Ford Fiesta Datang Sebagai Real Competitor bagi Chevrolet

Mobil

Sebagai pabrikan dari Amerika Serikat, dengan Ford Fiesta apa yang sebenarnya bisa ditawarkan Ford untuk pasar Indonesia?

Tidak banyak pabrikan dari Amerika Serikat yang fokus menggarap pasar mobil Indonesia. Mereka tahu pasar sepertinya sudah dikuasai pabrikan asal Jepang. Namun, kemunculan Ford Fiesta di tanah air menandakan bahwa pabrikan asal Amerika tidak mau ketinggalan menikmati ‘kue’ di Indonesia.

Sebenarnya, Ford bukan satu-satunya pabrikan asal Amerika yang menjajal kerasnya persaingan pasar otomotif tanah air. Ada yang lain, yaitu Chevrolet. Mungkin saja Ford ini mencoba keberuntungan mengingat Chevrolet bisa dikatakan cukup sukses memasarkan produk mereka di Indonesia.

Lalu, apa yang ditawarkan oleh Ford? Tahun ini, mereka menawarkan Ford Fiesta terbaru. Produk-produk yang dibuat oleh Ford memiliki karakteristik tersendiri. Apakah mobil Ford mampu memikat Anda?

Baca juga: 9 Daftar Mobil Amerika yang Legendaris

Eksterior Ford Fiesta Terlihat Begitu Mewah

Fiesta merupakan salah satu produk andalan Ford yang dipasarkan di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Sekilas, bisa dilihat bahwa Fiesta ini terlihat begitu mewah. Jadi, bisa dipastikan kalangan menengah ke atas yang menjadi target market mereka.

Satu hal pertama yang pasti, mobil hatchback ini tampil mencolok jika disandingkan dengan kebanyakan hatchback lainnya. Apalagi hatchback produksi Jepang. Pabrikan asal Jepang sering membuat mobil hatchback dengan desain sporty. Mereka tahu bahwa pecinta otomotif di Indonesia suka dengan mobil desain seperti ini.

Akan tetapi, Ford mengerti ada segmen pasar tertentu yang suka dengan sisi elegan. Dan ini terbukti Ford Fiesta cukup diterima di tanah air.

Akan tetapi, tetap ada kesan sporty yang ingin ditampilkan. Lihat saja sisi depan dari Fiesta ini. Grille bagian depan mobil ini dibuat agar sedikit ke atas. Ini yang membuat kesan sporty pada mobil ini muncul.

Sementara itu, warna chrome pada grille serta fog lamp menunjukkan kesan elegan dan mewan pada Fiesta terbaru ini. Fog lamp dibuat dengan desain sangat minimalis. Ini yang menjadi salah satu ciri khas dari mobil Fiesta.

Beralih ke bagian samping, lekukan garis begitu aerodinamik. Perhatikan baik-baik. Lekukan dari depan hingga belakang sama sekali tidak terputus. Ini yang membuat Ford Fiesta ini terlihat elegan namun kesan sporty tetap terasa.

Terima kasih kepada Ford yang telah menambahkan spoiler pada bagian belakang. Selain fungsional, fitur ini juga yang membuat Ford Fiesta disukai oleh anak muda. Berkat spoiler di bagian belakang, mobil Fiesta ini menjadi semakin menarik.

Baca juga: Perjalanan Chevrolet Indonesia, Salah Satu Brand Mobil Terbaik Dunia

Kabin Ford Fiesta Menawarkan Kenyamanan

Banyak yang menganggap Fiesta ini termasuk hatchback yang kurang nyaman. Ini bisa dilihat dari luar di mana bagian belakang terlihat sempit.

Dari segi luasnya, memang Ford Fiesta ini tidak begitu luas, khususnya bagian belakang. Akan tetapi, kekurangan ini sedikit tertolong dengan beberapa fitur canggih yang dihadirkan seperti AC yang mampu mendinginkan seluruh kabin.

Selain itu, jangan sepelekan juga dengan suspensi. Jangan hanya menganggap kenyamanan itu hanya ditunjang oleh luasnya kabin. Tidak. Ini juga dipengaruhi oleh suspensi yang digunakan. Untuk mobil Fiesta terbaru ini, Ford menggunakan suspensi terbaik yang mereka miliki. Untuk suspensi depan, mereka menggunakan Strut Type dengan per keong. Sementara itu, suspensi bagian belakang adalah Multi-link.

Jadi, mobil ini cukup nyaman untuk perjalanan panjang Anda meskipun kabinnya tidak terlalu luas.

Apa fitur lain yang bisa diandalkan untuk Ford Fiesta ini? Jok. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Fiesta mengusung konsep elegan dan mewah. Dan ini bisa Anda rasakan pada material jok yang dipilih. Jok dibalut dengan material kulit kelas premium. Jadi, meskipun mobil kecil, Anda bisa merasakan nuansa seolah berkendara dengan mobil APV atau MPV kelas premium. 

Mengintip Mesin di Dalam Kap

Ford menawarkan dua jenis mesin yang bisa Anda pilih. Pertama adalah 4 cylinder DOHC dengan kapasitas silinder 1498 cc. Ford mengatakan mesin ini mampu memproduksi kekuatan hingga 112 ps pada 6300 rpm. Mesin ini digunakan untuk Ford Fiesta tipe Style, Trend, dan Sport.

Mesin yang kedua adalah Ecoboost. Kapasitas silindernya 998 cc. Ford mengatakan bahwa mesin ini membawa konsep ramah lingkungan.

Anda mungkin berpikir mesin yang kedua ini kecil. Namun, jangan salah. Mesin ini mempu memberikan tenaga sebesar 125 ps di 6000 rpm.

Selain dua jenis mesin, Ford Fiesta ini juga dilengkapi dengan dua jenis transmisi, yaitu transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis dengan 6 percepatan. Terserah mana transmisi yang Anda sukai.

Lalu, bagaimana dengan soal harga? Harga hatchback ini cukup masuk akal. Apalagi jika Anda bandingkan dengan harga hatchback buatan Jepang. Ford Fiesta ini bisa dikatakan hatchback dengan harga yang terjangkau.

Harga awal dipatok dengan banderol sekitar Rp200 juta. Ini untuk Fiesta 1.5L Style MT. Sementara itu, yang paling tinggi yaitu New Fiesta 1.0L Ecoboost MT dibandrol dengan harga sekitar Rp240 juta.

Menurut Anda, bagaimana harga untuk Fiesta baru ini? Cukup masuk akal, bukan?

Baca juga: Deretan Mobil Mewah Atta Halilintar, Mana Kesukaan Anda?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Banyak yang menganggap mobil buatan Amerika itu sulit perawatannya. Lebih mudah merawat mobil buatan Jepang atau Korea.

Sebenarnya, citra tersebut seharusnya sudah tidak ada lagi. Sekarang ini, diler dari Amerika sudah ada di mana-mana. Anda bisa menghubungi mereka melalui telepon atau kunjungi website mereka secara langsung. Jadi, jika terjadi kerusakan, sebenarnya sudah tidak ada bedanya antara mobil buatan Jepang, Korea, dan Amerika.

Hanya saja, memang secara umum spare part untuk mobil Amerika cederung sedikit lebih mahal. Mungkin ini yang patut untuk Anda jadikan pertimbangan sebelum akhirnya membeli Ford Fiesta.

Comments are closed.