Kenali Istilah yang Sering Muncul di Kompetisi Balap Mobil!

Mobil

Kompetisi balap mobil merupakan salah satu cabang olahraga dan hiburan yang diminati oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain menikmati aksi para pembalap, alangkah perlunya Anda mengenal istilah-istilah yang sering diucapkan dalam kompetisi balap mobil!

Bila Anda rutin menyaksikan kompetisi balap mobil, baik yang resmi ataupun street race, tentu Anda sering mendengar istilah-istilah yang dilontarkan oleh komentator balap. Istilah ini merupakan istilah yang umum digunakan di kompetisi balap mobil untuk menggambarkan situasi dan kondisi saat balapan berlangsung.

Tapi, meski sering mendengar, mungkin Anda tidak mengerti atau tidak tahu arti dari istilah yang diucapkan oleh komentator pada kompetisi balap mobil.

Berikut Beberapa Istilah Dalam Kompetisi Balap Mobil!

[quads id=1]

Late Braking

Istilah satu ini cukup populer di dalam kompetisi balap mobil, baik di skala nasional maupun internasional. Pengertian dari late braking sendiri adalah teknik untuk mendahului lawan balap dengan cara mengerem lebih lambat daripada pembalap yang akan didahului. Trik ini lazim digunakan para pembalap ketika akan menyalip.

Late braking digunakan ketika akan menyalip lawan di tikungan. Dibutuhkan hitungan yang matang ketika ingin melancarkan teknik ini. Maka, tak heran ketika balapan memasuki ke daerah tikungan dan terjadi aksi saling salip antar pembalap, komentator menyebutkan istilah ini. (Baca juga: Pecinta Otomotif Tunggu Kehadiran Ford Indonesia Kembali)

Slipstream

Selanjutnya, istilah slipstream acap kali muncul dalam kompetisi balap mobil. Arti dari istilah slipstream adalah mengikuti pembalap lain yang berada satu baris dan garis di depannya dengan memanfaatkan aliran udara di sekitar untuk mendapatkan momentum untuk menyalip lawan.

Pembalap yang akan menyalip membangun momentum untuk bisa menyusul di area bertekanan angin rendah di belakang pebalap yang akan disalip. Semakin rendah tekanan anginnya, semakin diuntungkan pebalap yang ingin menyalip. Istilah slipstream biasanya sering didengar bersautan dengan istilah late braking.

[quads id=4]

Rolling Speed

Istilah ini sudah tak asing di kompetisi balap mobil. Rolling speed adalah teknik menggantung gas saat menikung dalam kecepatan tinggi. Teknik ini bertujuan agar tenaga mesin mobil tidak melemah atau turun saat menikung. Jadi, mobil tetap bisa meluncur dengan kecepatan tinggi di tikungan.

Jadi, jika Anda mendengar istilah rolling speed saat menyaksikan kompetisi balap mobil, artinya pembalap sedang menggantung gas seperti yang dijelaskan di atas.

Engine Brake

Satu lagi istilah yang sering muncul di kompetisi balap mobil. Engine break namanya. Istilah ini menunjukkan bahwa pembalap sedang mengendurkan gas dan menurunkan gigi transmisi ke posisi yang lebih rendah, misalnya dari gigi empat ke tiga, tanpa digas kembali. Artian lain engine brake juga bisa diartikan sebagai pengereman laju kendaraan yang terjadi akibat hambatan pada putaran mesin mobil.

Semua istilah di atas ini biasanya muncul ketika komentator kompetisi balap mobil melihat ada salah satu pembalap yang terlihat seperti melakukan pengereman yang terjadi bukan saat mobil menikung.

[quads id=7]

Overtaking

Di antara semua istilah yang ada pada kompetisi balap mobil, overtaking adalah istilah yang paling terkenal oleh para pecinta balap mobil. Istilah ini menggambarkan kondisi di mana pembalap satu menyalip pembalap lainnya, baik di tikungan ataupun di jalur lurus. (Baca juga: Yuk Kupas Tuntas Tentang Pelanggaran Lalu Lintas)

Overtaking sangat sering diucapkan oleh komentator kompetisi balap mobil karena inilah hal yang terjadi berkali-kali dalam balapan. Bahkan, istilah ini, secara kuantitas, jauh lebih sering dilontarkan dari istilah lainnya pada kompetisi balap mobil.

Itulah istilah yang paling lazim diucapkan pada kompetisi balap mobil. Sekarang, Anda sudah tahu apa arti dari setiap istilahnya. Jadi, tak perlu bingung lagi ketika mendengar istilah tersebut ya!

Comments are closed.