Spesifikasi Lengkap dan Harga Daihatsu Sigra

Mobil

Daihatsu Sigra merupakan salah satu mobil terlaris di Indonesia saat ini. Harga murah dan spesifikasi mumpuni membuat banyak orang tertarik untuk membeli.

Kehadiran mobil Low Cost Green Car di Indonesia disambut dengan sangat antusias oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini tak lepas dari harga mobil yang dibanderol dengan harga yang cukup murah, memiliki kualitas yang cukup mumpuni serta irit bahan bakar.

Tak heran jika berbagai pabrikan mobil pun merilis mobil dengan jenis tersebut dan umumnya laku keras di pasaran. Nah, salah satu pabrikan yang memiliki cukup banyak jenis LCGC tak lain adalah Daihatsu.

Seperti yang kita ketahui bahwa Daihatsu memang membanderol harga mobilnya cukup murah dibandingkan dengan pabrikan Jepang lainnya. Salah satu LCGC paling diminati keluaran pabrikan satu ini adalah Daihatsu Sigra.

Saudara kembar dari Toyota Calya ini memiliki segala aspek yang mumpuni untuk ukuran mobil dengan harga yang murah. Tak perlu berlama-lama, mari kita lihat spesifikasi lengkap Daihatsu Sigra di bawah ini!

Spesifikasi Daihatsu Sigra

Mobil LCGC denga Desain yang Stylish

Hadir sebagai mobil tipe MPV LCGC, Sigra mengusung konsep desain yang begitu elegan. Pertama, pada sektor depannya, kesan elegan tampak jelas dari deretan headlamps dan lampu sein yang terpasang manis. Bahkan, warna yang begitu jernih dari projector headlamp-nya pun bisa dipastikan akan memikat konsumen.

Selain itu, mobil ini juga terpasang bumper depan dengan gaya yang lebih sporty yang dikolaborasikan dengan grill trapezoidal mengusung gaya modern dengan aksen garnish krom pada bagian lampu kabut horizontal.

Lalu, menginjak bagian sampingnya, tampak dengan jelas tarikan garis dan lekukan halus yang menjadikan mobil ini makin tampak lebih stylish. Sementara itu, pada sektor buritannya, Daihatsu Sigra bakal mengusung lampu dengan model huruf ā€˜Lā€™ terbalik yang dikombinasikan dengan reflector horizontal yang terpasang rapi di pintu bagasinya.

Bahkan, untuk memperkuat brand, Logo Astra Daihatsu Motor pun tampak terpasang dengan manis di sudut kiri bawah pintu bagasi. Di sisi lain, pada sudut kiri atasnya tampak dengan jelas logo Dual VVT-I sebagai petunjuk teknologi mesin yang diusung oleh Sigra.

Sementara itu, untuk logo nama Sigra sendiri nampang di sudut kanan bawah pintu bagasinya. Memang, jika dilihat secara keseluruhan, desain eksterior mobil ini tampak jelas mengusung gaya desain yang cukup elegan dan stylish.

Kabin Luas dengan Beragam Fitur Pendukung

Mengusung desain eksterior yang tampak elegan dan stylish, interior mobil ini pun juga memperlihatkan ruang yang menjanjikan. Pasalnya, panjang kabin dari mobil ini pun terlihat sangat longgar dan luas jika akan digunakan hingga pada baris ke 3. Sehingga, mobil LCGC ini mampu menampung hingga 7 orang penumpang.

Kemudian, jarak headroom (jarak kepala dengan langit-langit) pun cukup lapang. Bahkan, untuk volume bagasinya pun juga dinilai bisa mencapai 263 liter. Di sisi lain, ruang interior dari Sigra ini juga dibekali dashboard dengan gaya desain yang tampak sederhana namun memberi kesan modern dan futuristik. Pada lingkar kemudinya memiliki desain yang hampir sama dengan New Xenia dan untuk posisi dari tuas transmisinya pun dibuat dengan konsep menempel pada dashboard.

Masih pada sektor dashboard, pada bagian tengah mobil ini tampak terpasang dan tertata dengan rapi beberapa tombol pengatur AC dan layar Multi Infromation Display yang berada pada panel instrumennya. Khusus pada varian tertinggi, tampak dengan jelas bahwa desain dashboard-nya mengusung gaya akses two-one yang dilengkapi piranti hiburan 2DIN terapit oleh kisi-kisi dari AC.

Sementara itu, untuk jok pada baris pertama mengusung konsep bangku yang menyatu dengan headrest yang merupakan ciri khas mobil LCGC. Bahkan, hal yang cukup menarik pada mobil ini bahwa tidak ada konsol di antara kedua bangku depannya sehingga penumpang depan memungkinkan untuk bergeser dengan mudah.

Lalu, pada kursi baris kedua, mobil keluarga ini sudah dilengkapi dengan headrest juga yang bisa diatur sedemikian rupa. Di bangku ini juga tampak tuas one touch tumble yang bisa melipat kursi dengan satu gerakan saja untuk memberi akses mudah memasuki ruang baris ketiga.

Menariknya, di baris ketiga tampak jika ruang kaki (legroom) cukup luas. Sementara itu, jok bagian belakang memiliki bangku yang tampak menyatu dan dapat dilipat untuk memperluas ruang bagasi.

Mesin DOHC VVT-i yang Handal dan Gahar

Perlu diketahui bahwa mobil ini mengusung 2 tipe mesin yang berbeda berdasarkan varian tertentu, yaitu varian 1.0 liter yang akan diusung Sigra D dan Sigra M. Sementara itu, untuk mesin 1.2 liter akan diusung tipe Sigra X dan Sigra R.

Pertama, untuk varian mesin 1.0 liter menggunakan tipe mesin DOHC VVT-I 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 1000 cc atau lebih tepatnya 998 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya tenaga hingga 67 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan maksimum torsi hingga 8.7 Nm setiap putaran 3.600 rpm atau 89 Kgm pada putaran ke 4.400 rpm.

Sementara itu, untuk mesin 1.2 liter mengusung tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4 silinder 16 katup dengan kapasitas hingga 1.197 cc. Mesin tipe ini berbeda dengan tipe sebelumnya. Pasalnya, untuk mesin varian 1.2 liter dikatakan mampu menyemburkan tenaga hingga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimal hingga 108 Kgm pada putaran ke 4.200 rpm. Pada varian dengan tipe mesin 1.0 liter, tenaga mesin akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan, untuk tipe mesin 1.2 liter disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Di sisi lain, dengan digunakannya tipe VVT-I tersebut, tentunya akan menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan kompresi akan meningkat, yaitu 10.5:1. Kompresi tersebut menyatakan bahwa mobil ini tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan 88 atau premium.

Segala spesifikasi Daihatsu Sigra yang disebutkan di atas rasanya berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan, yakni sekitar Rp106 juta untuk varian terendah dan Rp147 juta untuk varian tertinggi. Berminat untuk memiliki mobil ini?

Comments are closed.