Ini 3 Brand Mobil China yang Eksis di Indonesia

Mobil

Di jalanan Indonesia banyak sekali pabrikan Eropa hingga Jepang berseliweran. Bahkan, mobil China juga telah mencuri perhatian pasar otomotif Indonesia.

Perkembangan otomotif di Indonesia, telah banyak mengalami perubahan yang beragam. Sekarang di jalanan Indonesia, mudah Anda jumpai mobil-mobil pabrikan China dan salah satu yang mencuri perhatian adalah Wuling. Sejak kemunculannya di Indonesia pada 2015, Wuling membangun pabrik di wilayah Cikarang dengan investasi untuk menembus pasar mobil Indonesia mencapai Rp9 triliun.

Tapi, tidak hanya Wuling saja sebagai pabrikan mobil asal China yang eksis di Indonesia. Masih ada beberapa brand lagi, yang mungkin Anda pernah lihat saat berada di jalanan Indonesia. Yuk, cari tahu bersama!

Geely

Geely sebagai brand mobil China, hadir di Indonesia sejak 2009 dengan beberapa varian untuk city car seperti sedan dan hatchback. Produk-produk keluaran Geely di Indonesia ada tipe MK, MK2, Emgrand EC7, dan LC Panda. Dengan kisaran harga ketiga mobil ini dari Rp90 jutaan hingga Rp145 jutaan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan Geely yang tidak terlalu bagus di Indonesia, bisa dari opini masyarakat akan kualitas atau bisa juga faktor lainnya. Mobil ini vakum dari pasaran pada 2015-2016.

Pada 2010 lalu, Geely diberitakan telah membeli saham Volvo dari Ford. Hal ini yang mendasari mobil Geely mengadopsi teknologi Volvo, ini menjadikan secara kualitas tidak kalah dengan mobil Jepang.

Chery

Tidak hanya Geely sebagai brand mobil China yang menarik perhatian di Indnesia. Ada juga Chery, pabrikan mobil China yang diproduksi yaitu A1, QQ, J1 Eastar, Transcab, Tiggo, dan Transcar. Sejak awal kemunculannya di 2009, penjualannya menembus angka sekitar 400 unit dan mengalami kenaikan di tahun setelahnya. Sebelum mengalami penurunan penjualan pada tahun-tahun berikutnya.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Wuling

Hingga saat ini, Wuling merupakan brand mobil China yang eksistensinya masih terus ada. Sejak debutnya di Indonesia, Wuling telah merilis dua tipe mobil yaitu Cortez dan juga Confero S. Kedua mobil ini bertipe sama yaitu Multi Purpose Vehicle (MPV).

Kalau pada tipe Wuling Cortez diperuntukan untuk segmentasi menengah ke atas, kelasnya juga masih di MPV dengan banderol harganya berkisar di Rp218 juta hingga Rp264 juta. Penampakan dan fitur lebih mewah dari yang dimiliki oleh tipe Confero.

Dari ketiga brand mobil China yang ada di atas ini, sejauh ini hanya Wuling yang masih bertahan dan memiliki penjualan yang baik. Anda bisa menikmati MPV mewah seperti Nissan Serena, Mazda Biante, atau Toyota Alphard. Namun, dengan harga yang bersaing dengan Toyota Avanza.

 

Comments are closed.