Ingin Mengajukan Kredit Mobil Disetujui? Ini Tipnya!

Mobil

Mengajukan kredit mobil sebenarnya tidak sulit. Hanya ada beberapa tahap yang harus dilakukan seperti berikut ini.

Mobil sudah menjadi salah satu alat transportasi pribadi yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Meskipun tergolong jenis kendaraan yang memiliki harga cukup mahal, tetapi banyak masyarakat yang sudah memilikinya. Jika Anda tergolong orang yang memiliki uang banyak, tentu tidak pusing dalam mencari cara untuk mendapatkan mobil tersebut. Namun, berbeda untuk mereka yang berada di perekonomian menengah ke bawah, tentu bisa mendapatkan bantuan dari pihak ketiga untuk memiliki mobil impian. Salah satu fasilitas yang banyak dipilih orang-orang untuk memiliki mobil adalah dengan mengajukan kredit. Fasilitas kredit memang masih menjadi solusi yang banyak dipilih masyarakat untuk mendapatkannya. Ketika Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, tentu ada banyak hal dan juga syarat yang harus dipahami. Sebab, mengajukan kredit mobil tidak semudah dibayangkan dan tidak jarang juga pengajuan tersebut ditolak karena ada persyaratan yang tidak sesuai dengan prosedur. Oleh karena itu, agar pengajuan kredit mobil Anda disetujui, berikut ini tip yang harus Anda ikuti.

Baca juga: Selain DP Mobil dan TDP Apa Saja Istilah Kredit Mobil Lainnya ?

Tip Pengajuan Kredit Mobil Disetujui

Tentukan Tipe Mobil yang Diinginkan

Setiap tahun masing-masing perusahaan mobil berlomba-lomba mengeluarkan tipe mobil baru yang berharap bisa menarik perhatian masyarakat. Mulai dari warna, ukuran, model, dan juga harga yang tentu menjadikan persaingan semakin ketat. Masing-masing perusahaan menawarkan keuntungan tersendiri. Tetapi Anda sebagai calon pembeli jangan terpengaruh dengan hanya keutungannya saja, tetapi juga harus disesuaikan kebutuhan. Menentukan tipe mobil sebelum Anda memutuskan untuk membeli memang suatu hal yang sangat penting, sebab secara tidak langsung hal itu dapat berguna untuk mempersingkat waktu persetujuan kredit.

Pilihlah Mobil Sesuai Anggaran

Apa pun jenis kredit yang ingin dipilih, tentu akan mempengaruhi stabilitas keuangan Anda. Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, pastinya sudah memiliki keyakinan bahwa kondisi keuangan bisa memenuhi semuanya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih mobil yang sesuai dengan anggaran. Sebab hal ini akan berpengaruh pada jumlah DP dan cicilan perbulan yang harus dibayarkan. Jangan sampai Anda mengalami kredit macet, dan jika hal ini terjadi maka kredibilitas Anda akan turun di mata leasing maupun dalam catatan Bank Indonesia. Sehingga akan mempersulit Anda ketika ingin mengajukan pengajuan kredit selanjutnya, karena rekam jejak keuangan Anda sudah negatif.

Baca juga: Tip Membeli Mobil di Bursa Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Menghubungi Diler Mobil Terdekat

Jika Anda memiliki seorang rekan yang bekerja di diler mobil, jangan segan untuk mencari informasi tentang mengajukan kredit mobil darinya. Mulai dari leasing yang terbaik, program cicilan, dan juga promo-promo yang ditawarkan. Namun, jangan terpaku dengan satu diler saja, Anda bisa mencari berbagai diler lain sebagai pertimbangan.

Buat Rekening Pribadi

Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit mobil, ada baiknya Anda membuat sebuah rekening yang sehat. Hal ini disebabkan pihak leasing akan mempercayai semua laporan rekening pribadi yang Anda miliki karena menyangkut 5 C, yaitu character, collateral, capital, condition, capacity yang memang menjadi acuan dasar pemberian kredit. Artinya pemasukan dan pengeluaran dalam rekening Anda harus berimbang dan surplus aktif. Jadi walaupun pemasukan tidak terlalu banyak, secara nominal pemasukan terus meningkat.

Baca juga: Over Kredit Mobil: Ini Keuntungan yang Didapatkan!

Kelengkapan Data Administrasi

Data-data administrasi menjadi hal yang penting untuk Anda pahami. Ada sejumlah dokumen yang harus Anda persiapkan untuk mengajukan kredit mobil, seperti Kartu Keluarga, KTP, Slip Gaji, Rekening Tabungan, Rekening Listrik/Telepon/Pajak Bumi Bangunan, dan dokumen penunjang lainnya sesuai persyaratan lembaga pembiayaan tersebut. Pastikan semua dokumen yang menjadi syarat merupakan data terbaru dan dibuat dengan jujur. Hal ini agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Jika sudah mendapatkan kemudahan dalam mengajukan kredit mobil, tentu jangan disia-siakan. Salah satu gejala yang timbul dan sering orang alami adalah mecetnya dalam membayar tagihan kredit tersebut. Dari awal Anda sudah bertekad untuk mengajukan kredit mobil tentu sudah ada perhitungan yang matang mengenai kondisi keuangan. Oleh karena itu, agar Anda tetap lancar dalam melakukan proses pembayaran kredit, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu merupakan kunci mengatur kredit lancar. Jika Anda terlambat, Anda akan dikenakan denda berupa bunga dan justru akan semakin membebani Anda dan membahayakan dompet Anda. Tentunya itu akan membuat utang semakin besar. Untuk menghindari kemungkinan yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya, sebaiknya Anda mengatur biaya pendidikan, kredit rumah, dan kredit mobil agar secara otomatis terpotong dari tabungan Anda setiap bulannya. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari keterlambatan pembayaran.

Jangan Melampaui Batas Kredit

Saat Anda kredit, perhatikan apakah pinjaman sudah mencapai ambang batas plafon kredit. Jangan memaksakan untuk membuka kredit baru jika pinjaman yang lain belum terselesaikan. Minimal kredit tersebut sudah hampir selesai atau Anda mendapatkan kucuran dana baru sehingga masih bisa mengatasi kredit baru. Untuk menghindari kredit yang melebihi batas, Anda dapat membuat profil tentang besaran kredit yang masih tersisa.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Selalu Pertimbangkan Nilai Kredit

Ketika Anda ingin menambah atau mengurangi plafon kredit Anda, sebaiknya Anda selalu melihat nilai akhir dari kredit Anda. Lakukan pemeriksaan nilai kredit akhir minimal setahun sekali. Sebelum Anda mengajukan kredit yang baru, sebaiknya Anda menyelesaikan kredit Anda yang belum lunas. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko utang yang semakin besar dan menumpuk.

Kenali Syarat dan Ketentuan Kredit

Syarat dan ketentuan dalam sebuah produk tentu berbeda-beda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membaca setiap kontrak kredit sebelum mengajukan permohonan kredit. Pastikan dan periksa terlebih dahulu saat akan melakukan permohonan kredit, khususnya pada tingkat suku bunga. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa administrasi pembayaran maupun hal lain yang berkaitan dengan kredit Anda.

Tetap Berhemat

Kartu kredit dapat menjadi salah satu kekuatan pembayaran Anda. Namun, jangan sampai penggunaan kartu kredit justru berakhir pada utang yang menggunung. Sebaiknya kartu kredit digunakan sesuai dengan kebutuhan saja atau ketika benar-benar terdesak karena dalam kartu kredit, Anda juga akan dikenakan bunga.

Comments are closed.