Ini Tip Belajar Nyetir Mobil dengan Mudah untuk Wanita

Mobil

Belajar nyetir mobil bukan sesuatu yang sulit, lho. Bila Anda sedang belajar nyetir mobil, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini!

Demi memenuhi kebutuhan transportasi dan kegiatan harian Anda yang begitu dinamis, kini para wanita juga sudah banyak yang mengendarai mobilnya sendiri. Bahkan hampir semua perusahaan mobil memiliki jenis mobil yang pasarnya dikhususkan untuk para wanita.

Belajar nyetir mobil sebenarnya sangat mudah, apalagi semenjak adanya mobil bertransmisi matik yang sangat membantu para wanita. Anda serasa mengendarai mobil mainan yang perbedaannya hanya pada bodi mobil. Nah, untuk para wanita yang berniat ingin belajar nyetir mobil, baik itu bertansmisi manual atau matik, berikut ini tipnya:

[quads id=1]

Beradaptasi dengan Suasana Mengemudi

Banyak orang yang belajar nyetir mobil lebih memilih langsung terjun ke jalan raya. Padahal, hal ini justru bisa menyebabkan Anda trauma karena tidak memiliki dasar yang kuat dalam mengemudi. Daripada hal itu terjadi, lebih baik Anda memahami dulu komponen yang ada pada mobil. Sebagai pemula, hal terpenting adalah beradaptasi dengan suasana mengemudi. Hal ini dikarenakan ketika Anda duduk di kursi pengemudi, tentu rasa dan sensasinya sangat berbeda dibanding Anda duduk di bangku penumpang.

Cara beradaptasi dengan suasana mengemudi, yaitu Anda bisa mencobanya dengan duduk di kursi pengemudi ketika mobil sedang berhenti. Anda bisa mencoba pegang setir dengan membelok-belokkan setir, mencoba pegang transmisi, dan juga komponen lainnya. Pelajari dulu hal-hal dasar seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin mobil, menggunakan lampu sen, lampu jarak dekat dan jauh, menggunakan wiper, dan lain-lain. Kalau mobil Anda manual, ingat baik-baik yang mana posisi pedal kopling, rem, dan gas. Jika Anda sudah memahami semua fungsi-fungsi dasar tersebut, nantinya Anda akan lebih nyaman saat sudah benar-benar berkendara di jalanan.

Minta Dampingi dengan Orang yang Sudah Mahir Mengemudi

Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang sudah mahir mengendarai mobil, mintalah bantuannya. Rencanakan waktu luang bersamanya untuk mendampingi Anda ketika sedang belajar nyetir mobil. Biasanya, tempat pertama yang bisa Anda pilih untuk belajar nyetir mobil adalah lapangan sepak bola. Mengapa tempat itu? Karena lapangan sepak bola memiliki lahan yang sangat luas dan juga sepi.

Belajar lah dari tahapan awal, seperti menghidupkan mesin, menginjak kopling, masuk gigi satu, lepas kopling perlahan sambil tekan gas sampai mobil berjalan perlahan. Ingat ya, jangan panik jika mobil tiba-tiba mati. Itu merupakan tahapan yang sangat diwajarkan untuk Anda yang baru belajar nyetir mobil. Jangan patah semangat, terus ulangi hingga lancar. Kalau sudah lancar menghidupkan dan menjalankan mobil, berputar-putarlah di lapangan, cobalah juga untuk mundur, belok kiri, belok kanan, sampai Anda jadi terbiasa.

[quads id=4]

Naikkan Level Wilayah Mengemudi

Jika Anda merasa sudah lancar nyetir di lapangan, Anda bisa mencoba untuk pindah ke tempat lain yang lebih sulit, misalnya jalan komplek, jalan raya yang lebih ramai dengan pengendara lain, atau tanjakan. Untuk tahapan ini tentu dibutuhkan keberanian dan kepercayaan diri agar Anda bisa melewatinya dengan mudah. Ingat ya, jangan panik dan tetap tenang agar semua yang sudah Anda pelajari berjalan dengan lancar.

Selamat belajar nyetir mobil dan semoga langkah-langkah di atas dapat membantu Anda semakin lancar belajar nyetir mobil. Oh ya, kalau Anda yang sudah mahir berkendara, boleh lho berbagi tip juga kepada kami. Tulis komentar Anda di kolom komentar di bawah ya!

Comments are closed.