Jangan Lupa Cek Kondisi Mobil Sebelum Liburan

Mobil

Liburan akhir tahun menggunakan mobil pribadi, penting sekali untuk cek kondisi mobil sebelum liburan.

Merencanakan liburan akhir tahun menggunakan mobil pribadi pastinya akan seru. Menikmati perjalanan bersama orang terdekat, melewati setiap daerahnya, singgah ke restoran untuk mengisi perut, hingga melakukan pengisian bahan bakar. Semua hal tersebut merupakan dari bagian dari perjalanan liburan menggunakan mobil pribadi.

Tapi, penting sekali untuk diingat demi menghindari berbagai risiko di perjalanan liburan menggunakan mobil. Demi menjamin kenyamanan dan keselamatan dalam perjalanan, ada baiknya untuk melakukan berbagai pengecekan terhadap kondisi mobil.

Berikut ini hal yang harus diperhatikan saat cek kondisi mobil sebelum liburan:

Oli Mesin

Hal pertama yang harus diperhatikan saat cek konisi mobil sebelum liburan adalah oli. Anda harus memastikan oli mesin memiliki volume yang cukup, kemudian cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Indikator level oli harus berada di garis antara tanda L dan F. Lebih baik lagi jika masih sedikit di bawah garis level F, jika terasa kurang maka tambahkan secukupnya. Kemudian pastikan batas waktu kilometer pemakaian oli Anda cukup untuk jarak yang akan ditempuh.

Air Radiator

Liburan menggunakan mobil, pastikan juga air radiator di mobil dalam kondisi penuh dan air reservoir berada di batas level yang ditentukan. Periksa juga selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Jika ditemukan selang menggelembung atau retak, sudah harus langsung diganti demi menghindari selang pecah di tengah jalan. Selain itu, pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Filter dan Selang Bensin

Selanjutnya adalah komponen yang berhubungan dengan bahan bakar, dengan memastikan kalau selang bahan bakar tak mengalami keretakan atau kebocoran. Bagi Anda yang sering melakukan servis rutin secara berkala, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Sistem Pendingin AC Mobil

Saat kipas diputar oleh belt, maka periksa kondisi fisik belt-nya secara merata. Bila ditemukan telah retak-retak, sudah selaiknya harus diganti. Kemudian jangan lupa untuk mengecek juga tegangan tension belt agar putaran kipas dapat optimal.

Cara mengecek sistem pendingin mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal dengan memperhatikan jarum pointer penunjuk temperatur.

Coba untuk mengecek di indikator dashboard jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas, tapi kalau dari setengah sebaiknya Anda berhenti lalu tunggu hingga mesin mobil dingin.

Timing Belt

Mengganti timing belt memiliki patokan pada indikator jarak tempuh di speedometer mobil. Patokannya, jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, maka sebaiknya diganti walaupun belum terdapat kerusakan.

Saringan Udara

Saringan udara harus sering dibersihkan secara rutin, sebelum menempuh perjalanan jauh. Hal ini merupakan salah satu cara cek untuk kondisi mobil sebelum liburan. Anda bisa mengganti filter udara dengan berpatok pada jarak tempuh sekitar 10.000 km.

Baterai Aki

Perhatikan juga baut kutub aki lalu bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel. Kemudian periksa level air aki, jika kurang tambahkan dengan air aki murni.

Ban

Berikutnya adalah mengecek kondisi ban baik secara fisik dan juga tekanan bang, untuk tekanan ban normal umumnya sekitar 30-34 psi.

Rem

Untuk rem, yang harus diperhatikan adalah level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, biasanya yang perlu diperiksa adalah kemungkinan adanya kebocoroan. Cara mengeceknya, adalah pada selang kemudian master rem akan memerika apakah ada basah dibagian velg sebagai tanda kebocoran silinder roda. Untuk memastikan sistem rem bisa bekerja dengan baik.

Lampu

Untuk kondisi lampu Anda bisa mengecek semuannya dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Jadi, bila ada lampu yang mati sebaiknya segera diganti.

Wiper

Memastikan wiper dalam kondisi prima, agar kaca mobil bisa berfungsi dengan normal. Ganjal busa diantara wiper dan kaca, agar karet mobil tidak getas dan kaca juga tidak baret.

Comments are closed.