Ini Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Harus Anda Ketahui

Mobil

Selain pintar mengendarai mobil, Anda juga harus memiliki wawasan jika terjadi masalah pada komponen yang ada di mobil, salah satunya penyebab AC mobil tidak dingin.

Ada berbagai macam penyebab AC mobil tidak dingin, contohnya kondisi freon yang sudah mulai habis, hingga radiator yang tidak pernah dibersihkan. Tentu saja, kondisi AC yang tidak dingin bisa menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Apalagi jika jumlah penumpang di dalam mobil cukup penuh, bisa dibayangkan kondisi di dalam mobil seperti apa jika AC mobil Anda tidak berfungsi dengan maksimal.

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi untuk berkendara ke mana pun, Anda harus mencari berbagai wawasan tentang komponen dan masalah-masalah yang bisa saja terjadi pada mobil. Oleh karena itu, untuk yang belum tahu penyebab AC mobil tidak dingin, berikut ini uraiannya.

[quads id=1]

Freon yang Sudah Mulai Habis

Freon mobil bisa cepat habis jika Anda mengendarai mobil dalam jangka waktu yang sangat lama, misalnya mudik ke kampung halaman yang sepanjang perjalanan AC mobil dihidupkan. Bukan hanya itu saja, freon cepat habis juga bisa disebabkan karena berkendara dengan tidak teratur, misalnya sering menurunkan kaca jendela pada saat menghidupkan AC juga dapat menyebabkan AC tidak awet atau terjadinya kebocoran.

Beberapa kebocoran terkadang ditemukan pada sambungan pipa AC atau pada sealt saft compressor-nya. Jika Anda merasa AC mobil sudah tidak dingin, Anda bisa langsung mengecek freon apakah kondisinya sudah mulai habis atau tidak. Jika pada freon tidak terjadi kesalahan apa pun, maka penyebab AC mobil tidak dingin terdapat pada komponen lain.

Koil Rusak atau Putus

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah apabila spul magnetic clutch terputus. Jika tiba-tiba AC mobil mulai tidak dingin, Anda bisa mengecek kondisi spul atau koil tersebut pada saat menghidupkan mesin. Apabila kompresor AC tidak berputar pada saat mesin hidup, maka bisa jadi AC mobil disebabkan oleh koil.

Radiator yang Kotor

Meskipun tidak terlihat, tetapi nyatanya debu bisa menjadi salah satu masalah yang menyebabkan kondisi mesin. Risikonya, khususnya radiator dan kondensor menjadi kotor sehingga kinerjanya menurun. Kotoran-kotoran yang terdapat di radiator bisa menyebabkan karat dan pembuangan panas menjadi tidak maksimal. Hal ini berdampak pada freon yang dibutuhkan harus lebih tinggi sehingga kinerja kondesor tidak sempurna.

Cooling Fan Bermasalah

Cooling fan tiba-tiba mati atau masih hidup tetapi putarannya sangat lemah bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Sebab, cooling fan yang bermasalah bisa menyebabkan kondensor tidak mampu membuang panas dan tidak berjalan dengan baik. Akhirnya, udara sejuk yang dihasilkan tidak maksimal.

[quads id=4]

Overheat pada Sistem AC

Bila tekanan dalam sistem AC terlalu besar, overheat pada sistem AC bisa saja terjadi. Jika tekanan ini terlalu besar dapat menyebabkan putusnya magnetic clutch atau bisa juga terputusnya arus listrik menuju field coil sehingga body kompresor tidak bisa bekerja dengan maksimal dan AC pun menjadi tidak dingin.

Comments are closed.