Keuntungan Membeli Mobil Secara Tunai dan Kredit

Mobil

Saat ini, kita dapat membeli mobil dengan dua cara, yaitu tunai dan kredit. Keduanya pun memiliki keuntungannya tersendiri. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan dana yang kita miliki.

Kebutuhan orang dalam memiliki mobil semakin hari semakin besar, khususnya untuk orang-orang yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia. Hal ini tak terlepas dari tingginya mobilitas dan aktivitas yang dijalani oleh orang yang tinggal di perkotaan, baik untuk urusan bisnis dan personal.

Tingginya minat orang untuk membeli mobil membuat banyak instansi yang menawarkan berbagai cara pembelian kendaraan roda empat tersebut. Seperti yang kita tahu, ada dua cara yang biasa dilakukan oleh orang dalam membeli mobil, yaitu dengan membayar secara tunai dan kredit.

Kedua hal ini tentu memiliki kelebihannya tersendiri. Jika Anda memiliki dana yang mencukupi, membeli dengan cara tunai adalah hal yang sangat dianjurkan. Tapi, jika Anda tak memiliki banyak dana di awal, tak ada salahnya untuk membawa pulang mobil dengan cara kredit.

Sekarang, mari kita lihat kelebihan dari membeli mobil dengan cara tunai dan kredit berikut ini!

Kelebihan Membeli Mobil dengan Cara Kredit

Dapat Menambah Perputaran Modal

Tak sedikit orang membeli mobil bukan untuk kebutuhan keluarga dan keseharian saja, melainkan untuk menghasilkan uang. Jika hal tersebut yang melatarbelakangi Anda dalam membeli mobil, memilih cara kredit dalam memiliki mobil tersebut adalah pilihan yang tepat.

Sebab, dengan membeli kredit, Anda tak perlu membayar keseluruhan harga dari mobil tersebut, cukup dengan memberikan DP dan sisanya bisa Anda angsur. Satu hal yang harus Anda jaga adalah pemasukan dari mobil tersebut tak lebih kecil dari cicilan yang Anda keluarkan. Jika tidak, mobil tersebut akan ditarik oleh pihak penjual mobil.

Lebih Ringan Secara Psikologis

Jika mengeluarkan ratusan juta untuk membeli mobil menjadi beban buat Anda, pilihlah cara membeli mobil dengan kredit. Ada kesan bahwa mencicil mobil tersebut lebih ringan dibandingkan membayar langsung secara tunai. Pasalnya, dengan mencicil mobil, Anda tak akan merasa terbebani di awal.

Anda dapat membayar cicilan mobil tersebut sambil bekerja dan tentunya dapat dengan leluasa menggunakan mobil tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Kelebihan Membeli Mobil dengan Cara Tunai

Bebas Beban dan Mudah Diuangkan Kembali

Seperti yang kita tahu bahwa dengan membeli mobil secara tunai, kita tak perlu membayar DP dan membayar cicilannya secara rutin tiap bulannya. Secara sederhananya, membeli mobil tunai akan membebaskan Anda dari beban biaya yang lebih besar ke depannya.

Selain itu, mobil yang dibeli secara tunai dapat lebih mudah diuangkan sebab mobil tersebut secara sah milik Anda. Jadi, ketika membutuhkan dana tunai dalam jumlah besar, Anda tinggal menjual mobil tersebut tanpa perlu repot dengan proses over kredit seperti membeli mobil dengan cara kredit.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Harga Mobil Lebih Murah

Jika dihitung secara keseluruhan, membeli mobil secara tunai sangatlah menguntungkan. Sebab, Anda tak harus membayar bunga dari cicilan mobil Anda yang jumlahnya tidaklah sedikit. Anda tentu tahu bahwa mobil yang dibeli secara kredit akan memiliki harga yang lebih tinggi saat membelinya.

Misalnya, Anda berniat membeli mobil seharga Rp150 juta, harga tersebut tidaklah berubah jika Anda membelinya dengan cara tunai. Namun, angka tersebut akan jadi jauh lebih tinggi jika Anda membelinya dengan proses kredit.

Membeli mobil secara tunai maupun kredit bukanlah sebuah pilihan yang berat. Sesuaikan saja dengan dana yang Anda miliki saat ini agar dapat memutuskannya dengan mudah.

Comments are closed.