Sekarang Cek Pajak Kendaraan Bisa Online

Mobil

Sekarang cek pajak kendaraan lebih mudah dan praktis, Anda bisa mengetahui berbagai macam informasi wajib pajak kendaraan secara online. Aksesnya bisa melalui website, SMS, maupun aplikasi.

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan bermotor, yang sering mengoperasikannya di jalan darat. Bagaimana dengan jumlahnya? Ada dua faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor nilai dan bobot potensi pencemaran dan kerusakan jalan. Umumnya ini ditimbulkan dari penggunaan kendaraan tersebut.

Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor ini, Anda bisa melihatnya di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Dari sini Anda bisa mencantumkan besaran pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki. Bagaimana jika memiliki lebih dari satu kendaraan bermotor, maka besaran pajak dari masing-masing kendaraan tentunya berbeda. Perhitungannya adalah karena pajak kendaraan bermotor progresif, di mana hitungannya berdasarkan urutan kepemilikan kendaraan baik dari kendaraan yang pertama, kedua, dan seterusnya.

Urutan Kepemilikan Tarif Pajak

Kendaraan Pertama 1,5%
Kendaraan Kedua 2%
Kendaraan Ketiga 2,5%
Kendaraan Keempat dan seterusnya 4%

Syarat Mendaftar Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan harus dibayarkan untuk kepemilikan kendaraan bermotor, yang terdiri dari dua jenis pajak tahunan dan pajak lima tahunan. (Baca juga: Cara Merawat Dashboard Mobil Agar Tetap Bersih dan Awet)

Pajak Kendaraan Tahunan

Untuk pajak kendaraan tahunan merupakan pajak pengesahan STNK tahunan. Anda bisa mengurus langsung pajak ini di kantor Samsat wilayah Anda berada sesuai dengan STNK. Tidak hanya itu, ada cara mudahnya juga dengan mengaksesnya melalui fasilitas online pajak kendaraan bermotor.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Untuk syarat-syarat dokumen yang harus dibawa saat membayar pajak kendaraan bermotor tahunan.

– STNK asli
– KTP asli
– Uang untuk bayar pajak

Catatan: Nama yang tercantum harus sesuai dengan identitas KTP Anda, dan juga harus sama dengan nama yang tercantum di STNK dan BPKB.

Pajak Kendaraan Lima Tahunan

Pada pajak kendaraan lima tahunan ini merupakan pajak pergantian STNK. Pada saat ini juga pelat nomor kendaraan Anda juga harus diganti. Kalau untuk pajak tahunan bisa dibayarkan secara online, nah kalau pajak lima tahunan ini hanya bisa dilakukan di kantor Samsat. Ini wajib, karena nantinya akan ada pemeriksaan fisik kendaraan oleh petugas Samsat.

Persyaratan yang harus dilengkapi di antaranya:

– STNK dan BPKB asli
– KTP asli
– Formulir cek fisik kendaraan, Anda bisa mendapatkannya di kantor Samsat
– Setelah semua kelengkapan telah Anda serahkan ke loket, maka Anda akan menerima slip untuk pembayaran pajak lima tahunan.
– Setelah selesai melakukan pembayaran, maka akan mendapatkan tanda lunas.

Selanjutnya Anda akan diberitahukan informasi kapan Anda bisa mengambil STNK baru. Untuk informasi tanggal pengambilnnya, ditulis di bagian belakang STNK yang lama.

Cek Pajak Kendaraan via Online 2018

Khusus untuk pajak tahunan kendaraan, bisa Anda bayarkan secara online. Untuk cek pajak kendaraan online, bisa Anda akses di situs Samsat daerah Anda. (Baca juga: Tips Persiapan Mobil Untuk Perjalanan Jarak Jauh Saat Mudik)

Pajak tahunan kendaraan bisa Anda bayarkan secara online, yang bisa Anda cek di situs Samsat daerah Anda berada. Lebih mudah dan praktis bukan? Saat Anda mengakses ke situs Samsat ini, akan mendapatkan informasi seperti jumlah pajak yang harus dibayarkan juga dengan jatuh tempo pajak.

Perlu diingat di Indonesia, tidak semua wilayah memiliki layanan e-samsat. Berikut ada beberapa situs Samsat dari berbagai daerah yang tersedia, jadi Anda bisa cek pajak kendaraan sekarang juga.

– DKI Jakarta, http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB.
– Jawa Barat, http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/.
– Jawa Tengah, http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/.
– Jawa Timur, http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.
– Yogyakarta, http://infonjkbdiy.com/.
– Aceh, http://esamsat.acehprov.go.id/.
– Riau, http://dispenda.kepriprov.go.id/Home/InfoPajak.
– Sulawesi Tengah, http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php.

Cara Cek Pajak Online Kendaraan di Wilayah DKI Jakarta

– Kunjungi situs resmi Samsat pkb Jakarta DKI Jakarta, http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB.
– Masukan nomor polisi kendaraan di kolom Nomor Polisi B.
– Masukan nomor identitas diri KTP (Kartu Tanda Penduduk) di kolom NIK.
– Selanjutnya tinggal klik tombol “proses”

Cara Cek Pajak Kendaraan Menggunakan SMS

Cara berikutnya adalah cek pajak kendaraan menggunakan SMS, layanan ini tidak hadir pada semua wilayah Indonesia.

Untuk mengecek pajak menggunakan SMS, memang tidak hadir pada semua wilayah di Indonesia. Bisa dikatakan pendataan kendaraan yang belum terekam semua, wilayah ini lebih mengutamakan penggunaan website dan aplikasi.

Contoh Format untuk SMS wilayah Jawa Barat

Info<spasi>kode pelat kendaraan di Jawa Barat/nomor polisi/kode seri pelat kendaraan<spasi>warna pelat kendaraan, kirim SMS ini ke nomor 08112119211. Kemudian Anda akan menerima balasan berupa rincian kendaraan, dengan besarnya pajak yang harus dibayarkan.

– Untuk kode pelat kendaraan di Jawa Barat terdiri dari B,D,E,F,T,Z.

– Kode seri pelat kendaraan merupakan kombinasi huruf a-z.

– Warna pelat kendaraan terdiri dari warna hitam, kuning, dan merah.

Contoh format SMS:

Info B/7981/hitam

Aplikasi untuk Cek Pajak Kendaraan

Kalau dulu masyarakat DKI Jakarta mengenal nomor 1717 untuk layanan cek pajak melalui SMS, untuk itu sekarang nomor itu sudah tidak berlaku lagi untuk pengecekan pajak.

Sekarang cek pajak kendaraan DKI Jakarta memiliki aplikasinya. Tidak hanya itu, ada juga fitur lainnya seperti pencurian kendaraan bermotor dan masa berlaku STNK. Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store bagi para pengguna smartphone android. Selain itu Anda bisa mengakses pajak online kendaraan bermotor lewat website.

DKI Jakarta sekarang memiliki aplikasi untuk mengecek pajak, pencurian kendaraan bermotor, serta masa berlaku STNK. Aplikasi ini bisa Anda unduh melalui Play Store untuk pengguna Android. Pengguna IOS memang belum bisa mengakses aplikasi ini dan baru bisa mengakses pajak online kendaraan bermotor lewat website.

Aplikasi E-Samsat Pajak Online

Cara cek pajak melalui aplikasi e-samsat juga termasuk mudah.

– Unduh aplikasi tersebut dari HP Anda
– Pilih layanan menu Pajak Kendaraan Bermotor
– Ketik informasi plat nomor kendaraan.

Kemudian akan muncul informasi mengenai ajak kendaraan Anda, beserta jumlah pajak kendaraan dan tanggal jatuh tempo. Untuk pembayaran pajak secara online dengan aplikasi baru ada di DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Anda juga dapat terlindungi dari membeli kendaraan hasil curian dengan surat-surat palsu.

Comments are closed.