Ini Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis

Mobil

Masalah air radiator mobil cepat habis memang memberikan dampak buruk pada performa mobil. Jika masalah ini sedang dialami, berikut ini beberapa penyebab yang harus Anda atasi.

Radiator mobil merupakan salah satu komponen penting yang memiliki fungsi untuk meradiasikan panas dengan air pendingin ke udara disekitarnya sehingga membantu mendinginkan mesin ketika mobil sedang dalam keadaan berjalan. Namun, sama halnya seperti komponen lain, radiator juga dapat mengalami masalah yang pastinya menyebabkan gangguan pada performa mobil.

Mungkin Anda hanya mengetahui jika performa mesin berkurang dikarenakan air radiator yang habis dan salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengisi kembali air sehingga komponen ini berkerja seperti semula. Padahal dibalik itu ada unsur lain yang menyebabkan air radiator cepat habis. Nah, agar wawasan Anda lebih banyak lagi mengenai air radiator, berikut ini penyabab air radiator mobil cepat habis.

Tutup Radiator

Penyebab air radiator mobil cepat habis yang pertama dikarenakan sudah melemahnya air radiator sehingga membuat air tersebut mengalir menuju tabung cadangan lebih cepat dibandingkan biasanya. Hal ini dikarenakan bagian tutup karetnya sudah melemah dan Anda secapatnya harus mengganti dengan yang baru.

Kipas Radiator

Bukan hanya tutup, kipas radiator yang sudah tidak berjalan seperti biasa juga bisa menyebabkan air radiator mobil cepat habis. Penyebab kipas radiator yang melemah bisa dikarenakan carbon brush yang muai habis atau magnet pada cooling fan bergeser dari tempat semestinya.

Water Pump

Nah, untuk poin ini menjadi masalah yang paling sering terjadi. Seringnya air radiator mobil cepat habis dikarenakan water pump yang bocor. Jadi, jika water pump mengalami kebocoran akan menyebabkan penuruan volume air radiator yang cepat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk masalah ini secepatnya Anda perbaiki.

Sirip Radiator

Jika tiba-tiba air radiator mobil cepat habis, coba Anda cek sirip radiator. Apakah bagian tersebut mengalami kebocoran atau tidak. jika iya, tentu Anda harus secara memperbaikinya agar kebocoran bisa dihentikan.

Selang Radiator

Selang radiator yang tidak rapat bisa menyebabkan air radiator mudah keluar dari celah antara selang. Kalau ini terjadi, bisa menyebabkan air radiator mobil cepat habis. Jika hal ini terjadi, langkah mudahnya Anda bisa merapatkan selang pada radiator agar tidak ada lagi celah yang bisa menyebabkan kebocoran.

Sekarang, jika tiba-tiba air radiator mobil cepat habis, Anda sudah tahu penyebabnya kan?

Comments are closed.