Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion, Mana Lebih Unggul?

Mobil

Persaingan mobil berjenis city car di Indonesia saat ini terpusat pada Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion. Tentu, kedua mobil berkapasitas lima orang ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tinggal memilih mana yang lebih unggul dari sisi dapur pacu, fitur, serta harga yang ditawarkan.

Persaingan mobil berjenis city car sangatlah sengit. Setiap produsen kendaraan roda empat berlomba-lomba menghadirkan city car berkualitas dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan untuk menunjang pengendara agar dapat berkendara dengan nyaman dan aman.

Dari sekian banyak jenis city car yang ada di Indonesia, rasanya persaingan ketat justru tertuju pada duo pabrikan asal Jepang, yakni Honda dan Daihatsu. Kedua produsen otomotif ini mempunyai mobil berjenis city car yang terbilang paling laris di pasaran tanah air.

Honda dengan bangga memperkenalkan All New Brio pada publik. Tak mau kalah, Daihatsu pun merilis All New Sirion. Keduanya memiliki peningkatan di berbagai sisi, baik eksterior, interior, dan dapur pacu. Lalu, mana yang lebih baik dari kedua city car asal negeri matahari terbit ini?

[quads id=1]

Simak ulasannya Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion di bawah ini!

Mesin

Mesin merupakan sisi yang paling dilihat oleh para pengguna mobil. Semakin canggih dan bertenaga mesin sebuah mobil, semakin besar pula minat orang terhadap mobil tersebut. Mari kita mulai dari Honda All New Brio, untuk mengulas Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion. Mobil ini ternyata masih menggunakan teknologi dan kapasitas yang sama seperti yang sebelumnya, yakni 4-silinder 1,2 liter i-VTEC berdaya 90 Nm dan torsi 110 Nm.

Untuk urusan mesin, Daihatsu All New Sirion menghadirkan mesin 4-silinder 1,3 liter dual VVT-i bertenaga 95 dan dengan torsi 120 Nm yang sedikit lebih unggul dari All New Brio. Sayangnya, All New Sirion masih menggunakan transmisi otomatis 4 gigi konvensional, sedangkan All New Brio sudah menggunakan transmisi CVT yang halus tanpa jeda perpindahan gigi. Hal ini yang membuat city car keluaran Honda lebih irit dari sang pesaing utama.

Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion

Sumber foto: Honda Indonesia

Dimensi Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion

Dari segi dimensi, Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion, Honda All New Brio terbaru hadir dengan dimensi yang lebih panjang dan jarak sumbu roda yang juga dilebarkan. Hal ini membuat kabin jadi makin lega dibanding keluaran terdahulu. Ada pun ukuran All New Brio sekarang adalah 3.815 x 1.680 x 1.485 mm (PxLxT) dengan jarak sumbu rodanya sebesar 2.405 mm. Tapi, perluasan dimensi ini nyatanya tak bisa membuat All New Brio menang atas All New Sirion.

City car rilisan Daihatsu ini memiliki ukuran 3.895 x 1.735 x 1.525 mm dengan jarak antar poros roda 2.500 mm. Hal ini membuat All New Sirion masih menjadi juara dalam urusan dimensi interior mobil.

[quads id=4]

Fitur Interior dan Eksterior Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion

Dari segi kelengkapan eksterior, All New Brio hanya dibekali lampu halogen dengan LED positioning light guide dan lampu kabut. Kali ini Honda harus kembali mengakui keunggulan All New Sirion yang sudah sepenuhnya memiliki LED yang bisa diatur secara manual tinggi dan rendah sorotan lampunya serta terdapat fitur follow me home.

Keunggulan lainnya yang ada pada All New Sirion adalah wiper yang sudah didukung sensor otomatis. Tapi, terdapat kesamaan antara All New Brio dan All New Sirion, yaitu keduanya menggunakan pelek 15 inci, lampu sein yang terintegrasi pada spion, dan spoiler belakang yang menyatu dengan lampu rem.

Sedangkan pada fitur interior, dua city car ini sama-sama menampilkan tema sporty dengan dominasi warna hitam. Kursi yang masih dibungkus kain serta setir dan tuas transmisi yang berbalut bahan kulit seperti seri sebelumnya. Pada sektor hiburan, disematkan layar sentuh sebesar 6,1 inci untuk All New Brio dan 6,2 inci untuk All New Sirion. Penyejuk udara dari kedua mobil ini pun sudah menerapkan sistem digital. Tapi, satu hal yang jadi keunggulan All New Sirion yang tidak dimiliki oleh sang kompetitor adalah tombol start untuk menyalakan mesin tanpa perlu anak kunci.

Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion

Sumber foto: Daihatsu

Keamanan Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion

Dari faktor keamanan, lagi-lagi All New Brio harus mengakui keunggulan All New Sirion. Mobil ini memiliki 4 kantung udara, rem dengan teknologi ABS+EBD serta stabilizer pada bagian depan dan belakang. Keunggulan mutlaknya terletak pada vehicle stability control, traction control, kamera parkir mundur dan sensor parkir depan belakang. Sedangkan All New Brio hanya memiliki dual i-SRS airbag, rem berteknologi ABS+EBD, dan kamera parkir mundur.

Harga Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion

Dengan segala keunggulan dan kecanggihannya, All New Sirion dibanderol harga yang cukup tinggi oleh Daihatsu, yaitu di harga Rp194 juta. Sedangkan All New Brio dilabeli dengan harga Rp178 juta. Tapi, dari segi nilai penjualan kembali, tentu All New Brio lebih baik dan stabil dibandingkan dengan All New Sirion.

[quads id=7]

Dari pemaparan Honda All New Brio vs Daihatsu All New Sirion di atas, jelas bahwa All New Sirion lebih unggul di berbagai aspek dari All New Brio. Satu-satunya keunggulan city car rilisan Honda ini adalah teknologi CVT pada mesin yang tak dimiliki oleh sang lawan. Tapi, harga yang dipatok oleh Daihatsu untuk varian city car ini cukup tinggi, sedangkan All New Brio menawarkan harga yang lebih rendah dengan selisih kurang lebih Rp16 juta. Mana yang Anda pilih? Sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki.

Comments are closed.