Evolusi Honda Civic dari Masa ke Masa

Mobil


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Honda Civic memiliki banyak penggemar setia di seluruh dunia. Sejak awal debutnya hingga kini, Honda Civic dari masa ke masa telah mencapai generasi kesepuluh.

Honda sebagai pabrikan mobil dan motor asal Jepang, terkenal akan kesuksesannya menciptakan sebuah produk yang dicintai penggemarnya. Salah satunya adalah Honda Civic, yang sejak awal kemunculannya pada 1972 telah sukses mencuri perhatian para penggemar otomotif. Honda Civic generasi pertama menghadirkan mobil subcompact yang praktis, irit, dan harga lebih terjangkau. Seiring berjalannya waktu, Civic menjelma dari subcompact hatchback, menjadi sedan saloon compact yang ikonik.

Hingga saat ini Civic telah berevolusi dengan menghadirkan generasi-generasi terbarunya, sampai Honda Civic generasi 10 yang paling terbaru dengan model yang lebih sporty dan bisa langsung membuat orang jatuh cinta saat pertama kali melihatnya.
[quads id=1]

Honda Civic Generasi Pertama (1972-1979)

honda civic dari masa ke masa

Sumber Foto: Build-threads.com

Civic generasi pertama sukses membuat mobil yang terhitung laris di awal kemunculannya dengan teknologi CVCC (Compund Vortex Controlled Combustion). Dengan sistem pembakaran lean combustion, yakni udara lebih banya dipasok dibanding bahan bakar. Ini yang membuat Civic lebih irit, yang menghasilkan emisi gas buang lebih sedikit.

Mobil ini memiliki kapastias 1.169 cc, dengan fitur yang lengkap di saat itu. Rem depan cakram, kursi bucket berbalut vinyl, dengan dashboard beraksen kayu.

Honda Civic Excelent Generasi Kedua (1979-1983)

honda civic dari masa ke masa

Sumber Foto: classics.honestjohn.com

Mempertahankan eksistensinya setelah sukses pada Honda Civic generasi pertama, Honda mengubah bentuknya menjadi lebih besar dengan wheelbase 2.250 mm. Di Indonesia sendiri, terkenal dengan Civic Excellent yang hadir dalam beberapa varian. Mesinnya tersedia dalam pilihan 1.300 dan 1.500 cc, kedua mesin tersebut masih menggunakan teknologi CVCC yang masih menjadikannya irit bahan bakar.

Setelah itu, untuk pertama kalinya juga hadir varian yang lebih sporty dinamakan Civic S dengan varian hatchback tiga pintu pada 1983. Suspensi mobil ini lebih keras, stabilizer bar di belakang dengan menggunakan mesin EN4 kapastias 1.344 cc karburator ganda.

Honda Civic Wonder Generasi Ketiga (1983-1987)

honda civic dari masa ke masa

Sumber Foto: Pinterest.com

Di Indonesia sejak awal kehadirannya di tahun 1986 Honda Civic generasi ketiga ini, mampu mencuri perhatian pecinta mobil di Indonesia. Honda Civic Wonder begitu orang banyak mengenalnya, bentuknya mengingatkan pada bentuk “setrikaan” dan sangat ikonik.

Menggunakan mesin empat silinder dan mengusung teknologi 12 valve, dengan tiga pintu yang saat itu sangat populer digunakan oleh pabrikan mobil Jepang. Mobil ini juga sukses dan populer digunakan oleh pabrikan asal Jepang.

Honda Civic Nouva/Grand Civic Generasi Keempat (1987-1996)

Honda Civic dari masa ke masa

Sumber Foto: bolandshonda.ie

Berikutnya untuk Honda Civic generasi keempat yang hadi di Indonesia dalam varian sedan dan rammback, sering disebut dengan Civic Nouva. Bentuknya yang berubah total dengan kap mesin yang lebih rendah dan atapnya yang tinggi. Perubahan signifikan juga hadir pada suspensi di mana Honda menyematkan model double wishbone di keempat rodanya.

Untuk pasar Indonesia sendiri antara 1987 hingga 1996 Honda Civic tersedia dalam pilihan mesin 4 siinder 1,5 liter SOHC. Dengan pasokan bahan bakar karburator, lalu untuk varian paling rendah dibekali 1,2 liter SOHC. Seiring berjalannya waktu dan teknologi mobil yang semakin berkembang menjelang akhir 1989, Civic menghadirkan varian SiR dalam bentuk kammback. Varian yang paling mahal dibekali mesin baru B16A DOHC VTEC dan tenaga hingga 158 hp. Inilah asal muasal teknologi dengan pembakaran VTEC.

Honda Civic Estilo/Genio Generasi Kelima (1991-1995)

Honda civic dari masa ke masa

Sumber Foto: en.wikipedia.org

Civic kembali mengeluarkan generasi kelima yang pertama kalinya dikenalkan pada bulan September 1991 di Jepang. Bahan material untuk mobil ini digunakan lebih ringan, demi mengejar efisiensi penggunaan bahan bakar. Suspensinya juga membuat mobil ini memiliki pengendaraan yang lembut.

Honda Civis generasi kelima ini dikenal di Indonesia dengan nama Estilo untuk hatcback-nya dan Genio untuk sedan. Sama seperti versi-versi terdahulunya Civic mengeluarka dua varian, yang membedakan adalah bagian belakangnya saja. Dijua di Indonesia mulai 1992 dan diproduksi hingga 1994, dijual kembali di Indonesia hingga 1995.

Honda Civic Ferio Type R Generasi Keenam

Honda civic dari masa ke masa

Sumber Foto: pakwheels.com

Memulai debutnya di Indonesia pada 1995, Honda Civic generasi keenam ini tidak terlalu berbeda dalam hal bentuknya. Dikenal di Indonesia dengan nama Honda Civic Ferio, dengan mempertahankan status Civic sebagai mobil dengan handling yang nyaman dengan suspensi double wishbone.

Honda Civic Ferio juga banyak mengalami perubahan dalam hal teknis, seperti penggunaan mesin berbahan bakar gas dan lahirnya Civic Type R. Pada model ini Honda membekalinya dengan mesin empat silinder B16B dengan tenaga 185 PS. Untuk bobotnya dipangkas, demi menciptakan rasa berkendara yang sporty dan nyaman. Pada eksteriornya diberikan seperangkat body kit.

Honda Civic VTI-S Generasi Ketujuh (2000-2005)

Honda Civic dari masa ke masa

Sumber Foto: es.auto-abc.eu

Pada Civic generasi ketujuh ini, Honda tidak banyak melakukan perubahan drastis dalam segi desain. Di bagian interior dirombak demi memiliki ruang yang lebih lega, sehingga mengubah identitas Civic tidak lagi menjadi mobil compact. Terobosan terbarunya adalah lantai kabin yang rata, unntuk menciptakan ruang belakang yang luas.

Pada segi teknisnya, di Civic generasi ketujuh ini Honda meninggalkan suspensi double wishbone dengan beralih ke MacPherson Strut. Secara global Honda mengeluarkan 4 varian, ada hatchback 3 dan 5 pintu, sedan 4 pintu, serta coupe 2 pintu. Namun, di Indonesia sendiri hanya hadir dengan varian sedan yang dikenal sebagai Civic VTI-S.

[quads id=4]

Honda Civic Generasi Kedelapan Type R (2005-2011)

honda civic dai masa ke masa

Sumber Foto: en.wikipedia.org

Honda melakukan perubahan modern, dengan desain lebih futuristik dan terbilang berani. Ini merupakan lompatan terbesar Civic yang berbeda jauh sekali dengan dua generasi sebelumnya, baik secara eksterior dan interior. Bodinya terlihat lebih panjang dan lekukannya terlihat modern dengan konsep desain yang sangat matang.

Pada generasi kedelapan ini, Honda pertama kalinya menyematkan mesin 1.8 dan 2.0 untuk pilihan standar. Honda menghilangkan mesin 1,6 liter di Indonesia. Pada pasar Eropa, Civic tersedia dalam bentuk pilihan hatchback 3 dan 5 pintu.

Pertama kalinya untuk distribusi Honda Civic di pasar Eropa tersedia dalam bentuk hatchback, dan sedan di negara lain. Tak hanya itu, tuner resmi Honda yaitu Mugen mengeluarkan varian Civic Mugen RR

Honda Civic Generasi Kesembilan (2011-2015)

civic dari masa ke masa

Sumber Foto: swope.com

Pada Civic generasi kesembilan ini Honda masih bermain aman dengan mengubah desain secara halus. Walaupun, jika dilihat tak kasat mata bentuknya tidak terlalu berbeda. Perubahan yang terlihat sekali ada pada dimensi kabin Honda Civic yang terasa lebih lega. Pilihannya mesinnya juga masih sama yaitu 1.8 dan 2.0 untuk pasar Indonesia, kalau distribusi yang berada di luar negeri tersedia tujuh varian termasuk Type R di dalamnya.

Honda Civic American Style Design Concept Generasi Kesepuluh (2015-Sekarang)

Honda dari masa ke masa

Sumber Foto: cheatsheet.com

Di awal peluncuran Honda Civic generasi kesepuluh ini, Honda memperkenalkan kepada publik di New York International Auto Show 2015. Ini pertama kalinya Civic didesain dan dikonsep oleh Honda Amerika, tapi tetap dengan supervisi dan otoritas dari Honda Jepang. Bentuknya Civic sekarang terlihat besar, namun tetap dengan wajah modern nan futuristik ciri khas Honda.

Honda Civic generasi sepuluh ini diproduksi mulai Oktober 2015 di Amerika, kemudian selang beberapa bulan Thailand menyusulnya. Di Indonesia sendiri diperkenalkan kepada publik pada ajang GIIAS 2016 lalu dengan dua varian yaitu 1.8, dan 1.5 turbo. Tersedia dalam dua model yakni hatcback dan sedan, Civic generasi ini begitu sporty dan modern dalam desainnya. Membuat penggemar otomotif pertama kali melihat mobil ini langsung jatuh cinta lalu membayangkan bagaimana berada di kemudinya dan berakselerasi di jalan.

Comments are closed.