Ketahui Arti Setiap Lampu Indikator Mobil

AsuransiAsuransi MobilMobil

Lampu indikator mobil harus dikenali dengan baik setiap ikon yang menyala pada dashboard, agar bisa mendeteksi masalah pada mobil sedini mungkin.

Mengenal mobil Anda sebaik mungkin merupakan cara terbaik dalam melakukan perawatan. Selain service rutin, melalui lampu indikator Anda juga bisa mengenali indikasi sebelum terjadi masalah pada mobil. Ada banyak lampu indikator yang perlu Anda ketahui di speedometer mobil, Anda bisa mengenalinya satu-persatu. Fungsi utamanya adalah, agar Anda berkendara menjadi lebih aman.

Berikut ini berbagai macam lampu indikator yang wajib Anda ketahui.

Indikator Check Engine

Lampu indikator yang pertama dan sangat penting untuk diketahui adalah, indikator check engine. Ketika Anda memasukan kunci ke lubang starter, lalu memutar ke posisi ON. Maka lampu indikator ini akan menyala, setelah mesin telah menyala maka mobil akan mati. Jika lampu indikator check engine masih menyala saat mesin menyala. Itu berarti ada masalah pada mesin mobil Anda dan harus dicek.

Indikator Sabuk Pengaman

Kemanan dalam berkendara itu sangat penting untuk terus diingatkan. Salah satunya dengan lampu indikator safety belt, tanda untuk menggunakan sabuk pengaman. Indikator akan terus bunyi, bila pengemudi dan penumpang belum menggunakan seat belt saat menggunakan mobil.

Tanda “SRS”

Lampu indikator mobil ini untuk menandakan salah satu sistem kemanan juga, yakni airbag. Fungsi dari airbag itu sendiri untuk melindungi penumpang mobil ketika terjadi tabrakan. Jika terus menyala saat mesin dinyalakan, berarti ada kerusakan pada sistem airbag di mobil tersebut.

Indikator Suhu Mobil

Ini penting untuk suhu mesin pada mobil. Dengan indikator yang ada di dashboard, Anda bisa memperhatikan suhu mesin setiap saat. Bila indikator suhu menunjukan warna kuning atau oranye, itu tandanya temperature mesin dalam keadaan sedang. Jika warna merah, waspadalah dan segera menepi dan matikan mobil.

Lampu Indikator Aki

Aki merupakan sistem dengan tenaga listrik pada mobil. Ini merupakan elemen yang mempunyai pernan penting di mobil. Jika tidak terjadi pengisian atau ada kondisi yang tidak normal bisa menyebabkan daya dan tenaga mobil tidak akan menyala.

Lampu ABS

Ini merupakan lampu indikator untuk sistem penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak. Lampu indikator yang terlihat bertuliskan ABS “Anti-lock Breaking System”, biasannya hanya mobil yang dilengkapi dengan sistem ini yang ada. Jika ternyata masih terus menyala, Anda harus segera melakukan pengecekan pada sistem.

Lampu Indikator Oli

Lampu indikator mobil untuk oli, untuk mengetahui kondisi oli mobil di dalam kendaraan. Bila lampunya berwarna merah, menandakan oli sudah kering dan perlu diganti.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas

Comments are closed.