Kerugian Akibat Grill Mobil Rusak

Mobil

Grill mobil rusak dapat menyebabkan mesin overheat dan mogok. Bersihkan grill secara berkala untuk menjaga suhu mesin tetap ideal dan tampilan eksterior mobil tetap cantik.

Grill merupakan salah satu bagian yang penting untuk menjaga performa mobil sekaligus menambah estetika. Terletak dibagian paling depan sebuah mobil sayangnya, banyak pengemudi masih menyepelekan keberadaannya. Memperlakukan grill sekadar aksesoris belaka.

Padahal grill mobil punya fungsi cukup penting, yakni sebagai sarung masuk angin yagn dapat mendinginkan mesin. Jika grill mobil rusak maka mesin mobil bisa cepat panas dan menyebabkan mogok. Grill mampu menjaga suhu mesin tetap stabil.

Karena alasan inilah grill harus ditutupi dengan bahan khusus. Jika ingin melakukan perubahan penutup juga harus berkonsultasi dengan ahli karena pemilihan material yang salah dapat menghambat kinerja grill mobil dan menyebabkan mesin overheat.

Jika ingin melakukan modifikasi pada bagian grill mobil, sebaiknya juga informasikan kepada pihak asuransi mobil ya. Sebab perubahan desain eksterior dari pabrikan, dapat menjadi alasan perusahaan asuransi menolak klaim Anda.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Asuransi Mobil TLO Lebih Menguntungkan

Fungsi Grill Mobil, Bukan Hanya Saluran Angin

fungsi grill mobil

Fungsi utama grill adalah meningkatkan aerodinamika, sehingga performa mobil lebih optimal. Desain-desain grill pada mobil moderen dibuat seminim  mungkin degan tujuan mengalihkan langsung udara ke sisi samping atau atas mobil agar tetap dingin.

Memang fungsi utama grill mobil adalah menjadi saluran angin yang mendinginkan bagian mesin untuk mencegah overheat. Namun karena terletak dibagian paling depan dan harus ditutup dengan bahan khusus, akhirnya grill juga berfungsi menambah kesan estetis.

Baik mobil dengan mesin berpendingin udara maupun air, menggunakan grill untuk mendinginkan mesin bagian depan. Hingga akhirnya semakin banyak bermunculan desain grill yang ciamik. Para desainer grill percaya bentuk grill yang mereka buat dapat menonjolkan identitas brand, karena ada filosofi yang tengah dibangun.

Perkembangan desain grill mulai marak terjadi pada periode 40-an hingga akhir 90an. Kala itu grill di desain dengan kisi-kisi berbentuk persegi panjang vertikal dan horizontal. Sementara memasuki periode awal 2000-an desain grill yang populer adalah honeycomb alias sarang lebah. Baik mobil produksi Jepang, Eropa maupun Eropa beramai-ramai menggunakan tema desain sarang lebah.

Hingga saat ini banyak pemilik mobil akhirnya memodifikasi bagian grill mobil untuk mendapatkan desain yang sesuai keinginan dan sangat berbeda dengan pabrikan. Sayangnya proses modifikasi grill mobil ini kerap kali membuat grill rusak.

Kerugian Akibat Grill Mobil Rusak

Proses perubahan desain grill mobil oleh bukan ahlinya dapat menimbulkan resiko kerusakan dari ringan hingga berat. Ketika grill rusak bukan hanya desain eksterior mobil yang nampak jelak namun juga bisa mengakibatkan beberapa kerugian seperti berikut ini:

kerusakan grill mobil

1. Mengganggu saluran udara

Ketika grill mobil rusak maka sirkulasi udara akan terhambat, akibatnya mesin tidak akan mendapatkan udara dingin dari luar yang seharusnya diteruskan oleh grill. Jika kondisi ini dibiarkan maka mesin akan mengalami overheat dan sering mogok. Selain membuat mesin jadi lebih panas, seringkali kerusakan pada grill juga mempengaruhi performa mesin.

2. Menurunkan fungsi aerodinamika

Sebenarnya mobil-mobil moderen sudah lahir dengan desain aerodinamis yang diharapakan dapat menjaga mesin mobil dalam suhu ideal. Namun ternyata hal itu tidak akan maksimal tanpa grill yang baik. Saat grill rusak maka nilai aerodinamika menurun sehingga mobil kehilangan kemampuan bermanuver.

3. Mesin kotor

Posisi grill ini terletak dibagian depan mobil dan berada dekat dengan mesin. Maka ketika grill tidak berfungsi maksimal kotoran dari luar pun lebih cepat membanjiri bagian mesin. Ketika mesin kotor karena debu yang menumpuk seringkali mengganggu performa mobil.

4. Menurunkan nilai estetika

Kerusakan minor seperti lecet sebenarnya tidak begitu mempengaruhi nilai estetika mobil. Namun untuk kerusakan grill mobil yang berat dapat membuat tampilan mobil tak menarik lagi dan bagian dalam mudah rusak. Akhirnya hal ini juga berpotensi mengurangi daya jual kembalinya.

5. Kehilangan identitas

Para produsen mobil acapkali mendesain bagian grill semenarik mungkin, dengan tujuan dapat menjadi simbol identitas mereka. Maka ketika grill rusak artinya identitas mereka juga ikut rusak.

Baca juga: Mobil Lecet atau Tergores? Begini Cara Klaim Asuransinya!

Itulah beberapa kerugian ketika grill mobil Anda rusak. Karena itulah penting untuk merawat grill dengan tepat.

membersihkan grill mobil

Karena peran gill begitu penting maka proses perawatannya pun tidak boleh sembarangan. Setidaknya beginilah langkah tepat membersihkan grill mobil agar tetap berfungsi maksimal:

 

1. Siapan alat dan bahan

Seperti proses pembersihkan bagian eksterior mobil pada umumnya, alat dan bahan yang diperlukan ketika membersihkan grill adalah  kain katun, sikat gigi, kuas, shampo mobil, dan wax. Pilih produk yang khusus dan sesuai dengan material mobil Anda.

2. Buat campuran sampo dan air

Setelah seluruh bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat campuran bahan dari sampo mobil dan air. Perbandingannya adala 1:3 untuk sampo dan airnya. Sampo ini berperan mengangkan kotoran berupa debu dan noda yang menempel di grill mobil.

3. Bersihkan dengan mengoleskan campuran yang sudah dibuat

Oleskan campuran sampo dan air secara merata ke seluruh bagian grill, kemudian sikat menggunakan sikat gigi maupun kuat. Jangan menggunakan sikat besar untuk mencuci pakaian atau benda besar lain karena pembersihan tidak akan maksimal.Penggunaan sikat gigi dapat mempermudah proses pembersihan diberbagai bagian sempit didalam grill. Setelah disikat kemudian bersihkan bagian sabun yang masih menempel dengan kain basah.

4. Proses pengeringan

Jika seluruh bagian sudah dibersihkan, saatnya proses pengeringan. Sebaiknya keringkan grill segera setelah dicuci, jangan biarkan mengering dengan sendirinya. Keringkan dengan mengelapknya menggunakan kain berbahan katun kering.

5. Gunakan wax

Setelah benar-benar bersih dan kering, saatnya sentuhan terakhir yakni pengaplikasian wax untuk mendapatkan kesan mengkilap dan bersih. Wax juga berfungsi sebagai perlindungan, karena bagian kimia yang terkandung didalamnya diketahui dapat membuat eksterior mobil tidak mudah kotor.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian dalam Penggunaan Cover Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa langkah mencuci grill agar selalu dalam kondisi baru dan mengkilap. Jika merasa kurang ahli dalam merawat bagian depan mobil yang satu ini, sebaiknya minta jasa pembersih grill untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.

 

sumber:

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/19/110200915/penting-memahami-fungsi-grill-pada-mobil

https://carreview.id/car-tech/grill-tak-sekadar-saluran-angin-kini-dengan-desain-menawan/9718

https://review.bukalapak.com/auto/manfaat-grill-mobil-mitsubishi-94354?

https://garasi.id/artikel/bukan-sekedar-kosmetik-grill-mobil-harus-dirawat/

Comments are closed.