Spesifikasi dan Harga New Kia Picanto, Si Mungil yang Gahar

Mobil

New Kia Picanto bukanlah sekadar mobil mungil dengan kapasitas penumpang yang kecil pula. Nyatanya, banyak hal yang membuat mobil ini spesial.

Tinggal di kota besar berarti harus siap untuk menghadapi kemacetan yang tidak ada habisnya, terlebih di jam berangkat dan pulang kerja. Tak heran jika banyak orang enggan mengendarai mobilnya lantaran macet yang justru membuat suntuk dan merusak mood.

Tapi, nyatanya ada mobil yang cocok untuk digunakan oleh Anda yang tinggal di kota besar yang memiliki tingkat kemacetan yang tinggi. Mobil tersebut adalah New Kia Picanto. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mobil ini merupakan mobil mungil dengan kapasitas penumpang yang hanya dapat menampung empat orang saja.

Lalu, bagaimana bisa mobil sekecil ini disebut cocok untuk berkendara di kota besar? Mari kita lihat spesifikasinya di bawah ini!

Spesifikasi New Kia Picanto

Desain Eksterior yang Sporty dan Elegan

Generasi terbaru dari mobil ini yakni New Kia Picanto memiliki tampilan depan yang terlihat sangat sporty dan stylish. Hal tersebut dikarenakan mobil ini memiliki grill berukuran kecil dengan desain red line (garis merah) pada pinggirannya yang dipadukan dengan lampu utama berukuran besar serta memiliki bumper depan yang berukuran cukup besar dan dipadukan dengan foglamp yang stylish di tiap sisinya.

Mobil ini memiliki empat varian warna ini cukup simpel, namun karena warnanya yang memenuhi semua bodi serta dipadukan dengan lampu sein pada bagian spion membuat mobil mungil ini nampak stylish. Sedangkan pada bagian belakangnya terlihat sangat sporty sesuai dengan konsep city car ini dengan memiliki lampu belakang berdesain sangat futuristik dan memiliki bumper belakang yang berukuran besar dengan lampu di tiap sisinya. Bahkan dengan aksen rear spoiler pada sisi atasnya, meskipun berukuran kecil, namun dipadukan stop lamp membuat mobil ini semakin sporty dan stylish.

Interior Mungil tapi Tetap Nyaman

Pada bagian desain interior, mobil yang memiliki kapasitas muatan empat orang ini memang terlihat tidak terlalu luas sesuai dengan ukurannya. Namun, di dalamnya tetap menawarkan kenyamanan yang cukup baik untuk pengemudi maupun penumpang karena memiliki material bahan yang cukup berkualitas serta tetap memberikan nuansa sporty yang cukup terasa karena memiliki desain interior yang menarik.

Bagian depannya memiliki desain yang tidak terlihat seperti mobil entry level untuk sekelas city car yang ada. Mobil ini menawarkan dashboard yang memiliki desain futuristik, stylish, dan sporty. Dengan beberapa panel di bagian dashboard membuat pengemudi maupun penumpang bagian depan mudah untuk mengaktifkan fitur yang diinginkan seperti fitur pendingin ruangan (AC) atau hiburan audio yang ada.

Untuk pengemudinya diberikan spidometer dengan desain 3 Cylinder yang memberikan informasi mengenai kendaraan ini dengan tampilan menarik dan mudah dibaca. Dengan beberapa wadah penyimpanan di beberapa bagian kabin, mobil ini juga akan semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menyimpan atau menaruh barang-barang yang dibawa.

Jika pengguna ingin bepergian jauh dengan membawa banyak barang bawaan maka dapat memanfaatkan universal bagasi bagian belakang, yang mana tempat duduk di baris kedua dapat dilipat. Sehingga mobil mini ini dapat menampung banyak barang bawaan sampai dengan kapasitas 200 liter.

Dimensi Imut dan Pas untuk Berkendara di Jalanan yang Padat

Mobil ini memang berukuran mungil yang membuatnya mantap untuk dikendarai di jalanan perkotaan yang padat. Dengan dimensi 3595 x 1595 x 1490 mm membuat mobil ini sangat mudah untuk melesat di jalanan perkotaan yang padat serta memudahkan pengguna untuk parkir karena tidak membutuhkan area yang luas.

Kia Picanto memiliki bobot yang sangat ringan yakni hanya berkisar pada 800-an kg membuat mobil ini sangat responsif untuk melaju di padatnya jalanan perkotaan. Mobil ini menggunakan suspensi MacPherson Strut with Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber pada bagian depan dan Torsion Beam with Gas Shock Absorber yang memberikan performa handling yang mantap sehingga memungkinkan mobil ini untuk bermanuver di jalanan perkotaan.

Selain itu, mobil mungil ini menggunakan sistem pengereman Disc Brake pada bagian roda depan dan Drum Brake pada roda belakangnya dirasa sudah cukup baik untuk mengurangi atau menghentikan laju mobil ini. Terlebih mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman ECS yang membuat pengereman semakin mudah, nyaman dan aman.

Mesin yang Tangguh untuk Mobil Mungil

Untuk dapur pacu, mobil buatan Kia ini memang memiliki kapasitas yang tergolong kecil yakni 1200 cc. Menggunakan mesin Kappa 1.2 MPI Engine: Dual CVVT DOHC berkapasitas 2 liter, mesin ini dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 87 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 12.3 Kgm pada putaran mesin 4.000 RPM. Dengan tenaga tersebut, performa yang dihasilkan terasa lembut dan pas untuk dikendarai di jalanan perkotaan.

Ditambah dengan adanya pilihan transmisi manual dan otomatis yang semakin memberikan kenyamanan perpindahan transmisi yang diinginkan. Dengan tenaga tersebut, mobil satu ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dengan waktu 11.3 detik. Tentu kekuatan mobil ini sangatlah luar biasa mengingat konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit yakni 1:19 km.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur pengontrol bahan bakar yaitu ECO mode yang memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar yang mudah dibaca dan dikontrol pengemudi sehingga semakin memberikan efisiensi mengemudi.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Fitur yang Cukup Lengkap

Siapa sangka mobil ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Mobil mungil ini dilengkapi beberapa fitur yang bermanfaat meskipun tidak terlalu lengkap. Mulai dari Emergency Stop Signal yang mana dapat memberikan keamanan dengan menghidupkan lampu belakang secara otomatis dalam memberi tanda pada pengemudi lainnya di belakang. Lalu ada Vehicle Stability Management (VSM) yang memberikan kestabilan kemudi yang diatur oleh sistem sehingga akan memudahkan dalam mengontrol mobil ini saat mengemudi.

Untuk kenyamanannya, Kia Picanto memberikan fitur Full Auto Temperature Control yang membuat kesejukan akan diatur secara otomatis dalam mendinginkan seluruh bagian kabin mobil ini. Ada pula fitur hiburan audio yang dihasilkan oleh 4 speaker yang dapat memanjakan perjalanan dengan memutar sumber audio dari CD, MP3, USB maupun AUX in iPod/iPhone.

Selanjutnya, terdapat Hill Assist Control (HAC) yang mana akan memberikan kemudahan melaju di jalanan menanjak atau menurun tanpa khawatir akan mobil ini tiba-tiba mundur atau maju dengan sendirinya. Selain itu, dengan fitur tersebut laju mobil ini lebih cepat, stabil dan aman.

Mobil satu ini juga dilengkapi dengan SRS Airbags yang berjumlah 6 buah dapat mencegah terjadinya benturan keras kepala pengemudi maupun penumpang lainnya saat mengalami kecelakaan sehingga meminimalisir terjadinya cedera kepala. Dengan fitur pengereman Electronic Stability Control (ESC) yang terdapat pada mobil ini, maka akan pengereman semakin mudah dan terkontrol tetap pada jalurnya sehingga dapat meminimalisir akan terjadinya kecelakaan fatal.

Meski kecil, harus diakui New Kia Picanto memiliki fitur dan mesin yang cukup lengkap dan kuat. Soal harga, mobil mungil ini dibanderol dengan harga sekitar Rp190 juta saja. Bagaimana, ingin merasakan nyamannya berkendara di kemacetan dengan mobil satu ini?

Comments are closed.