Fakta Menarik Soal Mercedes Benz Indonesia yang Patut Anda Ketahui

Mobil

Di Indonesia, kiprah Mercedes-Benz pun hampir sama tuanya dengan umur perusahaan pembuat mobil-mobil Mercedes-Benz yang berkantor pusat di Stuttgart, Jerman. Mau tahu bagaimana kiprah dan perjalanan Mercedes-Benz Indonesia?

Sebagai pelopor mobil, tak diragukan lagi Mercedes-Benz selalu menghadirkan inovasi-inovasi yang menyediakan mobilitas yang menyenangkan, aman dan ramah sumber daya. Ide-ide visioner yang mereka temukan untuk kendaraan, konsep mobilitas, mobilitas elektronik, dan jejaring digital masa depan, sangat membantu perkembangan teknologi di industri automotif untuk memenuhi segala kebutuhan zaman. Dengan strategi CASE, Daimler berfokus pada empat tren utama yang memengaruhi mobilitas masa depan yaitu Connected, Autonomous, Shared & Services, dan Electric. Dan Daimler sudah membuat kemajuan besar di semua bidang ini untuk membentuk masa depan mobilitas. Masing-masing dari empat bidang CASE itu sendiri sudah mengubah mobilitas secara fundamental; Namun, potensi revolusioner hanya menjadi jelas ketika semua tren utama di atas digabungkan.

5 Inovasi Teratas dari Mercedes-Benz

Sejak awal berdirinya Mercedes-Benz, inovasi telah menjadi penggerak inti dari salah satu merek pelopor di dunia mobil ini. Teknologi dan terobosan demi terobosan bukanlah sesuatu yang baru untuk Mercedes-Benz dan tampaknya mereka tak akan berhenti memberikan inovasi pada dunia. Kami telah membuat daftar lima inovasi teratas dari Mercedes-Benz. Mau tahu apa saja inovasi-inovasi teratas ini?

  1. Mobil Pertama! – Motorwagen 1886

Pada 1886, Carl Benz dianugerahi hak paten karena menciptakan mesin roda tiga tunggal “Motorwagen”. Penemuan mobil ini mengubah mobilitas manusia selamanya.

  1. PRE-SAFE – Active Brake Assist 2002

PRE-SAFE adalah sistem pra-deteksi canggih yang mendeteksi ketika tabrakan akan terjadi. Sistem kerjanya adalah dengan cara menguatkan mobil dan penumpangnya dengan mengencangkan sabuk pengaman depan, menyesuaikan sandaran kepala depan, bahkan menutup semua jendela, dan atap. Sistem ini kemudian digunakan untuk membuat DISTRONIC PLUS pada 2006, yang merupakan sistem adaptif tercanggih dalam hal cruise control.

  1. Crash Testing Program – 1958 dan Mercedes Crash Testing – 1959

Pada 1958 Mercedes-Benz menetapkan jejak sejarah baru dalam hal keselamatan otomotif dengan membuat crash test untuk semua kendaraan baru Mercedes-Benz. Inovasi ini memungkinkan Mercedes-Benz untuk mempelajari risiko terjadinya tabrakan dan membuat penyesuaian untuk keselamatan pengemudi.

  1. Antilock Braking System (ABS) – 1978

Mercedes-Benz menempatkan sistem ABS untuk pertama kalinya ke dalam mobil produksi pada 1978. Meskipun sebenarnya konsep ABS telah dibuat dan diungkapkan sejak 1970. Sistem ABS membawa revolusi dalam segi keselamatan otomotif dengan memungkinkan pengemudi mempertahankan kontrol kemudi di bawah pengereman berat dengan mencegah roda terkunci.

  1. Mobil Bertenaga Listrik – 1906

Pada 1906 Mercedes-Benz mengembangkan bentuk awal kendaraan bertenaga listrik. Mobil ini adalah kendaraan hybrid asli yang membantu mengamankan konsepsi modern kendaraan bertenaga hybrid yang tersedia di jajaran Mercedes-Benz saat ini.

 

Sebagai produsen mobil mewah ternama di muka bumi, Mercedes-Benz memiliki sejarah yang panjang. Merek yang dibangun oleh Karl Benz, Gottlieb Daimler, dan Wilhem Maybach sendiri sebenarnya bernama DMG.

Sejarah dari Mercedes Benz dimulai dari seseorang yang bernama Emil Jellinek. Ia adalah pengusaha kelahiran Jerman yang kemudian bermukim di Perancis dan menjadi distributor mobil produk DMG. DMG adalah singkatan dari Daimler Motoren Gesellschaft, perusahaan otomotif yang didirikan oleh Gottlieb Daimler bersama dengan Karl Benz. Karl Benz merupakan seorang pembuat mobil penumpang yang dipatenkan dengan nama “Benz Patent Motorwagen Omnibus”

Suatu hari, Emil Jellinek meminta Wilhelm Maybach, kepala desainer DMG, agar membuat mobil yang cepat, ringan dan aman. Pada tanggal 2 April 1900, Maybach mulai membuat mobil atas permintaan Emil Jellinek. Hal itu merupakan tonggak sejarah “Mercedes Benz”. Nama Mercedes diambil dari anak perempuan Emil Jellinek yang bernama Mercedes Jellinek.

Emil Jellinek selalu merasa bahwa membangun image komersial dengan memilik nama merek dagang sangatlah penting. Mobil pertama DMG yang dinamai “Mercedes” diluncurkan pada 22 Desember 1900, dan nama itu kemudian dipatenkan sebagai merek dagang di tahun 1902.

Emil Jellinek lalu memesan 36 unit mobil tersebut dengan harga 550.00 Mark emas atau jika diuangkan dengan uang zaman sekarang maka setara dengan 36 Mercedes Benz S500, atau lebih dari 100 Mercedes Benz C200 Kompressor. Pada tahun 1926, nama DMG resmi berubah menjadi “Mercedes Benz”.

Tentang Mercedes-Benz Indonesia

Mercedes-Benz adalah produsen mobil Jerman terkemuka, dan divisi multinasional Daimler AG. Merek ini terkenal dengan mobil, bus, pelatih, dan truk berteknologi tinggi dan canggih. Mercedes-Benz berkantor pusat di Stuttgart, Baden Württemberg, Jerman. Mercedes-Benz Indonesia didirikan pada tahun 1970.

Mercedes-Benz Indonesia terdiri dari dua perusahaan, yaitu PT Mercedes-Benz Indonesia dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia. Mercedes-Benz secara lokal merakit kendaraan andalannya C-Class, E-Class, S-Class, GLC, GLE dan GLS, serta kendaraan komersial mereka seperti sasis bus dan New Axor di pabrik 42 hektar di Wanaherang.

Pabrik Mercedes-Benz Indonesia dinyatakan sebagai produsen otomotif dengan sertifikasi Industri Ramah Lingkungan dari TÜV-Rheinland. Mercedes-Benz secara konsisten memprioritaskan keramahan lingkungan, efisiensi, desain memikat, kenyamanan, dan keselamatan berkendara melalui inovasi dan kecanggihan teknologi mutakhir.

Kiprah Mercedes-Benz Indonesia

Di Indonesia pun kiprah Mercedes-Benz pun hampir sama tuanya dengan umur perusahaan pembuat mobil-mobil Mercedes-Benz yang berkantor pusat di Stuttgart, Jerman.

Di ruas-ruas jalan di kota-kota besar, dengan mudah ditemukan mobil-mobil keluaran Mercedes-Benz lalu lalang bersama-sama mobil-mobil merek lain setiap hari. Namun, banyak orang, termasuk juga yang memiliki mobil keluaran Mercedes-Benz, yang tidak menyadari bahwa kehadiran mobil-mobil keluaran Mercedes-Benz di negara ini sudah lebih dari 100 tahun.

  1. Sunan Solo adalah orang pertama yang membeli mobil bermerek Benz Phaeton pada tahun 1894, setelah itu disusul oleh Sultan Bone tercatat sebagai dua orang Indonesia pertama yang memiliki mobil. Bayangkan mobil pertama yang masuk ke Indonesia itu hanya berselang delapan tahun dari waktu ditemukannya mobil pertama oleh Gottlieb Daimler dan Karl Benz pada tahun 1886.
  2. Sejarah mencatat bahwa pada 1905 saja, di Pulau Jawa sudah terdapat ratusan mobil. Padahal, pada saat yang sama di Belanda hanya ada puluhan mobil.
  3. Walaupun Mercedes-Benz sudah hadir di negara ini lebih dari 100 tahun, tetapi secara resmi kehadiran Mercedes-Benz di Indonesia dimulai pada tahun 1970 dengan berdirinya PT Star Motors Indonesia dan PT German Motor Manufacturing.
  4. PT Star Motors Indonesia adalah agen tunggal Daimler-Benz AG untuk Indonesia yang berkantor di Jalan Cik Ditiro, sedangkan PT German Motor Manufacturing adalah pabrikan dan perakit produk Daimler-Benz untuk Indonesia yang didirikan di Jalan Sulawesi No 1, Tanjung Priok, Jakarta.
  5. Pada tahun 1971, PT Star Motors Indonesia pindah ke Slipi. Dan, dalam tahun 1978 itu juga didirikan pabrik perakitan di Wanaherang, sekitar 50 kilometer dari Jakarta.
  6. Pada tahun 1993, PT Star Motors Indonesia pindah dari Slipi ke Wanaherang. Tahun 1998, Divisi Penjualan dan Pemasaran pindah ke gedung Deutsche Bank, Jalan Imam Bonjol No 80.
  7. Pada bulan Juni 2000, PT Star Motors Indonesia berganti nama menjadi PT DaimlerChrysler Distribution Indonesia, dan PT German Motor Indonesia menjadi PT DaimlerChrysler Indonesia. Kemudian pada bulan Agustus 2000, Daimler Chrysler Indonesia ditunjuk sebagai agen tunggal Chrysler dan Jeep di Indonesia.

Sepanjang perjalanannya, sebagai salah satu pabrikan yang sudah berkecimpung selama lebih dari puluhan tahun di dunia, Mercedes-Benz dan juga Mercedes-Benz Indonesia tentu banyak melahirkan inovasi-inovasi baru untuk para penggemarnya. Kini, Anda semakin tahu soal inovasi yang pernah dilakukan pabrikan dengan slogan ‘The Best or Nothing’ tersebut. Apa Anda termasuk salah satu pecinta Mercedes-Benz Indonesia?

 

Sumber foto: www.mercedes-benz.co.id

Comments are closed.