Pentingnya Inreyen untuk Mobil dan Motor Baru

Asuransi MobilMobil

Inreyen dapat membantu mesin kendaraan beradaptasi dengan kondisi jalan. Manfaat untuk jangka panjang adalah mesin awet dan tidak mudah bermasalah.

Inreyen mungkin menjadi kata yang cukup tabu bagi masyarakat awam. Namun, buat mereka yang berpengalaman membeli kendaraan, istilah ini cukup akrab ditelinga. Inreyen adalah prosedur mengkondisikan peralatan baru dengan memberinya bean ringan dan secara bertahap ke beban berat.

Baik mobil maupun motor memiliki penyebutan yang sama untuk teknik ini. Di Eropa dan Barat sendiri inreyen lebih dikenal dengan kata break in. Nah, kata inreyen masih menjadi pro dan kontra hingga saat ini. Ada yang mengatakan prosedur ini wajib dilakukan adapula yang beranggapan tidak.

Baca juga: Begini Syarat dan Perhitungan Klaim Asuransi Mobil

Namun, para pakar otomotif beranggapan inreyen adalah hal wajib. Sebab, akitvitas ini dapat membuat usia kendaraan lebih panjang dan juga minimnya kerusakan. Selain inreyen, Anda juga disarankan untuk melindungi kendaraan dari asuransi mobil dan motor. Sebab, ada banyak manfaat jaminan yang diberikan untuk memproteksi kendaraan dan juga diri Anda.

Pentingnya Inreyen untuk Mobil dan Motor Baru

Meski inreyen menyajikan begitu banyak manfaat, faktanya mulai banyak yang meragukan efektivitasnya. Pasalnya, kendaraan-kendaraan baru seringnya sudah dilengkapi berbagai teknologi mumpuni dengan standar keamanan tinggi sehingga proses ini tidak perlu dilakukan.

Namun, sebenarnya proses ini sangat penting, sebab inreyen pada mobil misalnya dapat memberi waktu mesin untuk menyesuaikan dan beroperasi secara merata sesaat baru keluar dari proses produksi, sehingga tidak ada bagian yang berada di bawah tekanan berlebih sejak awal. Sebagian besar pabrikan pun merekomendasikan untuk melakukan inreyen mobil baru, dan Anda dapat menemukan informasi ini di buku manual kendaraan Anda.

Pentingnya Inreyen untuk Motor

Inreyen mesin berfungsi untuk memastikan bahwa keausan mesin awal dijaga agar tetap minimum, memastikan oli mengalir dengan lancar dan merata melalui semua bagian yang bergerak. Proses ini juga memberi ring piston (penghubung antara silinder dan piston) waktu untuk duduk dengan benar, dan memungkinkan waktu engine dan transmisi untuk menyesuaikan satu sama lain.

Saat proses adaptasi ini dilakukan hindari RPM tinggi dalam 1.000 hingga 1.500 mil pertama; maksimum 3.500 RPM adalah standar untuk mesin diesel, naik menjadi 4.500 RPM untuk bensin.

Manfaat Inreyen untuk Mobil dan Motor baru

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda memaksa mobil dan motor baru Anda untuk melalui proses inreyen, berikut diantaranya:

Penghematan Bahan Bakar yang Lebih Baik

Mesin-mesin baru tidak mencapai efisiensi puncak hingga Anda melakukan perjalanan hingga ribuan kilometer, jadi proses inreyen dapat membantu menjaga penghematan bahan bakar.

Performa yang Lebih Baik

Memacu performa mobil baru akan membantu meningkatkan kinerja mesin dalam jangka panjang. Itu karena gesekan terbatas dan bagian-bagiannya seimbang dan bekerja bersama secara efisien, memastikan pengiriman daya yang lebih baik.

Baca juga: Ini Cara Klaim Asuransi Motor yang Benar

Kesehatan Engine Jangka Panjang yang Lebih Baik

Dengan suku cadang yang bekerja sebaik mungkin dan oli mengalir dengan lancar melalui sistem, melakukan inreyen selama 1.000 mil pertama atau lebih memastikan kesehatan engine yang optimal di tahun-tahun mendatang.

Teknik Inreyen Mobil

Jika Anda menginginkan mesin mobil lebih awet pastikan kesehatannya juga optimal. Kemudian mobil dengan aman dalam 1.000 mil pertama untuk membiarkan ban, rem, dan suspensi bekerja serempak. Begini cara melakukan inreyen yang benar pada mobil:

Jangan Dorong Mesin Terlalu Keras

Dalam 1.000 mil pertama, jangan mendorong mesin ke garis merah. Ini dapat membuat banyak tekanan pada ring dan silinder piston, dan dapat memperburuk ketidaksempurnaan produksi. Sebagai patokan, jangan naikkan RPM hingga 4.000 RPM di 1.000 mil pertama. Namun setelah 1000 mill pertama ini Anda bisa menaikkan RPM secara bertahap.

Ganti Gigi dengan RPM Rendah

Teknik Inreyen Mobil

Prosedur pengkondisian peralatan baru memungkinkan waktu untuk engine dan transmisi menyesuaikan satu sama lain, jadi mengganti gigi dengan RPM rendah akan menghindari keausan. Ini juga dapat membantu menghemat bahan bakar, sehingga mengganti gigi dengan putaran rendah merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan.

Banyak mobil baru memiliki fungsi ‘ganti naik / turun’, yang meminta Anda kapan harus mengganti gigi untuk memaksimalkan MPG. Sebaiknya patuhi ini dalam 1.000 mil pertama sebagai indikator yang baik dari RPM aman untuk mengganti gigi.

Jangan Menekan Akselerator

Teknik Inreyen Mobil

Meski tergoda untuk menginjak akselerator ketika Anda mengendarai mobil dijalan raya, ini dapat membuat banyak tekanan pada oli engine, ring piston, dan silinder. Terlebih lagi, akselerasi agresif ketika mobil dingin dapat berbahaya.Dalam 1.000 mil pertama, akselerasi dengan lembut dan garap gigi dengan cepat, sebelum RPM  terlalu tinggi. Ini akan memastikan kinerja mesin yang mulus sambil mendorong transmisi masuk.

Hindari Perjalanan Singkat yang Tidak Memberi Waktu Mesin untuk Pemanasan

Baik menuju ke toko-toko lokal atau mengantar anak-anak ke sekolah, perjalanan singkat seperti ini tidak ideal untuk mobil baru. Mesin dingin harus bekerja lebih keras, membuat banyak tekanan pada siklus pengiriman oli, jadi rencanakanlah perjalanan yang lebih panjang yang membuat mesin hangat.

Hindari Beban Terlalu Berat & Ubah Gaya Mengemudi

Muatan berat tidak bagus untuk mesin baru baik mobil maupun motor. Beban memang menambah ketegangan pada engine dalam kondisi berkendara normal, tetapi dapat sangat merusak mobil baru yang belum pernah rusak.Ban, rem, dan suspensi memerlukan waktu untuk tidur juga. Mobil juga tidak bisa langsung beradaptasi dengan kondisi jalan ketika keluar dari pabrikan, diperlukan pendekatan yang hati-hati untuk memaksimalkan keselamatan.

Untuk sekitar 200 mil pertama, ban tidak menawarkan tingkat cengkeraman yang maksimal. Itu karena ban masih terlindung pelumas yang diterapkan selama proses pembuatan, dan yang membutuhkan beberapa ratus mil untuk sepenuhnya luntur.Rem juga perlu waktu untuk menyesuaikan, karena bantalan dan cakram mulai bekerja bersama dan mengembangkan titik gesekan, yang memastikan kinerja penghentian yang mulus dan mudah.

Baca juga: Kerugian Akibat Grill Mobil Rusak

Ubahlah gaya mengemudi Anda yang tergesa-gesa, pastikan tidak menambah kecepatan sebelum menaikkan gigi, atau tiba-tiba menarik gas sangat tinggi. Karena kebiasaan ini dapat membuat kendaraan mudah rusak.

Itulah tekni inreyen mobil yang baik dan benar. Pastikan Anda selalu melakukan proses ini ketika memiliki kendaraan baru untuk memastikan mesin berusia panjang.

Comments are closed.