Sejarah Panjang Isuzu Indonesia di Pasar Otomotif

Mobil

Meksipun unggul dalam kendaraan niaga, tetapi keberadaan Isuzu Indonesia mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bagimana kirprahnya di Indonesia?

Siapa yang tidak mengenal brand mobil satu ini. Isuzu merupakan salah satu pemain lama dalam industri otomotif sejak 1937 di Jepang. Sejarah Isuzu sudah ada sejak awal menjadi pengembang mesin diesel terkemuka di tingkat global. Dikarenakan berfokus pada mesin diesel, maka Isuzu unggul dalam kendaraan niaga, seperti truk atau mobil angkutan lainnya.

Sejarah Isuzu Indonesia

Sukses membangun brand dan dikenal di Jepang, Isuzu mulai merambah ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Merek Isuzu mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1960 dengan produknya berupa Isuzu Bison secara impor kemudian dilanjukan dengan Isuzu T series setelah berdirinya agen pemegang merek resmi di Indonesia.

Baca juga: Spesifikasi dan Kelebihan Isuzu Panther

Pada tanggal 3 Mei 1974 didirikan perseroan dengan nama PT. Pantja Motor oleh PT. Pantja Niaga oleh Ir Rustam Darwis yang berkedudukan di Jakarta. Pantja Niaga inilah yang menjadi agen pemegang motor Isuzu di Indonesia. Semenjak tahun 1958, PT Pantja Niaga sudah memegang keagenan untuk kendaraan merek Isuzu untuk Indonesia. Pada tanggal 14 April 2008, melalui RUPS maka diputuskan nama PT Pantja Motor berubah menjadi PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

ragam mobil isuzu indonesia

Saat ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia memiliki dua fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi di Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat sedangkan pabrik keduanya berlokasi di pondok Ungu, Bekasi.

Pada tahun 1991 PT. Astra International Tbk mengakuisisi mayoritas saham PT. Pantja Motor dengan 75% saham yang dibeli melalui PT. Aryaloka Sentana dari PT Unitras Pertama. Di tahun itu juga, Isuzu Indonesia memperkenalkan Isuzu Panther bermesin 2300 cc Diesel Direct Injection.

Jenis-Jenis Mobil Produksi Isuzu

Tidak hanya truk, rupanya Isuzu juga memproduksi berbagai mobil lainnya yang banyak dipilih masyarakat Indonesia mulai dari mobil untuk keluarga hingga mobil yang memiliki kapasitas orang lebih banyak. Mau tahu apa saja mobil keluaran dari Isuzu, berikut ini ulasan selengkapnya.

Mobil Isuzu Panther

Mobil yang akan di baha pertama adalah Isuzu Panther. Mobil dengan tenaga mesin diesel ini memang menjadi salah satu mobil yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia dan menjadi mobil pertama yang dikeluarkan oleh produsen ini. Selain tangguh, Panther juga memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Lalu pada bagian interior juga memiliki kenyamanan yang lebih, maka tidak heran jika setiap varian mobil Isuzu Panther diatas dibanderol dengan harga diatas Rp 200 jutaan per unitnya.

Mobil Isuzu D-Max

ragam mobil isuzu indonesia

Lalu yang kedua ada Mobil Isuzu D-Max. Mobil ini memiliki desain yang mirip dengan mobil Mitsubishi Strada. Isuzu memang sengaja membuat mobil yang satu ini untuk menyaingi beberapa mobil dengan desain serta spesifikasi yang sebanding dikelasnya. Mobil ini hadir dengan 6 varian yang masing-masing varian dibanderol dengan harga mulai dari Rp 290 juta hingga Rp 460 juta. Harga mobil Isuzu yang ditawarkan juga pastinya melihat spesifikasi dan juga fitur modern yang diusung tiap-tiap mobil diatas.

Baca juga: 12 Mobil Offroad Paling Tangguh

Mobil Isuzu Mu-X

Selanjutnya ada salah satu mobil SUV koleksi dari Isuzu yang memiliki nama Isuzu Mu-X. Mobil ini memiliki performa yang sangat angguh karena didukung dengan mesin diesel serta tambahan fitur-fitur modern terkini yang mampu membuat mobil ini dapat melaju dengan kencang baik dijalanan off road dan on road. Bagi kalian yang menginginkan mobil yang satu ini sepertinya harus merogoh kocek yang cukup dalam, karena harga mobil Isuzu Mu-X ini dibanderol dengan harga Rp 442 jutaan.

Mobil Isuzu Pick Up

Berikutnya ada Isuzu Pick Up. Mungkin kita sudah tahu fungsi dari kendaraan yang satu ini. Memiliki desain dengan bak kecil pada bagian belakang memang diperuntukan untuk mengangkut barang-barang dalam jumlah yang cukup banyak. Maka dari itu mobil ini banyak diminati oleh mereka yang memiliki usah dibidang mebel, material dan lain sebagainya yang memang membutuhkan mobil dengan kapasitas angkutan besar. Harga mobil Isuzu model ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 160 jutaan.

Mobil Isuzu Bison

Di posisi kelima ada Isuzu Bison. Mobil ini juga hampir mirip dengan model desain Mitsubishi L300. Dimana mobil jenis memang dibuat untuk menembak sektor pasar mobil khusus angkutan dengan kapasitas cukup besar. Isuzu Bison hadir dengan 3 varian, yakni Bison STD, Flat Bed dan juga Bison Mini Bus. Harga mobil Isuzu Bison ini dibanderol dengan harga Rp 160 juta per unitnya.

Mobil Isuzu Giga

ragam mobil isuzu indonesia

Isuzu Giga adalah kendaraan jenis Truck medim yang dibekali dengan mesin bertenaga tangguh dengan torsi yang tinggi karena diperuntukan untuk mengangkut barang-barang dengan jumlah yang sangat besar. Harga mobil Isuzu Giga ini juga dibanderol dengan harga yang sangat mahal, yakni Rp 800 jutaan untuk harga termahalnya dan Rp 400 juta untuk harga varian termurahnya.

Mobil Isuzu Elf

Dan yang terkahir adalah Isuzu Elf. Mobil ini merupakan jenis mobil angkutan umum yang biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki usaha jasa travel. Isuzu Elf hadir dengan 4 varian yang memiliki spesifikasi sepadan. Harga masing-masing varian tersebut juga cukup terjangkau, yakni diatas Rp 200 juta.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Isuzu MU-X, Tertarik untuk Beli?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah sejarah singkat kiprah Isuzu di pasar Indonesia dan beberapa jenis mobil yang diproduksi dan menjadi salah satu jenis mobil pilihan masyarakat Indonesia. Meksipun hampir semua mobilnya mengedepankan kendaraan niaga, tetapi Isuzu menjadi salah satu produsen mobil terlaris di Indonesia.

Comments are closed.