Butuh Uang dan Ingin Gadai Mobil? Ini Cara Amannya!

Mobil

Membutuhkan uang dalam jumlah banyak dan cepat, gadai mobil merupakan salah satu jalan keluar terbaik yang bisa Anda lakukan. Namun, agar tidak menjadi korban penipuan, begini cara amannya.

Memiliki masalah dalam keuangan memang bisa jadi berdampak besar bagi kelangsungan hidup. Ada banyak faktor yang membuat keuangan Anda bermasalah, seperti kebutuhan yang lebih besar dibandingkan pemasukan atau termakan oleh gengsi sehingga Anda menuntut untuk mengubah gaya hidup yang seharunya tidak perlu dilakukan. Jika sudah begini, apa solusi yang biasanya dilakukan? Menggadaikan barang-barang yang dimiliki merupakan salah satu cara yang banyak dipilih dan dirasa menjadi jalan keluar yang terbaik. Apalagi jika kondisinya Anda terlilit utang dan membutuhkan biaya yang besar, tentu dengan menggadaikan barang akan menjadi penolong bagi Anda.

Ada banyak sekali barang-barang yang bisa Anda gadaikan, tetapi tidak semua memiliki nilai gadai yang besar dan mungkin bisa membantu meringankan masalah Anda. Salah satu barang yang paling banyak dipilih adalah mobil. Seperti yang diketahui, mobil merupakan salah satu barang yang memiliki nilai cukup besar. Baik itu ketika membelinya ataupun menjualnya.

Anda yang ingin menggadaikan mobil, tidak harus mobilnya yang Anda berikan. Cukup dengan memberikan bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) kepada pihak terkait dan jika disetujui uang tersebut akan langsung cair. Jadi, mobilnya masih bisa Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Namun, hingga saat ini masih banyak penipuan yang mengatasnamakan peminjaman. Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati apalagi jika Anda baru pertama kali menggadaikan barang. Agar Anda tidak menjadi korban dari penipuan, berikut ini cara gadai mobil yang aman.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Fintech Lending di Indonesia

Cara Aman Melakukan Gadai Mobil

Tentukan Tujuan Dari Dana Pinjaman Gadai Mobil

Sebelum memutuskan untuk menggadaikan mobil, Anda harus ketahui dahulu tujuan apa yang mengharuskan Anda untuk melakukan langkah tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar memudahkan Anda melakukan pengajuan. Jika Anda tidak mengetahui tujuan dari penggadaian ini, bagaimana bisa pihak terkait menerima dan memberikan Anda pinjaman dana. Pastikan tujuan Anda jelas sehingga Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah dan cepat.

Pilih Tempat Gadai Mobil yang Terpercaya

Setelah sudah menentukan tujuannya, kini saatnya Anda harus selektif dalam mencari tempat gadai yang terpercaya. Ada banyak sekali tempat-tempat gadai yang menawarkan jasa peminjaman dengan berbagai penawaran. Namun, Anda jangan langsung termakan oleh rayuan yang diberikan karena tidak semua tempat gadai yang terpercaya memberikan banyak sekali keuntungan.

Dalam memilih tempat gadai, usahakan cari yang sudah dilindungi badan hukum, seperti bank, pegadaian, atau koperasi. Tiga badan ini umumnya adalah badan yang bisa Anda andalkan karena dari segi prosedur dan keamanan sudah terjamin. Jangan sekali-kali melakukan gadai barang apa pun kepada rentenir. Selain memiliki bunga yang besar, banyak juga risiko lain jika Anda memilih cara tersebut. Untuk itu bijaklah dalam menentukan tempat gadai agar proses lancar serta barang yang Anda jaminkan aman.

Cari Tahu Kebijakan Gadai Mobil yang Berlaku

Selain tempat yang terpercaya, Anda juga perlu mengetahui kebijakan yang berlaku di tempat tersebut. Kebijakan itu bisa meliputi denda atau sanksi yang diberikan jika telat melunasi angsuran, prosedur angasuran, dan juga besarnya bunga yang diberikan. Hal ini perlu diperhatikan karena secara umum kebijakan yang berlaku selalu berbeda di setiap tempat. Jika ingin aman, usahakan Anda menanyakan secara detail di setiap tempat agar Anda terhindar dari berbagai kerugian.

Jangan Mudah Tergiur Nominal Gadai yang Tinggi

Pastikan Anda tidak mudah tergiur dengan penawaran nominal gadai yang tinggi dan marjin yang lebih rendah. Hal semacam ini sering ditemukan pada jasa gadai yang tidak jelas asal usulnya. Dikarenakan hal ini mudah sekali ditemukan di lingkungan sekitar, Anda perlu selektif karena bisa saja itu adalah modus penipuan. Selain itu perbedaan kota juga akan menyulitkan Anda ketika melakukan pembayaran angsuran.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

Memenuhi Semua Persyaratan

Ketika Anda ingin gadai mobil, memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan merupakan salah langkah yang harus dilakukan. Ketika syarat-syarat ini tak dipenuhi, bisa dipastikan kalau pengajuan yang Anda ajukan akan ditolak.

Sebenarnya, syarat dalam mengajukan pinjaman ini tidak terlalu sulit dan terbilang cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyediakan beberapa dokumen umum yang dibutuhkan, termasuk di antaranya adalah, BPKB asli, fotokopi STNK mobil, faktur pembelian, fotokopi KTP, serta Kartu Keluarga.

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Tip terakhir ketika Anda memutuskan untuk melakukan gadai mobil dengan aman adalah, membayar cicilan tepat waktu. Hal ini penting Anda terhindari dari masalah baru yang membuat kehidupan merasa terancam. Contoh yang paling sederhana adalah adanya panggilan telepon yang mengingatkan tenggat waktu pembayaran cicilan.

Selain itu, pembayaran cicilan jika melebihi batas waktu yang telah disepakati juga akan merugikan Anda secara materi. Apalagi, Anda bakal dibebankan denda dengan jumlah tertentu. Nilai denda ini mungkin terlihat kecil. Namun, kalau dilakukan secara terus-menerus, akan sangat merugikan.

Baca juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Ingat, menggadaikan BPKB mobil memang sah dalam aturan perundang-undangan di Indonesia, dikenal dengan jaminan fidusia. Aturan ini tertuang dalam UU Nomor 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan. Lewat aturan ini, pemberi pinjaman memiliki hak lebih utama terhadap mobil ketika terjadi kegagalan dalam pembayaran utang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar proses gadai mobil yang dilakuka berjalan dengan mudah, cepat, dan juga aman.  Namun, jika memang kiranya Anda tidak terlalu membutuhkan biaya, jangan pernah terlintas untuk melakukan hal ini karena hanya memberikan masalah baru di kehidupan Anda.

 

Comments are closed.