Trik Berkendara di Jalan Berlubang

Asuransi MobilMobil

Jika Anda tidak dapat menghindari jalan berlubang, setidaknya perlambat kemudi dan lepaskan rem secara perlahan sebelum akhirnya roda jatuh ke dalam lubang. Tekni ini ampun mencegah kerusakan yang lebih parah.

Salah satu momok menakutkan bagi para pengendara mobil adalah menghadapi jalan berlubang. Lantaran kondisi jalan seperti ini dapat membawa kerusakan parah pada mobil, bahkan ketika lubang jalan berdiameter kecil. Karena itu sebisa mungkin jalan berlubang akan mereka hindari.

Ketika ban melewatu jalan berluban, sebagian besar gaya yang diberikan pada suspensi diarahkan ke atas karena bagian bawah ban yang menyentuh jalan. Semakin tinggi dampak ban, semakin besar kekuatan yang mendorong ban ke atas dan belakang.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas?

Saat sebuah roda menabrak lubang, ia jatuh ke dalam lubang dan harus meluncur keluar. Kerusakannya hampir tidak pernah disebabkan oleh roda yang memasuki lubang, melainkan dampaknya saat keluar. Hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas ban.

Selain menjaga kondisi mobil dari si pemiliknya, tidak ada salahnya juga Anda melindungi mobil kesayangan risiko buruk yang bisa saja terjadi. Perlidungan yang dianjurkan adalah asuransi mobil yang hingga kini terbukti bisa meminimalisirkan kerugian akibat terjadi hal-hal buruk.

Sebab, manfaat dari asuransi mobil yang banyak, tentu memberikan rasa nyaman Anda ketika sedang berkendara.

Jenis-Jenis Kerusakan Mobil Akibat Melalui Jalan Berlubang

keruskan mobil akibat jalan berlubang

Jumlah kerusakan mobil saat melintasi jalan berlubang sebenarnya tergantung pada diameter ban, kedalaman dan panjang lubang, dan kecepatan kendaraan. Semakin kecil diameter roda, semakin parah dampaknya, terutama jika kedalaman lubang sama dengan diameter roda.

Lubang yang lebih panjang menyebabkan kerusakan paling parah, karena pada kecepatan apa pun, ban kemungkinan menjadi bagian yang paling terdampak ketika mobil mencium aspal. Lantas apa saja bagian yang kemungkinan dapat rusak karena jalan berlubang ini?

Kerusakan Ban Luar

Ban luar menjadi garda terdepan ketika kendaraan menghadapi jalan berlubang. Ban menyerap dampak pertama, dan ini dapat merusak struktur interiornya, merobek dinding samping, atau keduanya. Ban yang overinflasi memiliki risiko kerusakan struktural yang lebih besar, sedangkan ban underinflated mungkin pecah ketika terjepit di antara lubang dan roda. Ban dengan teknologi model lama juga rentan rusak karena kurangnya sistem keamanan ban.

Kerusakan Roda

Jika ban tidak menyerap seluruh dampak kerusakan maka roda akan menanggung akibatnya. Ini biasa berarti rodak menekuk, retak, atau pecah . Sayangnya sulit untuk memperbaiki roda yang rusak, sehingga lebih sering harus diganti dengan roda baru tentu saja ini harus juga termasuk penggantikan velg.

Suspensi

Ketika roda jatuh ke dalam lubang, mesin mendorong bagian suspensi, yang dimaksudkan untuk bergerak naik dan turun. Jika ada kekuatan horizontal yang cukup, bagian-bagian suspensi (seperti lengan suspensi) serta hubungan kemudi (atau batang pengikat) dapat rusak dan roda-roda terjatuh tidak sejajar.  Jika roda tidak diluruskan kembali, ban bisa aus dengan cepat dan mengemudi mungkin terasa tidak nyaman.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Tekanan Ban Mobil

Peredam Kejut Rusak

Sebenarnya peredam kejut jarang sekali rusak, namun bisa terjadi jika mobil sering dikemudikan di jalanan yang buruk. Ada cara untuk mengetahui apakah peredam kejut mencapai akhir masa pakainya. Minyak yang bocor dari peredam kejut adalah pertanda buruk, tetapi itu tidak berarti minyak perlu diganti. Namun, bisa juga kerusakan terjadi tanpa ada tanda-tanda.

Trik Berkendara di Jalan Berlubang

Melihat dampaknya yang tidak main-main bagi kendaraan Anda. Sudah waktunya Anda mempelajari trik berkendara saat melewati jalan berlubang. Begini triknya:

Hindari Genangan

Genangan air bisa mengindikasikan adanya jalan berlubang dengan diameter cukup dalam. Ketika berkendara sebisa mungkin hindari berbagai genangan, atau upayakan genangan tersebut tidak berada tepat dibawah ban mobil. Anda dapat memperkirakan diameter dan tinggi genangan dari mobil-mobil lain yang telah berhasil melintasi genangan. Pertimbangkan apakah dengan teknik kemudi saat ini dan kualitas ban yang ada, Anda dapat melaluinya. Jika yakin bisa segera lewati lubang, jika tidak Anda bisa putar arah dan mencari alternatif lain.

Trik Berkendara di Jalan Berlubang

Perlambat Laju Mobil

Ketika melintasi jalan berlubang dengan banyak genangan sebaiknya perlambat laju kendaraan. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari kerusakan parah. Memperlambat mobil meningkatkan waktu reaksi Anda ketika Anda melihat bahaya di jalan, dan itu juga kemungkinan akan meningkatkan jarak Anda jika pengemudi di depan Anda bereaksi buruk.Berkendara dalam laju lambat juga dapat mengurangi resiko tubrukan, karena Anda melakukan rem mendadak yang menyebabkan kendara lain dibelakang Anda panik dan banting stir hingga menyebabkan kecelakaan beruntung.

Jaga Tekanan Ban Tetap Stabil

Untuk meminimalkan dampak yang mungkin terjadi pada mobil Anda, pastikan tekanan ban mobil Anda sesuai yang disarankan pabrikan. Ban dengan tekanan rendah kemungkinan tidak mampu menghadapi medan dengan jalan berlubang. Sementara jika tekanan terlalu tinggi berpotensi menyebabkan ban meledak saat berusaha keluar dari lubang. Periksa tekanan ban satu bulan sekali, segera isi tekanan ban kita melihat kondisinya mulai kempis atau ketika proses berkendara Anda sedikit tidak nyaman. Jangan menunda pengisian tekanan ban karena semakin ditunda kerusakan bisa semakin besar.

Pastikan Mengemudi dengan Benar

Ketika melewati medan jalan berlubang persiapkan diri dengan berkendara nyaman, sehingga Anda dapat mempertahankan kekuatan cengkram ban. Jangan sampai lepaskan kemudi karena panik saat ban terjebak di dalam lubang karena berpotensi menyebabkan kecelakaan. Hadapi dengan tenang, minta bantuan pengendara lain dan jika masih khawatir Anda bisa keluar dari mobil dan meminta supir pengganti.

Trik Berkendara di Jalan Berlubang

Cek Kondisi Ban Setelah Melintas Jalas Berlubang

Selain persiapan melintasi jalanan rusak, selepas itu Anda juga kudu melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran ban. Sering terjadi pengendara melintasi jalan yang rusak namun tidak memeriksa kekuatan bannya dan mengalami ban bocor ketika sudah jauh dari lokasi jalanan rusak. Jangan lewati proses pemeriksaan ulang ini yang dapat menyebabkan kerusakan ban yang lebih parah.

Baca juga: Deretan Mobil Paling Irit yang Pernah Mengaspal di Indonesia

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah beberapa trik mudah berkendara di jalan berlubang. Siapkan diri disetiap medan apapun dan selalu fokus serta tenang selama berkendara. Jika tidak yakin dengan medan yang akan dilalui sebaiknya putar arah saja dan cari jalan yang lebih bagus. Fokus dan tenang adalah bekal berkendara selamat sampai tujuan.

Comments are closed.