Ini Mobil Presiden Indonesia dari Era Soekarno Hingga Joko Widodo

Mobil


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Bukan hanya kinerja dan juga gaya hidupnya saja yang menjadi sorotan, rupanya mobil Presiden Indonesia yang digunakan untuk perjalanan dinas pun menjadi perbincangkan. Lalu, mobil apa saja ya yang penah digunakan sebagai mobil dinas oleh Presiden Indonesia dari era Soekarno hingga Joko Widodo?

Berita mengenai mobil Presiden Indonesia Joko Widodo yang mogok saat menjalankan perjalanan dinas ke Kalimantan Barat ini pernah menjadi sorotan publik. Banyak pernyataan serta asumsi dari masyarakat, mengapa mobil presiden bisa mogok. Rupanya, mobil bermerek Mercedes-Benz S600 keluaran 2007 ini sudah berusia 10 tahun dan dibeli sejak masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga: Daftar Raja Mobil di Indonesia Tahun 2018, Mobil Anda Salah Satunya?

Faktanya, Joko Widodo bukan presiden pertama yang melanjutkan penggunaan mobil dinas dari era kepresidenan pendahulunya. Masih ada nama lain, seperti Presiden RI ketiga BJ Habibie, Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid, dan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri. Mobil Dinas Presiden Indonesia memang selalu menjadi sorotan, baik itu dari era Soekarno hingga Joko Widodo. Bahkan mobil dinas RI 1 ini sering beberapa kali dipajang dalam acara otomotif terbesar di Indonesia. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, merek dan tipe mobil yang pernah digunakan oleh Presiden Indonesia dari era Soekarno hingga Joko Widodo, berikut ini ulasan lengkapnya.

Berikut Beberapa Mobil Presiden Pertama Sampai Sekarang

Era Soekarno

mobil presiden indonesia

Source Photo: wheelsage

Buick-8 Limited Edition keluaran 1939, yang memiliki mesin 8 silinder dengan kapasitas 5.247 cc ini merupakan mobil pertama yang digunakan oleh Sang Proklamator Soekarno setelah menjabat sebagai Presiden RI pertama. Sejarah dari mobil ini terbilang cukup unik karena negara tidak secara sengaja membeli mobil ini, melainkan meminta kepada pemiliknya melalui Ketua Barisan Banteng, Sudiro untuk mempersembahkan mobil tersebut menjadi mobil dinas kepresidenan dan disemati nomor polisi Rep-1. Selain Buick-8 Limited Edition, rupanya ada sejumlah mobil lain sebagai kendaraan dinas kepresidenan Soekarno, yaitu Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan, dan Chrysler Imperial. Mobil Presiden Indonesia era Sukarno kini kerap menghiasi pameran-pameran mobil klasik di Indonesia.

Baca juga: Nama Jalan dengan Nama Pahlawan di Luar Negeri

Era Soeharto

mobil presiden indonesia

Source Photo: Wikimedia

Pengganti Soekorno adalah Soeharto yang tentu Anda masih ingat bahwa beliau telah menjabat sebagai presiden kurang lebih selama 32 tahun lamanya. Jika dilihat dari masa jabatnya, tentu mobil Presiden Indonesia yang digunakan sangatlah banyak, seperti Cadillac DeVille Series 70 Fleetwood Limousine pada 1966 yang memiliki mesin 7.025cc OHV V8 dengan tiga tingkat percepatan otomatis Turbo-Hydramatic 400 dan mampu menghasilkan tenaga puncak 375 hp. Setelah itu, Soeharto menggantinya dengan keluaran generasi kesepuluh dari lini produk yang sama, Cadillac DeVille Series 75 Fleetwood Limousine pada 1971 yang memiliki kapasitas mesin lebih besar menjadi 7.729cc OHV V8, Mercedes-Benz W116 Barong keluaran 1975, Mercedes-Benz W126 Eagle 500SEL keluaran 1987, Mercedes-Benz W140 S600, hingga Mercedes-Benz G-Klasse. (Baca juga: Pecinta Otomotif Tunggu Kehadiran Ford Indonesia Kembali)

Era BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, dan Megawati Soekarnoputri

mobil presiden indonesia

Source Photo: themostbeautifulworld.com

Seperti yang diketahui bahwa masa pemerintahan Presiden RI ketiga hingga kelima ini, Indonesia sedang dalam masa pemulihan pascakrisis moneter 1998 sehingga memilih untuk tidak menghamburkan uang hanya demi mengganti tunggangan kepresidenan. Ketiga Presiden tersebut, yaitu Presiden RI ketiga BJ Habibie (1998-1999), Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid (1999-2001) dan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri (2001-2004) sama-sama menggunakan mobil Mercedes-Benz W140 S600 yang ditinggalkan dari masa pemerintahan Soeharto. Pasalnya, mobil tersebut sudah sangat canggih di masanya karena telah dilengkapi fitur keamanan standar pemimpin dunia, yakni kaca dan bodi antipeluru.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Era Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo

mobil presiden indonesia

Source Photo: bringtrailer.com

Rupanya, di awal masa jabatannya, Presiden RI keenam Yudhoyono ini sempat merasakan pula mobil Mercedes-Benz W140 S600 yang diwarisi dari masa pemerintahan Soeharto. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena pada 2008 telah terjadi pergantian mobil kepresidenan dengan mendatangkan Mercedes-Benz W2111 S600 Guard yang sudah memiliki standar keamanan Eropa B6/B7 yang artinya mampu menahan proyektil senjata api berukuran kecil standar militer. Bukan hanya itu mobil ini juga mampu memberikan perlindungan dari serpihan ledakan granat dan sejumlah bahan ledak lain. Mobil Mercedes-Benz W2111 S600 Guard ini lah yang masih terus digunakan oleh Presiden RI ketujuh Joko Widodo, meskipun beberapa waktu terakhir kerap mogok saat digunakan dalam perjalanan dinasnya ke beberapa daerah di Indonesia.

Comments are closed.