Info Penting: Ini Rincian Biaya Derek!

Mobil

Mobil mogok di jalan tol, pasti terlintas dipikiran Anda untuk menghubung jasa derek. Yuk, ketahui rincian biaya derek jalan tol.

Bagi para pengemudi mobil harus selalu siap menghadapi risiko di jalanan setiap harinya, apalagi ketika sudah melintas di jalan tol. Terkadang ada saja risiko yang menghampiri, seperti kerusakan komponen meisn, ban kempes, atau hal-hal-hal lainnya yang membuat susah dipaksakan untuk berjalan. Kalau sudah terjebak di jalan tol mau bagaimana? Susah pastinya mendapatkan bengkel yang berada di area tersebut. Cara terbaik adalah dengan menghubungi jasa layanan derek jalan tol.

Sebagai konsumen penting untuk mengetahui tarif rincian biaya derek, ini bertujuan agar tidak sampai tertipu. Tarif derek jalan tol telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 1, tahun 2015 tentang Retribusi dan Retribusi atas Penderekan Atas Permintaan Pemilik Kendaraan. Berikut ini tarif rincian biaya derek Jasa Marga yang perlu Anda ketahui.

Rincian Biaya Derek Mobil Penumpang

Untuk rincian tarif jasa derek mobil sebenarnya sudah ada di Peraturan Daerah (Perda) No. 1 Tahun 2015 mengenai Retribusi dan Penderekan Atas Permintaan Pemilik Kendaraan. Seperti yang tertera di bawah ini.

  1. Mobil sedan, SUV, MPV, dan setipenya akan dikenakan biaya Rp20.000,00 untuk jarak 10 km.
  2. Untuk jarak dereknya dari 10 hingga 20 km tarifnya sebesar Rp35.000,00.
  3. Bila ternyata jaraknya lebih dari 20 km, maka pemilik kendaraan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000,00 per 5 km.

Bahkan ada pihak Jasa Marga juga menyediakan biaya derek gratis, jika jasa dereknya hanya sampai pintu tol terdekat saja. Namun, jika diteruskan akan dikenakan biaya sesuai tarif rincian biaya derek  di atas.

Derek Mobil Transmisi Automatic

Pada mobil dengan transmisi automatic atau matic yang sedang mogok, perlu penanganan khusus untuk menderekanya. Jangan sampai sembarangan, karena salah derek bisa menyebabkan gangguan di komponen transmisi.

Bila ada mobil yang memiliki roda penggerak di bagian belakang, jangan diderek dengan cara diangkat pada bagian depan sehingga roda belakang berputarnya di jalan. Hal ini kalau dibiarkan, roda penggerak malah memutar transmisi. Menurut prosedur seharusnya, mesinlah yang harus memutar transmisi untuk membuat roda bergerak.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Prosedur Derek Mobil Transmisi Automatic

  1. Jangan Sampai Salah Angkat Bodi Mobil

Jika mobil Anda berpenggerak roda depan, maka angkatlah bagian depan mobil. Kemudian usahakan sebisa mungkin agar transmisi tidak bergerak karena roda beputar.

  1. Gunakan Tumpuan

Ada baiknya juga menggunakan roda kecil sebagai tumpuan roda penggerak. Jadi, roda penggerak tidak akan memutar transmisi, mobil pun akan bisa diderek dengan mudah.

  1. Hubungi Pihak Diler

Jika ingin lebih aman lagi, sebaiknya hubungi pihak diler yang memiliki teknisi ahli. Dalam hal ini dealer mobil pastinya lebih aman dan paham bagaimana cara derek mobil matic Anda.

 

So, gak bingung lagi ya kalau memang butuh mobil derek di tol. Anda bisa hubungi pihak Jasa Marga di nomor 14080. Dan kalau dimintai biaya yang tak wajar, jangan sungkan untuk melapor ke Jasa Marga. Sebutkan nama petugas dan nomor polisi mobilnya.

Comments are closed.