Tips Merawat dan Mengganti Air Radiator Mobil

Asuransi MobilMobil

Untuk menghindari overheat jangan sampai Anda telat untuk mengganti ari radiator pada mobil. Dengan cara merawat dan mengganti air raditator mobil ini, bisa bermanfaat untuk Anda.

Pada bagian mesin terdapat satu komponen mesin yang butuh perhatian khusus, yaitu radiator. Bagian ini merupakan sistem pendingin mesin agar mesin dalam temperatur normal saat dikendarai. Oleh sebab itu harus diperhatikan dalam merawat dan mengganti air radiator mobil. Jangan sampai jadi terabaikan, akibatnya  bisa menyebabkan mesin overheat dan keruskan para pada radiator. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam merawat dan mengganti air radiator mobil. Berikut ini tipsnya.

Merawat Air Radiator

Volume Air Radiator

Permasalahan yang terjadi pada mobil yakni seringnya temperatur mesin mobil meningkat drastis, atau dikenal dengan istilah over heat. Penyebabnya bisa dikarenakan karena kurangnya volume air pada radiator mobil, yang berdampak pada per tutup radiator. Ini akan memberikan tekanan untuk disalurkan pada reservoir atau tabung cangan air pada radiator.Anda tidak perlu panik saat volume air pada radiator berkurang, karena batas aman volume air pada radiator berada pada posisi di tengah-tengah indikator full dan low. Anda harus sering mengecek volume air pada radiator secara rutin, agar tidak over heat pada mesin.

Bersihkan Tangki Radiator

Jaga selalu kebersihan tabung radiator agar selalu dalam keadaan bersih. Cara terbaiknya dengan menguras atau membersihkan tanki radiator mobil secara rutin. Ini penting untuk terhindar dari korosi pada komponen yang berasal dari bahan logam yang mengalir melaui lubang-lubang khusus pada silinder head. Anda bisa melakukannya minimal 2 minggu sekali, agar temperatur mesinnya tetap normal kondisinya.

Jangan Gunakan Air Keran

Air yang harus diisi dalam tangka radiator, sebaiknya hindari air keran. Mengapa demikian? Karena air keran memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan dapat berdampak menjadikan koros pada tangka radiator mobil.  Fungsi utama air radiator juga bukan hanya sebagai pendingin mesin, melainkan untuk mencegah terjadinya karat pada saluran air radiator. Untuk itu, sebaiknya Anda harus menghindari pemakaian air keran.

Gunakan Radiator Coolant

Gunakan air radiator coolant untuk menjaga air radiator mobil. Air ini khusus untuk menjaga temperatur mesin mobil, yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan karat yang menumpuk di tangka radiator. Tapi, sesuaikan juga radiator coolant dengan jenis mesin mobil Anda. Gunanya untuk mencegah terjadinya endapan-endapan, yang bisa memicu terjadinya penyumbatan pada sel-sel radiator mobil. Sebaiknya Tanyakan kepada beberapa bengkel-bengkel dan dealer atau bengkel mobil, untuk radiator coolant yang cocok pada mobil Anda.

Mengganti Air Radiator

Buang Air Radiator Lama

. Sebelum mulai mengganti air radiator, pastikan mobil Anda dalam keadaan mati dan mesin sudah dingin. Hal ini agar air radiator tidak panas dan tidak melukai tangan Anda. Kemudian, buka tutup lubang radiator yang ada pada bagian atas dan jangan lupa untuk membuka baut yang ada di bagian pembuangan air radiator.

Isi Air Radiator

Langkah selanjutnya untuk mengganti air radiator mobil, yaitu mengisi cairan khusus coolent untuk air radiator. Air radiator juga bisa diisi dengan air biasa, namun air biasa terkadang menimbulkan kerak pada mobil.

Menyalakan Mesin Mobil

Setelah air radiator diisi, Anda bisa menyalakan mesin mobil. Lalu lihat indikator suhu mesin di speedometer mobil, apakah sudah berada di garis idealnya atau belum.

Cek Tangki Cadangan

Dalam mengganti air radiator mobil, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan pada tangki air cadangan. Buka tutup tangki dan buang airnya hingga habis. Kemudian isi dengan air besih atau cairan pendingin hingga ke batas maksimal yang di haruskan.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Comments are closed.