Ford Fiesta, Hatchback yang Tak Biasa dari Pabrikan Amerika

Mobil

Hal utama yang menjadi pembeda antara Ford Fiesta dengan hatchback pada umumnya di tanah air adalah desainnya yang terbilang unik dan berbeda.

Persaingan mobil berjenis hatchback di Indonesia semakin tak terbendung. Setiap produsen mobil yang memasarkan mobil buatannya di tanah air pasti memiliki mobil jenis ini. Hal ini tak lepas dari banyaknya peminat mobil berjenis hatchback yang sangat nyaman digunakan di jalanan kota-kota besar.

Dari sekian banyak hatchback yang ada, mungkin yang cukpu mencuri perhatian tak lain adalah Ford Fiesta. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini memiliki hal yang berbeda dibandingkan dengan hatchback kebanyakan di tanah air. Melihat betapa menariknya mobil ini, pastikan Anda juga mencari tahu besaran asuransi yang paling cocok untuk memproteksi mobil impianmu di Futuready.

Jadi, apa saja kelebihan dan keunikan mobil ini? Mari kita bahas secara mendalam di bawah ini!

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil

Spesifikasi Lengkap Ford Fiesta

Sporty Hatchback dengan Deseain yang Modern dan Stylish

mobil ford fiesta

Ketika pertama kali diluncurkan, mobil satu ini langsung tampil menggebrak dengan desain bodinya yang kental beraroma khas mobil Amerika. Mobil bergaya American memang sesuatu yang baru karena publik di Indonesia lebih familiar dengan hatchback bernuansa Jepang atau Eropa.

Tampil sebagai hatchback bercorak baru, jelas saat itu mobil garapan Ford ini mampu mencuri perhatian publik. Sekilas, memang konsep desain Fiesta sedikit mendobrak gaya hatchback kebanyakan. Pada bagian fascia depan, mobil ini mengusung desain wajah yang nampak agresif. Hal ini bisa dilihat dari desain lampu utamanya yang memiliki bentuk tajam berteknologi multireflektor.

Kemudian, bagian front grill didesain dengan konsep menjorok ke atas yang semakin menguatkan kesan sporty. Aksen garis horizontal berwarna krom pada bagian grill juga memunculkan aura kemewahan. Lalu bagian foglamp-nya dibentuk dengan gaya minimalis menyesuaikan desain bumper depan yang berukuran kecil.

Beralih ke bodi bagian samping, terlihat desain lebih sporty dan dirancang aerodinamik lewat lekukan garis bodi yang tak terputus dari depan hingga belakang. Keanggunan New Fiesta dapat pula dilihat pada penempatan spoiler dan bumper bagian belakang yang beraksen hitam. Perpaduan desain di atas membuat tampilan bodi New Fiesta secara keseluruhan terlihat lebih futuristik serta memiliki sisi aerodinamis yang pas. Mobil ini juga tampil dengan kesan sporty sehingga membuatnya disukai oleh kalangan berjiwa muda yang mendambakan hatchback dengan desain “out of the box”.

Secara keseluruhan, bagian eksterior mobil hatchback buatan Ford ini bisa dibilang mendapat nilai “A”. Elegan, modern, dan sporty, itulah kesan yang kita dapatkan pada desain New Fiesta ini.

Interior Berkelas dengan Beragam Fitur Canggih

Desain eksterior benar-benar luar biasa menarik, lalu bagaimana dengan bagian dalam atau sisi interiornya? Sama seperti bagian eksteriornya, kesan mewah juga kita temukan pada interior New Fiesta. Untuk spesifikasi interiornya, mobil ini hadir dengan ragam fitur interior berkelas layaknya mobil besutan Ford lainnya.

Mulai dari desain dashboard-nya, mobil ini mengusung konsep dashboard yang didominasi oleh warna hitam elegan dengan menggunakan material berkualitas. Lalu untuk bagian kabin depan, dashboard mobil ini diisi oleh panel SYNC, multimedia, AC, hingga panel untuk fungsi keamanan.

Berpindah ke sektor kemudi, setir kemudi pada New Fiesta dirancang dengan nuansa minimalis namun tetap mampu menyajikan pengendalian mobil yang nyaman. Kemudian, pada panel speedometer mobil hatchback satu ini dirancang dengan desain lebih atraktif dan mudah dipahamai. Pada bagian tengah speedometer terdapat indikator untuk menunjukkan informasi akurat kepada pengendara seperti informasi temperatur, jam, atau lainnya.

Baca juga: Ford Escape, SUV Asal Amerika yang Digemari Banyak Orang

Beralih pada bagian tempat duduk atau kursi, jok depan mobil ini dibangun dengan desain jok ala mobil balap serta menggunakan material kulit berkualitas premium. Sedangkan untuk kabin penumpang depan atau belakang sudah dilengkapi dengan seatbelt sebagai piranti keamanan wajib.

Secara keseluruhan, bagian interior New Fiesta ini memang terasa sangat “wah” untuk ukuran low hatchback di Tanah Air. Dapat dipastikan, Anda akan merasakan kenyamanan tingkat tinggi saat berada di dalam kabin New Fiesta.

Dimensi Compact dengan Dukungan Suspensi Berkualitas

mesin ford fiesta

Secara penampilan, tentu kita setuju bahwa mobil ini memiliki ukuran bodi yang sangat compact. Gelar Compact Hatchback of the Year tahun 2010 rasanya sudah bisa mewakili bagaimana konsep bodi mobil andalan Ford ini.

Secara fisik, hatchback andalan Ford ini memiliki ukuran tubuh berukuran 3.982 x 1.978 x 1.498 mm. Mobil jenis hatchback dengan dimensi tubuh New Fiesta ini dinilai pas. Apalagi, mobil ini juga memiliki ground clearance yang juga pas. Hal ini pastinya juga akan membuat handling mobil satu ini menjadi lebih mantap. Dan yang pasti, dimensi yang pas itu akan terasa lega bagi penumpang di dalamnya. Jadi, untuk menampung maksimal 5 orang jelas mobil ini tak akan terasa sesak.

Berkat ground clearence yang cukup tinggi pula, New Fiesta ini juga akan sangat nyaman saat diajak melaju melibas jalanan perkotaan. Mobil ini memiliki bobot sekitar 1.154 kg, yang akan membuat stabilitasnya terjaga saat melaju pada kecepatan tinggi. Guna memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang dan pengemudianya, Fiesta pun didukung oleh suspensi kelas wahid.

Untuk suspensi depan, Ford menyematkan sistem suspensi Strut Type dengan per keong yang akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada penumpang depan serta pengemudi. Sementara untuk suspensi belakang, mobil ini dibekali dengan sistem suspensi Multi-link dengan per keong. Sedangkan untuk bagian kaki-kakinya, New Fiesta hadir dengan velg alloy R15 yang dibalut dengan ban berukuran 185/55. Sedikit berbeda untuk Fiesta Ecoboost yang mengusung velg 16 inci dengan balutan ban berukuran 195/50.

Untuk menyempurnakan kontrol kendaraan yang baik, mobil ini juga disematkan pengereman bermodel ventilated disk untuk rem depan serta drum untuk rem belakang yang kesemuanya sudah mengusung fitur ABS.

Mobil Bervarian Mesin 3 dan 4 Silinder yang Bertenaga untuk Sekelas Low Hatchback

Mobil satu ini menawarkan dua jenis mesin yang berbeda. Fiesta versi pertama, mesin yang digunakan adalah jenis mesin Duratec, 4 Cylinder DOHC (In-line) yang memiliki kapasitas isi silender 1.498 cc. Mesin yang menjadi sumber tenaga untuk Fiesta tipe Style, Trend, dan juga Sport ini mampu memuntahkan daya maksimal sebesar 112 PS pada putaran mesin 6.300 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Tipe Fiesta dengan mesin DOHC 4 silinder segaris berkapasitas 1500 cc ini pastinya sangat cocok bagi Anda yang ingin memiilki hatchback berkonsep city touring car yang bertenaga.

desain ford fiesta

Sementara itu, varian New Fiesta yang kedua mengusung mesin khas Ford, yakni Ecoboost. Mesin pada Fiesta Ecoboost ini merupakan mesin jenis Duratec, 3 Cylinder DOHC (In-line) yang memiliki kapasitas isi silender 998 cc. Mesin pada New Fiesta Ecoboost ini mengusung mesin ramah lingkungan khas Ford yang memang memiliki kapasitas isi silinder lebih kecil. Mesin ini mampu memuntahkan daya maksimal mencapai 125 PS pada putaran mesin 6000 rpm serta torsi sebesar 170 Nm pada putaran mesin 4500 rpm. Jadi, meski kapasitas mesinnya lebih kecil, namun untuk power mesin, Fiesta Ecoboost tak kalah tenaganya. Kesemua varian New Fiesta ini juga sudah mengusung teknologi Electronic Injection yang membuat proses pembakaran pada ruang mesin berjalan lebih sempurna. Untuk sistem penggeraknya sendiri, mobil berkapasitas 5 orang ini dibagi menjadi dua tipe, yakni manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 6 percepatan.

Nah, bagi Anda para pecinta hatchback, semakin tertarik untuk memiliki Ford seri Fiesta setelah melihat ulasan spesifikasi lengkapnya di atas? Jangan lupa pertimbangkan membeli asuransi mobil dari Futuready untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda nantinya, ya!

Baca juga: Ini Perbedaan Bengkel Mobil Pilihan Authorized dan Non-Authorized

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Comments are closed.