daftar raja mobil nomor urut enam di Indonesia. Mobil yang merupakan saudara kembar dari Toyota Avanza ini sukses terjual lebih dari 4000 unit sejauh 2018 ini. Mobil satu ini pun sudah terbukti kualitasnya untuk digunakan di kota-kota padat di Indonesia.

Meski namanya tak sementereng saudaranya, nyatanya Daihatsu Xenia masih menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia.

Daihatsu Sigra

Satu level di bawahnya, terdapat mobil buatan Daihatsu dengan nama Sigra. Serupa dengan Xenia, mobil satu ini merupakan kembaran dari Toyota Calya. Nasibnya pun sama, Daihatsu Sigra harus rela berada di bawah kembarannya. Tapi, secara penjualan, mobil berjenis LGCG ini tak bisa dibilang buruk.

Hingga akhir tahun ini, mobil berkapasitas tujuh penumpang ini sudah terjual lebih dari 4000 unit. Tak salah jika Daihatsu Sigra masuk dalam daftar raja mobil di Indonesia.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Honda Brio

Mobil rilisan Honda menjadi penghuni selanjutnya dalam daftar raja mobil di Indonesia. Mobil berkapasitas lima penumpang ini menjadi mobil LGCG paling laris dari merk mobil berlogo huruf h besar. Di tahun ini, penjualan Honda Brio menembus angka 4000 unit.

Keistimewaan mobil mungil ini adalah bentuknya yang unik serta teknologinya yang mumpuni. Meski terkesan imut, nyatanya mobil ini punya cukup tenaga untuk melaju di jalanan. Tak ketinggalan, pilihan warna yang variatif membuat mobil berkapasitas mesin 1200cc ini laris di kalangan milenial.

Mobil pabrikan Jepang masih mendominasi daftar raja mobil di Indonesia tahun ini. Apakah tahun depan ada perubahan signifikan? Kita lihat saja nanti.

 

(Sumber foto: Mitsubishi Xpander Tons of Real Happiness http://mitsubishixpander.com/galeri/makassar-torh-gallery)

Comments are closed.