Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan 4 Jenis Velg Mobil Ini

Mobil

Velg mobil tidak hanya sekadar komponen yang ada di dalam ban saja. Ternyata ada empat jenis velg yang bisa Anda gunakan. Yuk, ketahui kekurangan dan kelebihannya!

Di dalam sebuah kendaraan dalam hal ini mobil, terdapat komponen yang ada di dalam ban bernama velg. Kegunaan velg ini adalah kaki tumpuan untuk menopang mobil, sedangkan ban itu adalah alasnya.

Sebagai kaki mobil, fungsi velg mobil dituntut untuk selalu kuat dalam menjaga beban mobil tanpa bengkok. Nah, pastinya sering Anda lihat di jalan berbagai macam mobil yang menggunakan beberapa model velg yang berbeda. Masing-masing dari jenis velg tersebut, tentunya memiliki kegunaan yang berbeda juga.

Ada berbagai jenis velg mobil berdasarkan jenis bahan dan material pembentuk velg. Hal ini, bisa mempengaruhi ketahanan dan tentunya berat velg. Lebih jauh lagi, mengenal velg mobil akan dibahas empat jenis velg mobil di bawah ini:

[quads id=1]

Velg Baja (Steel)

Pada jenis velg baja ini lebih dikenal dengan sebutan velg kaleng, berdasarkan bentuknya yang mirip kaleng. Padahal velg itu terbuat dari baja yang bahan materialnnya perpaduan dari besi dan karbon. Velg jenis ini merupakan salah satu jenis terkuat, jika dibandingkan jenis material velg lainnya.

Walaupun imbasnya pada berat mobil yang bisa berpengaruh pada peforma mobil, selain itu juga jenis ini memiliki fleksibilitas desain yang minim.

Velg Mobil Alumunium

Velg jenis alumunium ini merupakan salah satu yang populer saat ini. Menggantikan jenis velg baja yang identik dengan mobil klasik atau retro. Bahan materialnya terdiri dari paduan alumunium, magnesium, dan nickel yang memiliki ketahanan lebih kuat dan bobotnya lebih ringan.

Selain itu, jenis velg ini mudah untuk dibentuk menjadi berbagai jenis desain. Kedua faktor tersebut, memiliki ketahanan dan desain. Ini yang menjadi alasan mengapa jenis velg mobil ini begitu populer di pasaran otomotif.

Velg Mobil Magnesium

Berikutnya adalah velg jenis magensium, yang mungkin sangat jarang dijumpai. Jenis velg ini, memiliki tekstur yang lebih kuat dan ringan jika dibandingkan dengan alumunium. Tidak hanya itu saja, velg magnesium juga mampu meredam guncangan dan panas dari rem. Velg ini memiliki kekurangan, yaitu rentan terhadap korosi. Biasanya velg jenis ini sering digunakan untuk keperluan balap.

Magnesium merupakan jenis senyawa yang mudah terbakar, jika velg tersebut benar-benar murni menggunakan magensium murni. Pada velg magnesium, menggunakan beberapa material lain yang membuat velg magnesium tidak mudah terbakar.

Velg Mobil Carbon

Pada sebuah velg urutan tertinggi dari jenis velg berdasarkan bahan material adalah yang berbahan carbon fiber. Material ini telah lama dikenal sebagai material yang ringan dan kuat, sehingga seringkali menjadi material chassis dari bodi untuk mobil-mobil supercar. Dalam hal proses pembentukan carbon fiber juga tidak semudah dan secepat logam, selaiknya alumunium dan besi.

Saat ini carbon fiber tidak hanya digunakan pada chassis dan bodi mobil saja, tapi mulai digunakan ke velg. Mobil supercar Koenigsegg merupakan pabrikan yang pertama kali membuat velg carbon pada mobilnya. Dari situ mulai banyak pabrikan-pabrikan mobil sport yang ikut menggunakan velg dengan bahan carbon. Seperti Mustang, Porsche, dan Ferrari.

Itu beberapa jenis velg berdasarkan bahan materialnya, tentunya beberapa pabrikan mobil juga sudah menggunakan velg bawaan sesuai kebutuhan model mobil tersebut.  Tidak hanya kebutuhan velg mobil saja, demi kemanan dan kenyamanan berkendara akan lebih lengkap kalau telah menggunakan asuransi mobil. Sekarang beli asuransi mobil begitu praktis dan mudah di futuready.com, banyak keuntungan yang bisa didapat dari adanya fitur bengkel locator, hingga proses klaim yang mudah.

Comments are closed.