Jenis dan Cara Merawat Grill Mobil

Mobil

Jangan asal pilih, ketahui jenis-jenis dan cara merawat grill mobil agar tetap berfungsi dengan baik.

Mungkin masih banyak yang belum tahu semua benda-benda yang terpasang di mobil Anda. Apalagi jika benda tersebut kecil dan jauh dari jangkauan Anda. Namun, sebagai pemilik kendaraan, wajib sekali Anda mengatahui semua benda-benda yang menempel di mobil. Hal ini dilakukan agar saat terjadi kerusakan pada mobil, Anda bisa langsung memberikan pertolongan pertama.

Salah satu benda yang harus Anda ketahui adalah grill mobil. Grill atau yang biasa juga disebut sebagai ventilasi ruang mobil merupakan salah satu aksesori yang bisa menambah estetika mobil Anda. Grill juga tersedia dalam berbagai gaya. Mulai dari gaya yang feminim sampai gaya sporty yang bisa disesuaikan dengan bodi mobil Anda. Selain itu, grill mobil juga tersedia berbagai warna, tetapi warna chrome yang paling favorit dan banyak dipilih orang.

Baca juga: Kenali Montir Mobil yang Baik dan Buruk dengan Cara Ini!

Jika Anda tertarik untuk memambah grill pada mobil Anda, berikut ini ada tiga model grill mobil yang paling banyak dipakai para pecinta modifikasi.

Jenis-jenis Grill Mobil

Grill Jaring

Untuk pria intersport yang suka tampilan mobil balap atau racing look, grill model jaring bisa jadi pilihan yang tepat. Selain pecinta balap, grill model jaring banyak diaplikasikan juga oleh para pecinta modifikasi. Mulai dari grill jaring polos hingga grill jaring yang ada label in-house tuner, seperti Mugen, TRD, Nismo, dan lain-lainnya. Grill model jaring memang banyak dipakai di mobil balap, khususnya rally, karena grill ini memiliki fungsi untuk meminimalisir risiko adanya objek-objek kecil yang terpental dan masuk ke dalam ruang mesin. Selain itu, juga untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik untuk mendinginkan ruang mesin dan radiator. Grill model jaring juga banyak dipilih karena harganya yang cukup terjangkau.

Grill Warna Chrome

Ada beberapa pabrikan mobil yang sudah memberikan aksen chrome pada grill mobil mereka. Tapi, ada juga beberapa pabrikan mobil yang tetap menggunakan warna yang sama dengan warna bodi mobil. Grill dengan warna atau aksen chrome banyak dipakai oleh pabrikan otomotif, karena dapat meningkatkan kesan elegan atau premium pada sebuah mobil. Untuk itu, grill dengan warna chrome masih banyak dicari oleh para pecinta mobil.

Grill Carbon Fiber

Pemilihan grill dari bahan carbon fiber juga jadi banyak incaran para pecinta modifikasi atau pun pecinta balap. Pasalnya, grill dari bahan carbon fiber ini lebih ringan dibanding bahan fiber dan juga jauh lebih kuat. Maka itu, grill ini banyak dimanfaatkan di mobil balap karena kelebihannya tersebut. Harga yang ditawarkan untuk grill dari bahan carbon fiber memang cukup tinggi dibanding grill dari bahan fiber. Untuk mensiasatinya, Anda juga bisa menggunakan grill dengan motif carbon fiber. Umumnya, motif ini didapat dengan teknik water transfer printing atau hydrographics.

Baca juga: Warna Cat Mobil Menentukan Kepribadian Pemilikinya

Cara Merawat Grill Mobil

Siapkan Perlengkapan

Langkah pertama yang haru Anda lakukan adalah menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan, seperti air secukupnya, ember, cairan pembersih (sampo mobil khusus/all purpose cleaner/sabun cair), sikat gigi, kuas, kain katun/kanebo, dan wax (dapat diganti dengan kondisioner).

Tahap Pembersihan

Setelah perlengkapan disiapkan maka lanjut ke tahap pembersihan. Anda bisa mencampurkan cairan pembersih pada ember yang telah dicampur dengan air secukupnya, kemudian aduk hingga merata dan muncul busa. Fungsi cairan pembersihan adalah untuk mengangkat segala noda dan kotoran yang menempel pada grill mobil dan juga jamur-jamur yang mungkin bersemayam di sana.

Setelah bahan tersebut tercampur, oleskan larutan sabun ke bagian grill mobil dengan menggunakan kuas yang telah disediakan. Kuaslah bagian grill secara merata dan pastikan jangan sampai ada noda yang tertinggal.

Pastikan Anda menggunakan kuas karena kotoran dapat terangkat dengan sempurna dan bila ada bagian grill yang sulit dijangkau dengan kuas, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang telah disediakan. Bila terdapat bagian grill yang tidak memungkinkan dibersihkan dengan kuas ataupun sikat gigi karena takut terjadinya lecet maka Anda dapat menggunakan kain katun yang ada. Ingat, sikat grill dengan hati-hati ya!

Setelah selesai tahap menyikat, maka selanjutnya Anda dapat mengangkat sisa-sisa cairan sabun dengan kain katun basah atau dapat juga menggunakan kanebo basah. Pastikan bagian grill yang telah dibersihkan kering dengan maksimal.

Baca juga: Yuk, Ikuti Langkah Mudah Membersihkan Grill Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Tahap Pemolesan

Tahap terakhir adalah yang paling menyenangkan. Setelah grill mobil bersih sempurna maka Anda dapat melanjutkannya dengan memoles grill tersebut dengan wax agar grill kembali kinclong, terlihat seperti baru dan juga menjadikan grill mobil tidak mudah terkena kotoran. Dengan mengoleskan wax, baret-baret halus pada bagian grill juga dapat tersamarkan.

Itulah beberapa cara mudah dan sederhana dalam merawat serta membersihkan grill mobil agar tetap terlihat bersih, kinclong, dan sedap dipandang. Jangan lupa untuk membersihkan dan merawat grill secara rutin.

Perlu diingat juga, jika grill mobil baru saja terkena air hujan maka segera siram grill tersebut menggunakan air bersih. Air hujan dapat menimbulkan flek pada grill dan bagian mobil lainnya sehingga perlu selalu memperhatikan hal-hal sederhana seperti ini.

Perawatan mobil memang terkadang membutuhkan biaya yang besar. Apalagi, saat perbaikan. Biar keuangan Anda tetap nyaman dan aman, sebaiknya lengkapi mobil Anda dengan proteksi asuransi mobil. Belanja asuransi mobil melalui Futuready.com Supermarket Asuransi. Anda akan merasakan sendiri berbagai manfaat saat membutuhkan perbaikan atau perawatan mobil di berbagai bengkel rekanan terpercaya.

Comments are closed.