Hasil Crash Test Mobil-Mobil Terlaris di Indonesia, Mobil Andakah Salah Satunya?

Mobil

Crash test mobil adalah salah satu uji coba yang wajib dilalui oleh seluruh mobil sebelum dilepas ke pasaran. Tujuannya jelas, untuk mengetahui tingkat keamanan dan keselamatan penumpang saat terjadi tabrakan. Khususnya di Indonesia, mobil-mobil terlaris pun melalui tes ini dan ternyata hasilnya cukup beragam.

Salah satu faktor yang menjadi penilaian konsumen dalam membeli mobil adalah keamanan dan keselamatannya. Semakin tinggi tingkat keamanan dan keselamatan suatu mobil, semakin besar pula minat konsumen untuk membeli mobil tersebut. Pasalnya, kecelakaan saat mengendarai mobil bisa terjadi kapan saja dan salah satu yang paling sering terjadi adalah tabrakan.

Hal inilah yang membuat produsen mobil dunia berlomba-lomba untuk memberikan produk yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada penggunanya. Tak hanya berfokus pada interior dan dapur pacu, seluruh pabrikan otomotif juga menyematkan berbagai fitur keamanan dan keselamatan di mobil buatannya.

Selain itu, sebelum resmi dirilis di pasaran, para produsen mobil selalu melakukan berbagai tes untuk menjamin kesempurnaan segala aspek yang ada pada produknya, yang tak mungkin terlewatkan adalah crash test mobil. Crash test mobil adalah uji tabrak yang dilakukan pada mobil untuk menilai tingkat keamanan dan keselamatan bagi penumpang di dalamnya.

Seluruh varian dari berbagai produsen mobil dunia harus melalui crash test mobil yang dilakukan oleh New Car Assessment Programme atau biasa disingkat NCAP. Hasil crash test mobil yang diuji oleh lembaga yang bertugas memberi penilaian tingkat keamanan dan keselamatan mobil ini akan dipublikasikan agar semua orang dapat melihat dan mempertimbangkan mobil apa yang ingin mereka beli.

Khususnya untuk Indonesia, mobil-mobil yang paling laris di pasaran pun tak lepas dari crash test dan tentu hasilnya dapat kita lihat secara jelas. Penasaran dengan hasilnya?

Yuk, kita lihat hasil crash test mobil-mobil paling laris di Indonesia di bawah ini!

Hasil Crash Test Mobil Suzuki Ertiga

Varian MPV dari Suzuki ini merupakan salah satu mobil yang paling laris di Indonesia. Pada 2016, pihak NCAP bagian Asia Tenggara atau biasa disebut ASEAN NCAP telah melakukan crash test pada mobil satu ini.

Dari hasil crash test bagian depan dan samping, Suzuki Ertiga mendapatkan nilai yang cukup jauh berbeda untuk penumpang dewasa dan anak-anak. Bintang empat diberikan oleh ASEAN NCAP untuk keamanan dan keselamatan penumpang dewasa, sedangkan untuk penumpang anak-anak hanya mendapatkan bintang dua.

Hasil Crash Test Mobil Honda BR-V

Sebagai salah satu mobil paling laris di tanah air, Honda BR-V juga sudah melalui crash test mobil sebelum akhirnya dilepas secara massal. Secara sepintas, mobil berkapasitas lima penumpang ini terlihat gagah, namun apakah hasil crash test-nya sesuai dengan penampilannya?

Ternyata, hasil crash test yang dilakukan oleh ASEAN NCAP pada mobil satu ini pada 2016 lalu menunjukkan hasil yang memuaskan. Tingkat keamanan dan keselamatan penumpang dewasa dan anak-anak sukses meraih bintang empat.

Hasil Crash Test Mobil Daihatsu Xenia

Mobil satu ini sukses menarik hati penggunanya lewat harganya yang terbilang murah dan memiliki kapasitas penumpang yang besar. Selain itu, fitur-fitur keselamatan yang disematkan di mobil ini juga cukup lengkap.

Maka, tak heran jika hasil crash test yang dilakukan pada 2013 lalu ini bisa dibilang baik. Daihatsu Xenia memperoleh bintang empat untuk keamanan dan keselamatan penumpang dewasa dan bintang tiga untuk penumpang anak-anak.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Hasil Crash Test Mobil Toyota Avanza

Bisa dibilang, Toyota Avanza adalah salah satu mobil keluaran Toyota dengan nilai penjualan tertinggi di Indonesia. Banyak faktor di balik kesuksesan mobil MPV satu ini merajai pasar mobil di tanah air selama bertahun-tahun, salah satunya adalah faktor keamanan dan keselamatannya.

Toyota Avanza memperoleh nilai yang sama seperti saudara kembarnya, Daihatsu Xenia, pada crash test yang dilakukan pada tahun yang sama pula. Mobil berkapasitas 8 penumpang ini sukses meraih bintang empat untuk penumpang dewasa dan tiga untuk penumpang anak-anak dalam hal keamanan dan keselamatan.

 

Hasil crash test di atas bisa jadi acuan Anda untuk membeli mobil yang memiliki tingkat keamanan dan keselamatan yang baik sesuai dengan standar NCAP. Atau mungkin, salah satu mobil di atas merupakan mobil milik Anda?

Comments are closed.