Ini Fungsi Kunci Pas dan Kunci Ring

Mobil

Perkakas atau peralatan kerja di bengkel memiliki berbagai macam bentuk, ukuran, dan fungsinya. Lalu, bagaimana fungsi kunci pas dan kunci ring yang paling dasar digunakan untuk perbengkelan?

Kunci pas dan kunci ring biasanya selalu tersedia di dalam kotak peralatan bengkel di mobil. Alat-alat ini berguna untuk memperbaiki, jika ada sesuatu atau masalah yang terjadi pada mobil. Seperti untuk membuka baut atau mengunci komponen-komponen pada kendaraan.

Kedua kunci ini memiliki fungsi yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan dari bentuk. Kunci ring berbentuk lingkaran dan kunci pas bentuknya setengah lingkaran. Selain itu, kunci ring memberikan gaya tuas yang lebih besar jika dibandingkan dengan kunci pas. Kunci ring memiliki desain membulat dan memiliki kinerja baik dalam mencengkeram.

[quads id=1]

Lebih lanjut, lagi mengenai perbedaan fungsi kunci pas dan kunci ring ada di bawah ini.

Kunci Pas

Bentuknya datar dengan model rahang yang bisa digunakan secara bolak-balik. Kunci ini memiliki sudut rahang yang beda, dengan rahang tertutup. Dengan begitu, maka kunci ini tidak bisa digunakan untuk mengunci mur atau baut secara berlebih. Jika dipaksakan membuka maka objeknya bisa terjatuh, apalagi dengan menyumbang pipa untuk memberikan tenaga yang lebih besar. Sudah pasti akan berakibat fatal yang bisa merusak kunci dan juga mur atau bautnya.

Model rahang yang terbuka ini bisa menjadikan kunci digunakan pada area di mana kunci ring tidak bisa digunakan. Seperti mengendorkan pipa-pipa bahan bakar yang digunakan untuk menahan bagian lain agar tidak berputar.

Kunci Ring

Fungsi utama dari kunci ini untuk memberikan momen tambahan yang lebih besar pada maut dan mur. Ini karena memiliki lengan yang agak panjang baik saat membuka maupun mengencangkan. Desain ganda hexagonal pada rahangnya bisa memudahkan kunci ini digunakan pada bagian-bagian yang sempit dan terbatas.

Desain rahangnya yang bulat secara otomatis bisa menutup bagian luar semua komponen yang dibuka baik mur atau baut. Sehingga sangat kecil kemungkinan untuk mencegah terjadinya keruskan, pada baut atau mur. Dengan desain yang melengkung bisa memudahkan saat digunakan di tempat yang cekung.

Itu semua hal mengenai fungsi tentang kunci pas dan kunci ring, keduanya memiliki kesamaan dan juga perbedaan. Kedua kunci ini merupakan kunci dari peralatan dasar bengkel dalam hal membuka dan mengunci mur atau batu pada komponen mobil.

Comments are closed.