Mengapa Ford Ranger Masih Berani Bertahan di Indonesia?

Mobil

Banyak yang meragukan keberadaan Ford Ranger di pasar otomotif Indonesia. Namun, sampai tahun ini, perusahaan dari Amerika ini masih bertahan.

Keraguan tersebut tentu bukan tanpa alasan. Ada pabrikan dari Amerika yang akhirnya hengkang dari Tanah Air. Dan diprediksi ini juga yang akan dialami oleh Ford. Apalagi pesaingnya semakin berat, yaitu pabrikan asal Jepang dan Korea Selatan yang kini semakin menguasai pasar otomotif Indonesia.

Namun, keraguan tersebut terbantahkan. Ford bertahan dan mereka mengeluarkan Ford Ranger terbaru.

Tentu bertahan saja tidak cukup. Ini harus dibuktikan dengan penjualan. Apakah mobil Ranger terbaru ini bakal laris di pasar Indonesia?

Baca juga: 9 Daftar Mobil Amerika yang Legendaris

Spesifikasi Lengkap Ford Ranger Terbaru

Desain Ford Ranger Lebih Menarik bagi Pecinta Otomotif Indonesia

Sebenarnya, target market pecinta truk niaga multifungsi seperti Ford Ranger ini tidak begitu luas. Apalagi harganya yang selangit. Jelas beda dengan mobil city car atau mobil keluarga.

Namun, justru ini membuat Ford tahu apa yang harus mereka lakukan. Mereka tahu bahwa target mereka adalah pembeli dengan penghasilan menengah ke atas. Itulah yang menjadi penyebab mengapa Ford mendesain Ranger seperti sekarang ini.

Desain dari luar sangat bagus. Terlihat gagah. Ini benar-benar mobil untuk kaum lelaki. Tampilannya lebih gagah dibandingkan dengan generasi sebelumnya berkat adanya kerangka yang tampak seperti perisai.

Akan tetapi, bukan hanya kesan gagah saja yang ingin ditampilkan. Ford Ranger ini juga dilengkapi dengan fitur eksterior yang bisa menunjukkan kesan elegan dan modern. Salah satunya fitur front grille yang dibalut dengan chrome. Ini menjadi sisi yang menunjukkan kesan modern dan elegan mobil Ford ini.

Kesan sebagai mobil buatan Amerika sangat terlihat ketika Anda beralih ke bagian belakang Ford Ranger. Lampu belakang terlihat tegak. Letaknya berada di sebelah pintu bak mobil. Namun, yang menarik adalah bagian pijakan. Ini merupakan tambahan body kit yang membuat New Ranger ini terlihat elegan jika dilihat dari belakang.

Memang tidak semua fitur untuk kargo dipasang di semua tipe. Ini yang membedakan antara berbagai tipe Ford Ranger. Misalnya, jika Anda memilih kabin ganda, maka ada tambahan fitur besi tubular. Sementara itu, jika Anda lebih suka dengan edisi khusus, ada fitur plat tubular sport yang ada di bagian belakang bak.

Jadi, tipe Ford Ranger mana yang akan Anda beli?

Fitur Interior Jauh Lebih Modern dan Berteknologi Tinggi

Di Amerika sana, mobil truk seperti Ford Ranger ini tidak hanya digunakan untuk mobil angkut. Tidak jarang keluarga yang memilih untuk membeli Ranger seperti ini untuk keperluan transportasi keluarga.

Anda bisa lihat banyak keluarga Amerika yang hobi rekreasi. Makanya, mereka menggunakan truk seperti ini.

Oleh karena itulah, salah jika Anda menganggap truk seperti ini kurang nyaman. Itu salah besar. Ford juga menekankan pada kenyamanan.

Dan ini mereka buktikan dengan menyembatkan fitur-fitur tertentu untuk mendukung kenyamanan berkendara. Contohnya saja jok. Meskipun bukan mobil mewah, Ford Ranger ini memiliki jok yang dilapisi dengan kulit kualitas terbaik. Ada satu pemanis jok, yaitu bahan vinyl yang ada di bagian tengah jok.

Baca juga: Memilih Mobil Keluarga SUV atau MPV?

Tentu saja kenyamanan tidak hanya terlihat dari fitur jok kulit tersebut. Terdapat AC double blower untuk memastikan penumpang di bagian belakang merasa dingin selama perjalanan.

Ada juga fitur berteknologi tinggi. Ford Ranger ini sudah dilengkapi dengan LCD sebagai rear camera, parking sensor, layar dengan lebar 4 inci untuk menampilkan panggilan masuk, daftar lagu, trip meter, serta fuel meter, dan fitur lain sebagainya.

Saat Anda berada di dalam kabin, coba saja mainkan musik. Ford Ranger memiliki fitur audio dengan teknologi single DNA audio. Ini yang membuat lagu yang Anda putar begitu enak didengar.

Menilai Performa Mobil

Harusnya, mobil yang gagah ini punya mesin yang powerful. Apa ekspektasi Anda?

Sebenarnya, jika Anda tahu Ford Ranger dari generasi ke generasi, Anda tahu betapa serius Ford memilihkan mesin untuk produk mobil yang satu ini. Dan ini secara konsisten terus mereka lakukan.

Untuk New Ranger, mereka menggunakan basis mesin yang sama, yaitu mesin Diesel Duratorq TDC2 Mid-Power yang sudah didukung dengan turbocharger. Jadi, bisa disimpulkan tidak ada perubahan spesifik untuk New Ranger. Akan tetapi, harus digaris bawahi bahwa mesin inilah yang paling tangguh yang dimiliki oleh Ford. Mesin ini kapasitasnya 2.198 cc.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Meskipun mesin mobil ini sangat besar dan powerful, bukan berarti mobil ini boros BBM. Berkat teknologi electric fuel injection, konsumsi BBM mobil ini sangat efisien. Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 123 horsepower pada 1.700 rpm.

Baca juga: Simulasi Perhitungan dan Biaya Asuransi Mobil di Futuready

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Banderol Harga

Beberapa orang ogah melirik mobil produksi Amerika karena stigma mobil buatan Amerika dikenal sebagai mobil yang mahal.

Namun, stigma tersebut akan berangsur hilang setidaknya ketika new Ford Ranger ini dirilis. Dengan membawa uang Rp300 juta saja, Anda bisa bawa pulang mobil truk multifungsi ini. Untuk Ranger Single Cabin, harganya sekitar Rp300 juta.

Ada empat tipe yang bisa Anda pilih. Tipe yang paling murah sekitar Rp300 juta. Sementara itu, tipe yang tertinggi, yaitu Ranger Doubel Cabin Wildtrak 3.2L AT dibanderol dengan harga Rp480 juta.

Nah, kira-kira jenis Ford Ranger apa yang bakal Anda pilih untuk menambah mobil keluarga? Yang jelas, tidak salah jika Anda mengganti mobil lama Anda dengan New Ranger ini.

Comments are closed.