Dilema Antara Honda CR-V Turbo atau Mazda CX-5

Mobil

Dua crossover SUV ini memiliki kelas tersendiri dan mampu merebut perhatian penggemar otomotif di Indonesia. Jika Anda sedang dilema memilih antara Honda CR-V atau Mazda CX-5, ini komparasinya.

Honda dan Mazda memiliki persaingan di tipe crossover SUV, dengan masing-masing andalannya. Honda memiliki Honda All New CR-V Turbo, sedangkan Mazda memiliki CX-5. Kedua mobil ini cocok untuk dijadikan sebagai kendaraan pribadi atau keluarga. Honda memiliki nama besar yang telah teruji setiap tahunnya, untuk soal kualitas dan teknologi juga Mazda tak bisa diremehkan selalu berkembang setiap tahunnya.

Secara keseluruhannya Mazda CX-5 menawarkan SUV dengan desain sporty dan menyenangkan saat djkemudikan. Sementara Honda CR-V, menawarkan kelas SUV yang cocok untuk konsumen Indonesia. Jadi mana yang Anda inginkan Honda CR-V atau Mazda CX-5?

Harga

Soal harga, Honda masih menawarkan CR-V dengan harga lebih murah. Mazda sendiri yang telah memposisikan diri sebagai pabrikan Jepang premium. Selalu menawarkan harga lebih tinggi ketimbang beberapa kompetitornya. Tentu, saja di balik harga yang mahal ada kualitas yang bagus dan teruji.

Harga CR-V:

Honda CR-V 2.0L Rp432 juta
Honda CR-V 1.5L Turbo Rp466 juta
Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp506 juta

Harga Mazda CX-5:

Mazda CX-5 Touring Rp492,3 juta
Mazda CX-5 Touring (Soul Red) Rp495,3 juta
Mazda CX-5 Grand Touring Rp524,1 juta
Mazda CX-5 Grand Touring (Soul Red) Rp527,1 juta

Mesin

Untuk bagian mesin, Honda dibekali dengan turbo. Walaupun begitu Honda tetap menyediakan mesin naturally aspirated 2.0 liter tetap tersedia sebagai varian termurah. Honda All New CR-V turbo menggunakan mesin 4-silinder 1.5 liter VTEC yang sama digunakan oleh Civic turbo. Mazda sendiri menggunakan mesin yang lebih besar kapasitasnya, dan tanpa turbo. Menggunakan mesin 4 silinder 2.5 liter Skyactiv-G dengan tenaga 187PS dan torsi 250Nm. Dari angka sudah terlihat tenaga CR-V sedikit lebih besar tapi kalah torsi dari Mazda CX-5.

Dalam hal transmisi juga menjadi penentu dari peforma mesin masing-masing. Mazda CX-5 menggunakan transmisi automatic, dengan 6 percepatan yang sangat responsif dan mulus saat perpindahannya. CR-V sendiri mesin menggunakan CVT kebanggaan Honda.

Kalau Anda ingin melakukan perbandingan CVT pada CR-V sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari dalam menunjang mobilitas Anda. CX-5 sendiri akan sangat membuat Anda semengat untuk mengendarainya, karena ada mode sport. Dengan perpindahan yang tepat dan mulus, sesuai yang diinginkan.

Berbicara tentang efisiensi, Honda telah menggunakan turbocharger. Kemudian Mazda CX-5 mengandalkan fitur tambahan i-stop yang bisa mengoptimalkan hemat bahan bakar saat kondisi jalan sedang macet. Pada kapasitas tangki bahan bakar CR-V sebesar 53 liter, sementara CX-5 unggul dengan kapasitas 56 liter.

Dimensi

Honda All New CR-V turbo menawarkan desain dan dimensi yang berbeda dari versi sebelumnya. Bodinya sekarang lebih panjang dan lebih lebar dari CX-5, tapi untuk tingginya dan jarak poros rodanya lebih pendek. Di dalam kabin CX-5 baris depan dan penunpang bisa duduk dengan nyaman dan lega, CX-5 lebih mengkhususkan untuk lima seater. Sementara untuk CR-V berbasistujuh seater yang sering masyarakat Indonesia sukai, mobil dengan daya angkut penumpang banyak.

Fitur

Pada fitur keselamatan terlihat jelas perbedaannya. CX-5 unggul dengan enam kantung udara, ada Lane Keep Assist System, Steering assist dan Lane departure warning, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Smart City Brake Support, Tire Pressure Monitoring System, Antilock Brake System (ABS), Electric Brakeforce Distribution (EBC), Emergency Brake Assist (EBA), Dynamic stability Control (DSC) dan Traction Control System (TCS). Untuk Honda CR-V sendiri dilengkapi dengan enam kantung udara untuk varian tertinggi, VSA, Hill Start Assist, ESS dan rem ABS+EBD dan BA.

Itu merupakan dua perbandingan antara Honda CR-V atau Mazda CX-5, bagi Anda yang berada di dalam pilihan dua mobil tersebut. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga karena masing-masing memiliki keungguan dan fitur yang mumpuni.

Comments are closed.