Spesifikasi Lengkap Kia Grand Sedona

Mobil

Alih-alih kalah saing dengan mobil buatan Jepang, Kia Grand Sedona justru dianggap lebih unggul dari para pesaingnya di kelas MPV premium dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Kia bukanlah nama baru di industri otomotif di Indonesia. Pabrikan mobil asal Korea ini sudah cukup lama dikenal sebagai produsen otomotif yang memiliki berbagai varian mobil dengan kualitas yang tidak main-main.

Salah satu varian premium yang ditawarkan dan cukup laris di Indonesia tak lain adalah Kia Grand Sedona. Mobil berjenis MPV ini bukan hanya menawarkan kapasitas penumpang yang cukup banyak, melainkan memiliki tampilan, fitur, serta mesin yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan produsen mobil buatan Jepang yang sangat laris di pasaran Indonesia.

Penasaran dengan spesifikasi mobil satu ini? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Kia Grand Sedona

Eksterior Gagah dan Elegan

Jika kita melihat sekilas, memang mobil satu ini hadir dengan tampilan yang begitu elegan dan menarik. Pasalnya, tampilan dari tiap sisinya memperlihatkan kesan MPV premium yang tangguh. Mulai dari depan di mana pada bagian depan mobil akan terlihat sebuah grill dengan aksen yang menarik. Sebab, pada sektor depan ini kita bisa melihat sebuah headlamp yang didesain dengan bentuk yang lebih sipit sehingga memberikan kesan tatapan yang tajam.

Tak hanya dari segi desain saja, headlamp yang diusung MPV satu ini juga sudah dibekali dengan DRL dan projector sehingga akan memberikan pencahayaan yang cukup baik untuk pengemudinya, terutama ketika dikendarai di jalanan yang minim lampu penerangan kota.

Selain itu, tampak juga sepasang lampu sein yang terlihat cantik dengan penataannya yang cukup berkelas pada Sedona ini. Bahkan, foglamp yang digunakan pun juga terlihat didesain dengan bentuk membulat berlapis kotak krom. Lalu, untuk bumpernya sendiri terlihat cukup sporty dengan gaya desain yang diusungnya berpadu dengan warna hitam dop serta warna mobil itu sendiri. Terlihat jelas mewahnya mobil ini, bukan?

Menginjak pada tampilan sampingnya, mobil ini memiliki garis krom yang terlihat pada tepian garis kaca mobil. Di sisi lain, tampak juga garis halus tegas yang memanjang dari depan hingga pada sektor buritannya sehingga membuat tampilan dari mobil ini menjadi lebih sporty. Selain itu, pengguna mobil ini akan melihat handle pada pintunya yang saling bersebelahan bersamaan dengan lekukan manis yang terlihat pada bagian samping mobil.

Lalu, pada sektor bodi belakang, mobil ini sudah dibekali dengan spoiler yang memberi aroma sporty yang kuat, pada bumpernya sendiri terlihat cukup besar sedangkan handle belakang terlihat berlapiskan krom. Tak hanya itu saja, pada bagian belakangnya terdapat stoplamp berukuran besar yang dilengkapi dengan teknologi high mount stop lamp di mana teknologi tersebut akan memberikan peringatan lebih jelas terhadap pengendara yang ada di belakangnya ketika melakukan pengereman. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh Sedona.

Kabin Luas dengan Fitur Canggih

Saat kita memasuki ruang kabinnya, maka bisa kita lihat bahwa MPV premium ini hadir dengan ruang kabin cukup luas yang bisa menampung tujuh orang. Sehingga, tak heran jika mobil ini merupakan MPV yang sangat efisien. Menariknya, bagian tempat duduk dilapisi Anti Pollution sehingga menjadikan tempat duduk atau jok tetap bersih, karena setiap kali ada tumpahan air ataupun minuman bisa langsung dilap.

Lalu, menginjak tentang sirkulasi udara, sebagai mobil premium, Sedona juga menggunakan Full auto AC, yang bakal bekerja secara otomatis untuk membuat ruangan tetap sejuk meskipun kondisi luar mobil terasa begitu panas.

Kemudian pada bagian dashboard, pengemudi menjumpai banyaknya panel tombol di bagian kemudi, di mana bagian tersebut sudah tersinkronkan dengan layar yang berada di bagian tengah sehingga nantinya pengemudi akan lebih mudah dalam mengakses semua menu multimedia yang ada. Bahkan, dari dalam mobil ini bisa pula mengangkat panggilan telepon maupun menutup telepon tanpa perlu repot bersentuhan langsung dengan handphone.

Selain itu, pengemudi juga akan dipuaskan dengan multi information display tersaji dalam bentuk analog dan digital yang memiliki tingkat akurasi tinggi dan pastinya sangat user-friendly atau mudah dipahami. Tak heran jika Sedona membuat para pecinta roda empat semakin tertarik.

Di sisi lain, hal yang cukup menarik pada mobil ini yaitu teknologi start and stop down yang nantinya akan memberikan kemudahan bagi pengemudinya untuk mematikan maupun menghidupkan mesin hanya dengan menekan tombol saja.

Sementara itu pada sektor bagasi, Sedona memiliki ruang yang sangat luas karena pada sektor bagasi, antara kursi yang berada pada bagian belakang bisa dilipat sehingga penumpang bisa mengatur secara leluasa ruang tersebut. Selain itu, sektor bagasi ini sangat memungkinkan juga untuk bisa menyimpan lebih banyak barang bawaan di dalamnya.

Sedangkan di sisi lain, tempat botol dibekalkan oleh Kia di berbagai sisi untuk memastikan interior tetap rapih setiap saat. Nah, buat orang yang suka kerapian, mobil ini sangat cocok untuk dimiliki.

Dua Varian Mesin yang Sangat Bertenaga

Untuk sektor permesinan, mobil ini hadir dengan menawarkan dua varian mesin berbeda, yaitu mesin berbahan bakar bensin dan mesin diesel. Untuk varian mesin yang berbahan bakar bensin hadir dengan mengandalkan mesin V6 dengan 6 silinder 24 katup bertipe DOHC di mana mesin ini memiliki kapasitas hingga 3.342cc. Mesin tersebut pun juga diketahui mampu menghasilkan tenaga hingga 270 Ps pada putaran 6.400 rpm dan mampu mencapai titik porsi puncak sampai 32.4 kg.m pada putaran ke 5.200 rpm. Selain itu, untuk ini juga mengusung sistem pembakaran Multipoint Injection yang memiliki rasio kompresi 16.0:1. Sehingga, dari hasil angka-angka tersebut, mobil premium ini dapat berlari begitu kencang, bahkan bisa menempuh jarak 0 sampai dengan 100 KPH hanya dalam waktu 8.6 detik.

Sementara itu, untuk varian bermesin diesel, Sedona memiliki tipe mesin In-Line 4 silinder 16 katup HLA yang memiliki kapasitas 2.199cc saja. Mesin diesel ini diketahui juga mampu menyemburkan tenaga hingga 200 Ps pada putaran 3.800 rpm dan torsi hingga mencapai 45 Ps pada putaran ke 1.750–2.750 rpm yang semakin membuat MPV ini unggul di hadapan para pesaingnya. Lalu, untuk sistem pembakarannya sama dengan tipe varian yang berbahan bakar bensin, yaitu Multipoint Injection dengan rasio kompresi 16.0:1.

Namun, cukup disayangkan bahwa mesin dengan racikan seperti itu, serta jelas-jelas memiliki kubikasi kecil, Sedona tipe diesel ini hanya bisa menempuh jarak 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam rentan waktu lebih lama, tepatnya 13.6 detik saja. Dari kedua varian mesin tersebut, keduanya nantinya akan sama-sama menggunakan sistem transmisi 6 percepatan automatic dengan sistem steering Hidraulyc Power Steering (HPS) yang akan membuat pengemudinya lebih nyaman dan mudah dalam mengendarai MPV mewah garapan KIA ini.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Setelah melihat spesifikasinya di atas, pasti Anda penasaran seputar harganya, kan? Baik Kia Grand Sedona berbahan bakar bensin dan diesel, keduanya dibanderol dengan harga sekitar Rp500 juta. Menurut Anda, apakah harga tersebut sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan?

Comments are closed.