Spesifikasi Lengkap Kijang Innova Reborn yang Terus Bermetamorfosa

Mobil

Selama hampir 40 tahun Toyota Kijang setia menemani keluarga Indonesia, Innova Reborn menjadi penerus yang peningkatan kualitas terbaru.

Jika Anda diminta untuk menyebutkan salah satu jenis mobil yang legendaris di Indonesia, pasti yang akan terbesit di benak Anda adalah Toyota Kijang. Ya, mobil ini termasuk salah satu mobil legendaris, karena usianya sudah mencapai 40 tahun. Selama itu, tipe mobil ini terus berkembang dan bermetamorfosa menjadi lebih baik lagi dan terbukti semenjak kemunculannya, mobil ini selalu diminati dan dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia.

Selama hampir 40 tahun Toyota Kijang setia menemani keluarga Indonesia. Mulai dari generasi Kijang kotak yang pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 1970-an silam, lalu ada generasi Kijang Super, Kijang Grand Extra, Kijang kapsul, hingga kini sampai generasi Toyota Kijang Innova, mobil varian multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota itu selalu menjadi primadona keluarga Indonesia.

Tinggalkan jenis Kijang terdahulu dan kini lebih fokus mengasah dan mengembangkan Kijang Innova. Semenjak peluncurannya pada 2013 lalu yang hanya memberikan sedikit variasi, kini New Kijang Innova generasi terbaru atau yang dijuluki sebagai Innova Reborn kembali memberikan angin segar dengan berbagai variasi yang dibawanya. Ingin tahu spesifikasi lengkap dari Kijang Innova Reborn? Ini ulasannya!

Tampilan Eksterior yang Semakin Mewah

Untuk bagian luar, tampak sekali memang mobil ini mengalami perubahan yang cukup signifikan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, konsep dari mobil ini mengusung basis konsep seperti upgrade yang terjadi pada 2013 silam, hanya saja terdapat berberapa sentuhan baru di masing-masing sudut. Misalnya, lampu utama pada New Kijang Innova ini tampak lebih modern dan berkelas lewat penempatan lampu heksagonal multireflektor yang lebih tajam. Sudut lainnya, yaitu front grill yang dibentuk dengan cukup besar dan dipadukan dengan frame bertingkat beraksen krom.

Beralih ke bagian bumper, untuk bumper depan, dirancang sejalur dengan lampu kabut yang berbentuk sangat minimalis dan bumper belakang yang dirancang lebih sporty lengkap dengan tambahan spoiler. Banyak yang mengatakan bahwa bagian ini termasuk salah satu yang difavoritkan oleh masyarkat. Selain itu, untuk bagian bodi belakang New Toyota Innova kini tampil lebih modern berkat stoplamp rear combination dan diberi sentuhan ornamen eksklusif seperti New Back Door Garnish Panel. Sedikit perbedaan antara New Toyota Innova dengan versi lamanya adalah bentuk lampu utama yang dibuat masuk ke bagian dalam pintu belakang serta ukurannya yang kini lebih besar. Secara umum, spesifikasi New Toyota Innova pada bagian sisi eksterior kali ini memang tampak lebih mewah dan elegan.

Interior yang Memberikan Kenyamanan Terbaik

Keunggulan dari New Toyota Innova generasi terbaru ini bukan hanya terlihat dari eksteriornya saja, tetapi juga bisa dirasakan dari sisi interior. Kijang Innova versi terbaru ini juga menghadirkan aura yang lebih baik di bagian kabin. Misalnya, untuk bagian dashboard, mobil ini diaplikasikan dalam bentuk futuristik dengan aksen kayu untuk menguatkan kesan eksklusif.

Pada bagian depannya dirancang cukup minimalis dengan akses setiap panel instrumen yang mudah dijangkau, baik untuk panel hiburan maupun yang lainnya. Hal tersebut bisa kita lihat dari material yang digunakan untuk interior New Toyota Innova yang terbilang sangat bagus. Bukan hanya itu penataan panel pada ruang kabin New Toyota Innova pun sangat atraktif sehingga menguatkan kesan mewah. Contohnya adalah penempatan panel instrumen serta kabin yang dodominasi warna krem yang mampu menawarkan sisi estetika dengan maksimal.

Setelah membahas dashboard, kini beralih ke bagian interior lainnya, seperti setir kemudi dan arm rest driver diberi aksen ornamen kayu yang terlihat mewah laiknya mobil premium, seluruh kursi penumpang yang sudah dilengkapi dengan seatbelt, dan terdapat argo Net dan Lugagge Tray yang bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bagasi. meskipun hanya untuk tipe mobil tertentu saja.

Mesin Bensin dan Diesel yang Semakin Bertenaga

Kini, saatnya membahas kecanggihan mesin yang dimiliki oleh mobil Kijang Innova reborn ini. Untuk generasi terbaru ini, Toyota menghadirkan dua pilihan tipe mesin, yakni mesin bensin 2.0L serta mesin diesel 2.4L. Untuk versi bensin, mobil ini dibekali dengan mesin tipe 4 silinder segaris, 16 Katup, DOHC, VVT-i. Mesin berkapasitas 1998 cc tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 136 Ps pada 5.600 rpm dan torsi maksimal sebesar 18,6 Kgm pada 4.000 rpm. Untuk segmen MPV bermesin bensin 2.0L, power yang dihasilkan oleh New Toyota Innova ini merupakan salah satu yang paling besar di kelasnya. Jadi tak heran jika New Toyota Innova versi terbaru ini memiliki mesin bensin sangat digemari konsumen, baik yang tinggal di kota besar maupun di daerah.

Sementara itu, untuk New Toyota Innova versi kedua dibekali dengan mesin diesel tipe 4 Silinder Segaris, 16 Katup, DOHC, VVT-i berkapasitas 2494 cc. Mesin tersebut merupakan mesin D-4D yang sering kita dengar sebagai jenis atau seri mesin diesel Direct Injection, 4-langkah. Mesin tersebut menggunakan sistem suplai bahan bakar jenis common rail diesel, berbeda dengan versi diesel yang menggunakan EFI. Jenis mesin common rail pada Toyota Kijang Innova ini merupakan generasi ke dua yang di miliki Toyota dengan salah satu ciri secara umum adalah memiliki tekanan bahan bakar yang berada di common rail sangat tinggi, sehingga suplai sangat terkontrol. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 102 Ps pada 3.600 rpm dan torsi sebesar 26,5 Kgm pada 2600 rpm.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Dari kedua mesin yang disematkan pada masing-masing varian Toyota Innova tersebut sama-sama mampu menghasilkan tenaga yang sangat powerful dengan konsumsi BBM yang cukup efisien. Untuk masing-masing tipenya pun Toyota juga sudah menggunakan sistem Electric Power Steering sehingga akan sangat memudahkan pengemudinya. Terakhir untuk spesifikasi Toyota Innova pada bagian mesin, sistem penggerak yang digunakan adalah 5 percepatan untuk tipe otomatis, serta 4 percepatan untuk varian dengan transmisi manual.

(Sumber foto: https://www.toyota.astra.co.id/product/kijang-innova)

Comments are closed.