Inilah Pentingnya Airbag yang Perlu Anda Ketahui!

Mobil

Airbag merupakan fitur keselamatan yang disematkan pada mobil. Tujuannya jelas, yaitu untuk mengurangi risiko cedera yang diakibatkan oleh kecelakaan atau tabrakan mobil. Tapi, ada beberapa hal pentingnya airbag yang harus kita ketahui agar tak lagi timbul keraguan dan kecemasan.

Sebagian besar pengguna mobil berpikir bahwa menggunakan seatbelt atau sabuk pengaman saja sudah cukup untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan atau benturan keras. Jadi, keberadaan airbag pada mobil bukan menjadi acuan utama seseorang membeli kendaraan roda empat. Makanya, tak banyak orang memahami betul betapa pentingnya airbag pada mobil.

Padahal, pada kenyataannya, airbag adalah salah satu fitur keselamatan berkendara yang sangat membantu mencegah benturan keras pada penumpang ketika terjadi kecelakaan serius.

Airbag bekerja ketika terjadi tabrakan keras, kemudian sensor mobil langsung mengirimkan sinyal agar airbag keluar dan mengembang. Airbag akan melindungi bagian vital pada tubuh seperti kepala, leher, dan dada. Tanpa adanya airbag, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt sangatlah berisiko mengalami cedera pada leher dan dada. Bahkan, lebih buruknya lagi, menyebabkan kematian.

Sebagian besar mobil rilisan terbaru sudah terpasang airbag. Tapi, tentunya beda-beda posisinya, ada yang hanya terpasang di bagian depan untuk pengemudi dan penumpang depan, ada pula yang terpasang hingga ke penumpang belakang, yakni di bagian jok depan dan pintu.

Baca juga: Sekarang Cek Pajak Kendaraan Bisa Online

Namun, ada beberapa poin penting yang menunjukkan bahwa airbag sangatlah aman saat mengembang akibat kecelakaan atau tabrakan.

Simak Beberapa Pentingnya Airbag

Airbag Tak Menghalangi Pernapasan Penumpang

Saat terjadi kecelakaan, airbag secara otomatis keluar dan mengembang untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan keras yang berdampak fatal. Tapi, apakah saat airbag mengembang, pernapasan pengemudi dan penumpang yang terlindungi oleh airbag akan terganggu?

Jawabannya adalah tidak. Produsen otomotif sudah memperhitungkan tingkat keamanan dan kenyamanan airbag yang tertanam di mobil buatan mereka. Dilihat dari bahannya, airbag terbuat dari nilon tipis dengan lubang-lubang kecil. Jadi, saat mengembang, pengemudi dan penumpang tidak akan mengalami gangguan pernapasan karena airbag akan mengempis secara perlahan.

Baca juga: Penting untuk Anda Ketahui Cara Melepas Aki Mobil

Nitrogen Pada Airbag Aman Bagi Manusia

Airbag dapat mengembang karena adanya dorongan gas nitrogen yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat melindungi pengendara dan penumpang di dalam mobil. Namun, beberapa saat setelahnya, airbag akan mengempis dengan sendirinya. Artinya, nitrogen akan terlepas dari airbag. Apakah hal tersebut aman jika dihirup oleh manusia?

Sejatinya, kadar gas yang dihirup manusia saat bernapas bukan hanya oksigen, tapi juga nitrogen. Bahkan, jumlah nitrogen yang kita hirup lebih besar jumlahnya jika dibandingkan dengan oksigen, yakni sekitar 78 persen. Jadi, jawaban untuk pertanyaan di atas adalah tentu saja aman.

Baca juga: Pertamax Plus dan Pertamax Turbo, Apa Bedanya?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Asap Pada Airbag Tidaklah Bahaya

Mungkin Anda pernah lihat saat terjadi kecelakaan atau tabrakan, airbag pada mobil mengembang dan mengeluarkan asap yang sangat pekat. Apakah asap tersebut tidak berbahaya bagi pengendara dan penumpang di dalamnya? Lagi-lagi, hal ini tidaklah berbahaya.

Faktanya, asap tersebut bukan merupakan asap yang disebabkan oleh api atau sesuatu yang terbakar, melainkan tepung jagung atau bedak talkum. Tepung atau bedak ini sengaja ditaburkan di dalam airbag untuk mencegah kelengketan airbag saat terlipat. Justru, jika tidak diberi tepung atau bedak, risikonya airbag tak dapat keluar dan mengembang. Hal ini malah lebih membahayakan, bukan?

Kini, kita sudah mengetahui hal-hal penting yang menjelaskan bahwa airbag sangatlah aman bagi untuk Anda. Jadi, tak perlu lagi khawatir dan mulailah peduli terhadap keberadaan airbag saat ingin membeli mobil!

Comments are closed.