Ini Penanda Kondisi Mobil Sudah Tidak Prima

Mobil


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Jangan asal pilih. Meskipun Anda membeli mobil bekas, pastikan semua kondisi mobilnya masih dalam keadaan bagus ya. Jika mobil ada beberapa komponen masuk ke dalam kondisi mobil sudah tidak prima, pikirkan kembali untuk membelinya.

Salah satu risiko jika Anda membeli mobil bekas, yaitu kondisi mobil yang sudah tidak prima. Baik itu dari segi mesin, bodi mobil, interior, dan sebagainya. Kadang, hal itulah yang dijadikan sebagai alasan seseorang untuk menjual mobilnya. Namun, membeli mobil bekas masih menjadi salah satu yang banyak dipilih oleh masyarakat dikarenakan harga yang terlampau lebih murah dibandingkan mobil baru.

Jika memang Anda tertarik untuk membeli mobil bekas, pastikan Anda harus mengecek kondisi mobil tersebut. Bukan berarti semua mobil bekas memiliki performa yang jelek. Sebab, tidak semua orang menjual mobilnya dikarenakan kondisi yang sudah tidak bagus, seperti ingin mengganti mobil yang lebih memiliki kabin lebih besar atau sedang mengincar mobil seri terbaru.

Nah, agar Anda tidak merasa tertipu karena mendapatkan mobil yang kondisinya sudah tidak prima, berikut ini beberapa petanda kondisi mobil sudah tidak prima yang harus Anda cek sebelum membeli mobil.

Performa Mesin Kurang Maksimal

Salah satu tanda kondisi mobil sudah tidak perima, yaitu performa mesin menurun ketika mobil tersebut dijalankan. Hal tersebut bisa diketahui dari suara yang tidak seperti biasanya ketika mobil dinyalakan, akselerasi mobil tidak bertenaga, dan juga laju kendaraan kurang. Perfoma mesin merupakan salah satu alasan penting yang harus Anda pertimbangkan di saat membeli mobil bekas. Jika dari kondisi mesinnya saja sudah tidak maksimal, apakah masih pantas mobil tersebut Anda beli?

Selain itu, jika tetap memaksakan untuk membeli mobil dengan perfoma mesin yang kurang maksimal, Anda juga harus memperhitungkan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Jarak Tempuh Melebihi Batas

Tanda kondisi mobil yang sudah tidak prima berikutnya adalah jarak tempuh yang melebihi batas. Untuk hal ini Anda bisa mengeceknya dari kilometer yang dicocokkan dengan buku servis. Apakah mobil tersebut selalu melakukan servis secara rutin atau tidak. Jika kilometer mobil tersebut sudah banyak tetapi selalu melakukan servis secara rutin, Anda tidak perlu khawatir. Itu tandanya mobil tersebut selalu diperlakukan dengan baik oleh pemilik awalnya. Namun, jika sebaliknya Anda harus pertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut.

Oli Mulai Cepat Habis

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jarak tempuh yang melebihi batas akan berpengaruh juga terhadap oli mobil. Performa mesin yang kurang bertenaga dapat diakibatkan karena oli mulai habis. Oleh karena itu, Anda juga harus mengeceknya secara detail mengenai pergantian oli. Apakah oli mobil ini selalu diganti secara berkala atau tidak. Hal ini dilakukan agar mobil tersebut tidak sampai turun mesin yang tentu membahayakan mobil itu sendiri.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Ada Suara Bising

Sebelum membeli, pastinya Anda akan melakukan test drive bukan? Oleh karena itu, Anda jangan sampai melewatkan momen ini untuk benar-benar mengecek kondisi mobil. Sebab, salah satu tanda kondisi mobil sudah tidak prima adalah adanya suara bising atau suara mesin yang tidak normal. Jika memang ketika test drive Anda mendengar suara tersebut, perlu dilakukan pengecekan detail mengenai sumber suara tersebut.

AC Tidak Dingin

AC yang tidak dingin pasti disebabkan ada salah satu komponen mobil yang bermasalah. Dilihat sekilas memang terkesan sepele, tetapi Anda perlu ingat bahwa memperbaiki AC mobil itu tidaklah murah. Meskipun ada beberapa hal yang menyebabkan AC tidak dingin, tetapi Anda harus mempertimbangkan hal ini sebelum membeli mobil.

Itulah lima tanda kondisi mobil yang sudah tidak prima yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai Anda lengah yang mengakibatkan kekecewaan dikemudian hari. Jadi, pastikan kelima tanda itu tidak Anda temukan ketika membeli mobil bekas ya!

Comments are closed.