Daihatsu Sirion, Hatchback Murah dengan Tampilan Mewah

Mobil

Daihatsu Sirion merupakan salah satu flagship pabrikan asal Jepang. Meski harganya terbilang murah, kualitas mobil ini tetap dapat bersaing dengan mobil sejenis di kelasnya.

Seiring berkembangnya dunia otomotif, jenis mobil pun semakin bertambah. Jika dulunya kita hanya mengenal mobil sedan untuk mobil berkapasitas lima orang, kini ada varian baru dengan kapasitas yang sama, yakni hatchback.
Sejatinya, hatchback tak jauh berbeda dengan sedan. Perbedaan paling signifikan antara kedua jenis mobil terletak pada ekornya. Jika sedan umumnya memiliki ekor yang panjang, lain halnya dengan hatchback yang terlihat lebih pendek di bagian belakangnya.
Bicara soal hatchback, hampir setiap produsen mobil yang ada di Indonesia memiliki varian satu ini. Salah satu yang cukup menarik perhatian para pecinta mobil tak lain adalah Daihatsu Sirion.
Daihatsu Sirion merupakan hatchback unggulan dari pabrikan asal Jepang. Tak hanya dijual dengan harga yang terbilang murah di kelasnya, Daihatsu Sirion juga terbilang baik dari segi kualitas.
Seberapa baguskah mobil buatan Daihatsu ini? Tak ada salahnya jika kita melihat spesifikasi lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Daftar Mobil Toyota Indonesia Terlaris Sepanjang 2019

Spesifikasi Lengkap Daihatsu Sirion

spesifikasi daihatsu sirion

Desain Sporty Khas Mobil Perkotaan Masa Kini

Mengulas soal mobil lebih menarik jika dimulai dari luar atau eksteriornya. Mobil satu ini memiliki kemiripan yang identik dengan Perodua Myvi yang ada di Malaysia. Wajar, mengingat model hatchback satu ini merupakan hasil desain dari para insinyur yang bekerja di Perodua.
Bahkan, banyak yang mengira desain dari Daihatsu Sirion ini pun juga memiliki kesamaan dengan Daihatsu Boon yang sudah lebih dulu dipasarkan di Negeri Sakura. Pasalnya, konsep desain bodi yang diusung Sirion terbaru ini memang menawarkan rasa sporty lebih menyengat dengan permainan garis-garis menyudut untuk mengganti desain lama yang cenderung membulat. Harus diakui, Sirion berubah menjadi mobil kekinian dengan menggunakan bodi baru berukuran lebih besar.
Dari sisi depan, tampak penggunaan lampu berteknologi LED dengan pengaturan otomatis. Bahkan, desain headlamp yang diusung Daihatsu pada mobil ini pun tampak begitu modern khas mobil masa kini. Di sisi lain, grill-nya dibuat lebih futuristik mengikuti alur desain dari headlamp sehingga keseimbangan konsep desain dari mobil ini pun tampak begitu pas. Tak hanya itu, foglamp pun juga terpasang manis di bawah headlamp yang membuatnya semakin terlihat modern.
Di sisi samping, bisa kita lihat ada garis tegas memanjang dari sisi depan ke belakang melewati handle door chrome yang memberikan kesan begitu manis. Tak hanya itu, di bagian belakang pun juga dilengkapi dengan stop lamp LED masa kini dan wiper belakang yang membuatnya semakin tampak terkesan lebih menawan.
Secara keseluruhan, memang bisa dikatakan bahwa Sirion berubah makin kekinian menggunakan desain bodi baru berukuran lebih besar dan tampak lebih modern dengan beragam perubahan signifikan.

Baca juga: Chevrolet Spark: Mobil Hactback yang Kecil Tapi Gesit

Kabin Luas Ditambah Fitur Entertainment yang Cukup Lengkap

spesifikasi daihatsu sirion

Puas mengulas bagian eksterior, sekarang kita masuk ke bagian interiornya. Pada bagian dalamnya, kita akan disajikan ruang kabin yang lebih leluasa dengan balutan desain yang lebih modern. Selain itu, beberapa fitur canggih dan fungsional pun juga tampak jelas pada setiap sektor, terutama di bagian dashboard. Di mana, kali ini pihak Daihatsu telah melengkapi hatchback ini dengan layar sentuh modern yang akan menampilkan beberapa menu entertainment fungsional. Sebut saja seperti radio AM/FM, CD Player, dan sistem navigasi yang lebih jelas nan informatif. Bahkan, 2DIN Audio System serta speaker modern pun juga sudah terintegrasi dengan baik dengan sistem menu pada layar sentuh yang dibawanya sehingga para penumpang bisa mendengarkan lagu kesukaan dengan suara yang begitu jernih.
Tak hanya itu saja, di bagian dashboard juga terdapat lubang USB dan Aux input yang memberikan kemudahan kepada para penumpang untuk mengintegrasikan smartphone dengan sistem audio. Bahkan, sistem pengaturan AC pun juga turut disematkan untuk memudahkan mereka dalam mengatur kondisi suhu sesuai keinginan.
Tak cukup sampai di situ, pada bagian ruang duduk pengemudinya kini dilengkapi dengan layar MID yang sangat informatif dan modern khas hatchback masa kini. Sehingga, dengan adanya tampilan MID tersebut maka pengemudi pun akan lebih mudah dalam memahami kondisi mobil saat dikendarai.
Sementara itu, pada sektor tempat duduk, jok mobil ini terbilang sangat lembut mengingat joknya terbuat dari bahan yang cukup berkualitas. Dari segi kapasitas, mobil ini sanggup menampung hingga lima penumpang. Tentu saja, dengan kecanggihan fitur serta keleluasaan ruang kabinnya, bisa dipastikan Sirion dapat memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya dan pengemudinya.

Mesin Handal Tipe 1NR-VE Dual VVT-I Berkapasitas 1.3 Liter

Tak hanya mengalami perubahan di bagian di sektor eksterior dan interior, Sirion pun mengalami perubahan yang cukup signifikan pada bagian dapur pacunya. Hatchback terbaru buatan Daihatsu ini mengusung mesin teknologi tinggi berupa 1NR-VE Dual VVT-I 4 silinder dengan modal kapasitas kubikasi yang mencapai 1.3 liter.
Mesin tersebut memang terbilang cukup standar namun tetap tak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, dengan kombinasi transmisi gearbox 5 percepatan manual, nantinya mesin yang diusung mobil satu ini sanggup memberikan tenaga maksimal hingga 95 PS dan torsi 12.2 kg-m. Apalagi, sistem suplai bahan bakarnya sudah menggunakan EFI yang dipastikan bakal membuat mobil ini menjadi semakin irit dan efisien. Sayangnya, Daihatsu tidak menjual Sirion dengan kapasitas mesin yang lebih besar, yakni 1500 cc, tidak seperti Perodua Myvi.
Meski begitu, sebagai kendaraan perkotaan, sektor dapur pacu mobil ini terbilang sudah cukup handal dan mumpuni. Terlebih mengingat macetnya kota-kota besar di Indonesia, mobil ini menawarkan solusi irit bahan bakar.

Memiliki Ragam Fitur Handal, Canggih, dan Fungsional

spesifikasi daihatsu sirion

Satu lagi yang membuat Sirion menjadi mobil yang terbilang istimewa, apa lagi kalau bukan fitur yang disematkan pada mobil ini. Pada sektor keamanan, mobil berkapasitas lima orang ini telah dilengkapi dengan fitur canggih dan handal, seperti pengereman yang sudah berteknologi Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), dan Vehicle Stability Control (VSC).
Sementara itu, untuk keamanan di bagian kabin pun juga turut disematkan beberapa fitur, antara lain Traction Control, Isofix, sabuk pengaman 3-titik di penumpang tengah jok belakang, pengingat pemakaian sabuk pengaman semua penumpang, serta 4 airbags (2 di depan dan 2 di samping jok). Dengan begitu, keselamatan dan keamanan penumpang pun akan semakin terjamin.

Terlihat jelas bahwa Daihatsu Sirion punya spesifikasi yang cukup gahar untuk hatchback kelas menengah, kan? Anda tertarik untuk memiliki mobil ini?

Baca juga: 12 Mobil Offroad Paling Tangguh

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.