Kamera Mobil: Jenis dan Manfaatnya

Asuransi MobilMobil

Ada banyak jenis kamera mobil yang mungkin saja belum Anda tahu. Oh ya, setiap jenis kamera punya manfaat dan tujuan yang berbeda, lho. Yuk, cari tahu!

Kamera mobil, mungkin sudah tak asing lagi bagi para pemilik kendaraan roda empat. Biasa diletakkan di bagian depan mobil, kamera mobil sering kali dipasang dengan tujuan menjadi bukti ketika ada kecelakaan atau tindak kejahatan yang melibatkan mobil tersebut. Tahukah Anda bahwa kamera mobil ada banyak jenisnya?

Ya, ini dikarenakan kamera di mobil punya banyak manfaat yang berbeda, ada yang berfungsi untuk melihat bagian belakang mobil, ada yang hanya bisa digunakan untuk merekam apa yang terjadi pada bagian depan mobil. Jadi, ketika ingin memasang kamera di dalam mobil sebaiknya pastikan dahulu apa tujuan Anda.

Jenis-jenis Kamera Mobil dan Manfaatnya

Kamera Depan

kamera mobil depan

Kamera ini ditempatkan menghadap ke depan, interior, tipe outdoor dan juga dua channel yakni depan dan belakang. Menjadi fitur yang paling penting, karena bertujuan untuk mengetahui tabrakan artinya suatu saat bisa dijadikan sebagai bukti. Kita pun bisa mengetahui apa yang terjadi di bagian depan mobil.

Kamera Dua Channel

Yakni jenis kamera yang menghadap ke depan dan belakang atau yang biasa disebut dengan dua channel. Fungsinya sendiri untuk melihat kondisi di semua titik. Sehingga jika terjadi tabrakan tidak hanya bagian depan saja yang terekam melainkan juga bagian belakang. Dengan begitu dapat diketahui siapa penyebab terjadinya tabrakan, pemilik mobil atau pengendara lain yang ada di belakangnya.

Baca juga: Aksesori Mobil Musim Hujan yang Harus Dipersiapkan

Kamera jenis ini sering digunakan pada truk-truk atau mobil berpenumpang besar. Bahkan ada yang menggunakan tipe kamera outdoor yang dapat membantu para pengemudi membawa muatan banyak. Sehingga, jika ada barang yang hilang selama mengemudi dapat diketahui apa penyebab pastinya.

Kamera Interior

Kamera yang satu ini tidak menghadap keluar mobil, namun berada di dalam bagian mobil. Tujuannya adalah untuk mengawasi gerak-gerik penumpang yang ada di dalam atau memantau interior mobil. Biasanya lebih banyak digunakan oleh para keluarga muda untuk mengawasi anak-anak mereka yang duduk di bagian belakang.

7 Manfaat Kamera di Mobil pada Bagian Dashboard

camera mobil di dashboard

Dashcam adalah perekam video yang dipasang di kaca depan kendaraan yang menghadap ke jalan. Kamera ini akan merekam peristiwa yang terjadi di sekitar mobil Anda dan menyimpannya di Kartu Micro SD, sehingga dapat Anda gunakan sebagai bukti video jika suatu saat mengalami kecelakaan. Dashcam menyala secara otomatis dan merekam ketika Anda menghidupkan mesin Anda dan secara otomatis berhenti merekam ketika Anda mematikan mesin Anda.

Dashcam diberi daya melalui soket aksesori (soket pemantik rokok) melalui kabel listrik. Beberapa dascam kualitas tinggi bahkan mampu tetap merekam ketika Anda tidak berada di dalam mobil, atau saat mobil dalam keadaan mesin mati.

Saat ini, dashcam jamak digunakan oleh sebagian besar pengemudi di Amerika, Eropa, Korea Selatan, Rusia, Asia Tenggara, dan semakin populer di Australia. Lantas mengapa semakin banyak orang tertarik menggunakan kamera di mobil jenis ini? Mungkin karena beberapa manfaat ini:

Memberikan bukti video yang tidak dapat dibantah jika terjadi insiden dijalan

Sering banyak orang mengalami kecelakan atau insiden dijalan dan saling menyalahkan siapa biang keladinya. Adanya dascam bisa memperlihatkan siapa yang lalai berkendala. Dascam juga sudah diakui polisi sebagai alat bukti sah

Baca juga: Lampu Strobo Mobil, Apa Fungsi Utamanya?

Dapat menghemat uang dengan membayar kelebihan asuransi

Tidak sedikit asuransi yang menolak klaim pelanggannya yang mengalami kecelakaan mobil. Alasanny adalah semua terjadi karena pengemudi sengaja tidak mengendarai dengan baik. Keberadaan dascam ini dapat menjadi bukti bahwa kecelakaan yang dialami nyata adanya, sehingga uang pertanggungan bisa segera dicairkan.

Memberikan perlindungan dan bukti dari insiden tabrak lari, pencurian mobil, dan kerusakan berbahaya

Sekali lagi fungsi utama dari dascam ini memang sebagai alat bukti. Alat ini dapat merekam siapa saja yang terlibat selama kecelakaan atau tindak kejahatan lain. Selama alat yang Anda beli berkualitas maka setiap detik yang dialami mobil dapat terekam dengan baik.

Beberapa model menyediakan pelacakan lokasi GPS dan kecepatan kendaraan

Mungkin untuk manfaat yang satu ini hanya ada pada varian mobil kelas premium. Tentunya ini berfungsi untuk mengetahui lokasi mobil terakhir, ketika mobil dalam pencurian. Lebih mudah mencari dengan GPS dibanding melaporkan kepada yang berwajib.

Kurangi waktu untuk menyelesaikan klaim oleh perusahaan asuransi atau pengadilan

Proses klaim asuransi yang berbelit karena kurangnya bukti memang membuang waktu. Seringkali pihak asuransi tidak percaya dengan reka kejadian yang kita jelaskan, karena bukti yang ada hanyalah kerusakan pada mobil. Kehadiran rekaman akan mempercepat proses reka ini sehingga dapat menghemat waktu

Baca juga: Jangan Asal Pilih Asuransi Mobil. Ketahui Jenisnya

Ubah perilaku mengemudi karena sadar sedang diawasi

Rata-rata pemilik mobil yang memasang dashcam pada kendaraannya lebih mawas diri saat menyetir. Sebabnya, semua aktifitas terekam dengan jelas sehingga dapat diketahui ketika melakukan pelanggaran atau tidak. Jika tidak menaati peraturan lalu lintas, kamera ini justru bisa jadi boomerang yang akan menempatkan Anda sebagai pelaku.

Pengusaha dapat memantau dan memastikan karyawan mengikuti aturan perusahaan saat mengendarai kendaraan mereka

Nah ini penting bagi para pengusaha rental mobil, truk atau bus. Adana dashcam menjadi alat bukti palingkuat untuk mempelihatkan apakah pekerja mereka mengemudikan kendaraannya dengan baik dan sesuai peraturan lalu lintas yang berlaku? Para pemilik armada juga bisa menggunakan bukti ini baik untuk memecat maupun memberikan skorsing kepada karyawannya.

Jika Anda tertarik menggunaja dashcam ini, berikut adalah beberapa bocoran dashcamp paling diminati selama 2020:

3 Dashcam Terbaik di 2020

jenis-jenis kamera mobil

NEXTBASE 522GW

522GW adalah dash cam yang sangat mengesankan, tidak hanya mampu melakukan perekaman namun juga dapat memutar musik, menemukan tempat parkir, mengontrol perangkat rumah pintar dan melakukan panggilan kapan pun Anda mau, tanpa mengalihkan pandangan Anda dari jalan. Ada juga fitur keamanan yang mengesankan, seperti Emergency SOS, yang akan mengingatkan layanan darurat ke lokasi Anda jika terjadi kecelakaan.

GARMIN DASH CAM 66W

Punya kualitas gambar sangat baik dengan sejumlah fitur tambahan, seperti GPS dan integrasi ponsel cerdas dengan aplikasi Garmin Virb. Ada juga peringatan Lane Departure dan Forward Collision, serta peringatan Speed Camera.  Rekaman video juga bagus. Merekam dalam 1440p dengan bidang pandang 180 derajat sangat lebar. Kualitas video mungkin tidak sebagus Nextbase 522GW, tetapi cukup baik.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

THINKWARE F800 PRO

F800 dilengkapi dengan pelacakan GPS, kamera keselamatan seumur hidup dan peringatan kecepatan, serta Peringatan Keselamatan seperti tabrakan ke depan dan kesadaran keberangkatan jalur. Kualitas video HD bagus, dan mode malam (sekarang pada generasi keduanya) sangat mengesankan (sangat tajam dan tidak ada suara). Ada Wi-Fi bawaan sehingga dapat terkoneksi ke ponsel Anda.

Comments are closed.