Jenis-Jenis Komponen Mobil yang Paling Utama

Asuransi MobilMobil

Beberapa komponen mobil seperti radiator, rem, dan filter oli harus dipahami oleh para pemilik kendaraan. Hal ini dilakukan sebagain pengetahuan mendasar bagi mereka dalam melakukan perawatan kendaraan.

Mobil adalah sebuah benda yang terdiri dari banyak komponen yang kompleks. Semua komponen mobil ini bekerja dalam harmoni yang sama. Gearbox, poros penggerak, kemudi dan suspensi, dan rem adalah salah satu contohnya. Ketika salah satu dari komponen mobil mengalami kerusakan maka seluruh kinerja mobil dapat terhambat.

Mobil mogok, mesin mati mendadak dan pengereman yang bermasalah adalah salah satu tanda adanya kerusakan pada komponen mesin mobil. Beruntung mobil modern sudah dilengkapi dengan lampu indikator yang dapat memberikan sinyal jika kerusakan mesin terjadi.

Jika salah satu lampu indikator menyala yang merujuk adanya masalah, segera bawa ke bengkel. Jangan menunggu hingga mobil tak lagi bisa melaju.  Anda memang bukan mekanik yang wajib mengetahui bagaimana kinerja mesin mobil. Namun, tetap penting untuk mengetahui dasar-dasar komponen mobil dan fungsinya.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak?

Selain memahami komponen yang terdapat di dalam mobil, Anda juga harus memastikan bahwa kendaraan dan diri Anda sudah terlindungi dengan aman. Sebab, risiko buruk tidak pernah ada yang tahu kapan terjadinya. Oleh karena itu, penting sekali melindunginya dengan asuransi mobil yang dapat meminimalisirkan kerugian jika terjadi hal buruk menimpa.

Komponen Mobil Paling Utama

Jika membedah komponen mobil, sebenarnya ada dua bagian penting yang mesti dijelaskan yakni interior dan eksterior. Tentu saja interior ini meliputi bagian mesin sementara eksterior lebih banyak berhubungan dengan material body. Kedua bagian ini sama pentingnya, karena kerusakan pada dua sistem tersebut dapat menunjukkan adanya masalah pada bagian lain.

Di bawah ini adalah bagian yang paling mendasar dan sekaligus penting dari sebuah mobil. Memahami bagaimana mereka bekerja dan bagaimana mempertahankannya dalam kondisi yang baik dapat mempertahankan kualitas kinerja tunggangan Anda.

jenis-jenis komponen mobil

Mesin

Salah satu komponen mobil terpenting adalah mesin. Performa sebuah kendaraan tergantung pada mesinnya dan itu adalah jantung dari setiap mobil.Berbagai jenis bahan bakar digunakan oleh mesin, adalah, diesel, etanol, bensin, listrik, dan engine membutuhkan penggantian oli rutin agar tetap terlumasi dan mencegah keausan.

Gear Box (Transmisi)

Gear Box atau transmisi adalah bagian yang lokasinya paling dekat dengan engine. Transmisi adalah penentu kecepatan mobil, didalamnya berisi roda gigi yang akan berubah sesuai dengan arahan pengemudi,.  Transmisi tersedia dalam dua jenis: manual dan model otomatis. Karena kecepatan kendaraan bervariasi, roda gigi dapat diubah dari satu rasio ke rasio lainnya. Kekuatan mesin ditransfer ke roda kendaraan dengan bantuan roda gigi. Saat ini, sebagian besar kendaraan memiliki roda gigi atau transmisi otomatis. Gearbox adalah salah satu bagian kendaraan yang paling sulit untuk diperbaiki dan menjadi nyawa sebuah mesin mobil.

jenis-jenis komponen mobil

Rem

Komponen mobil lain yang juga sangat penting adalah rem. Fungsinya membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan laju kendaraan. Kegagalan sistem ini dapat menyebabkan beberapa kecelakaan serius. Sisitem pengereman kini sudah sangat canggih, karena menggunakan sensor. Mobil dapat berhenti sendiri ketika sensor membaca adanya tanda-tanda terjadinya tubrukan. Sangat penting untuk mempertahankan bagian rem seperti bantalan rem, yang dapat retak karena usia.

Drive Axle (poros penggerak)

Komponen penting lainnya termasuk poros penggerak yang membantu mendorong kendaraan. Anggap saja sebagai batang besar yang menghubungkan kedua roda. Gandar penggerak memungkinkan operator kendaraan memutar roda dan mengendalikan kendaraan. Ini adalah salah satu suku cadang mobil terbesar di setiap mobil.

Baca juga: Jenis-Jenis dan Fungsi dari Lampu Indikator Mobil

Filter Minyak

Filter sangat penting dalam menghilangkan debu dan partikel abrasif dari oli engine. Partikel seperti itu dapat merusak mesin dan menyebabkan mesin tidak bekerja optimal. Filter oli terutama digunakan untuk memisahkan oli engine dari serpihan dan partikel debu yang tidak diinginkan.

Sasis

Sasis otomotif adalah rangka kendaraan yang mendukung berbagai bagian seperti mesin, rem, kemudi, gandar, ban dan sebagainya. Jika mesin adalah jantung kendaraan, sasis adalah kerangka. Ini adalah bagian struktural terpenting dari kendaraan. Sasis otomotif biasanya terbuat dari bahan baja ringan atau bahan kokoh lainnya seperti aluminium.Chassis menjaga kendaraan tetap kaku dan tegang, yang berfungsi meredam suara bising dari luar mobil dan memastikan getaran yang diakibatkan karena laju mobil tidak mengganggu kenyamanan peumpang. Ada berbagai jenis sasis yang digunakan dalam kendaraan, yaitu backbone chassis, the ladder chassis, dan sasis monokrom.

Saat ini sebagian besar kendaraan menggunakan sasis berlapis baja karena memliliki kekuatan dan daya tahan yang lebih bagus.

Kompresor AC

Kompresor AC ditemukan di kompartemen mesin, melekat pada sabuk penggerak serpentine. Kompresor AC berputar melalui Freon untuk memberikan udara dingin ke seluruh kendaraan. Cukup membaca tanda-tanda komponen mobil yang satu ini rusak. Yakni ketika Anda tidak merasakan udara dingin masuk melalui ventilasi, dan kompresor akan mengeluarkan suara keras dan mengganggu saat dioperasikan.

jenis-jenis komponen mobil

Radiator

Anda akan menemukan radiator di bawah kap mobil. Terletak dekat mesin dan berfungsi mendinginkan mesin dan mencegahnya dari overheating. Radiator menjaga mesin tetap deingin dengan mengalirkan cairan pendingin ke seluruh bagian mesin kendaraan, menarik panas dan memindahkannya dari blok mesin ke radiator. Udara panas bergerak melalui sirip radiator tempat udara bergerak melintasi cairan, mendinginkannya. Akhirnya, panas hilang dari kendaraan ke atmosfer.

Konventer Katalitik

Konverter katalitik adalah bagian dari sistem emisi dan digunakan untuk mengurangi nitrooksida, hidrokarbon, dan karbon monoksida yang dihasilkan selama proses pembakaran. Konverter terbuat dari stainless steel menggunakan katalis untuk menghilangkan emisi berbahaya.

Biaya Servis Komponen Mobil

Beberapa komponen mobil membutuhkan servis berkala sebulan sekali, namun adapula yang tidak. Beberapa bagian yang mesti diperiksa setiap bulan antara lain AC, kaki-kaki dan balancing. Sementara untuk prakiraan biaya servis,  biaya servis AC rata-rata sekitar Rp300.000 hingga Rp575.000 itu untuk mobil-mobil Jepang. Sedangkan, untuk mobil Eropa biasanya lebih tinggi, yakni antara Rp1.100.000 hingga Rp2.000.000.

Baca juga: Apa Saja Fitur Mobil yang Harus Tersedia?

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Lain lagi untuk balancing dan spooring yang berfungsi menyetel roda-roda agar berfungsi maksimal. Biayanya bisa mencapai Rp400 ribuan. Sementara untuk paket lengkap servis keseluruhan komponen bisa mencapai Rp2-4 Jutaan tergantung merek dan kondisi kerusakan. Tidak semua bagian harus Anda servis setiap bulan, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik Anda mana komponen yang mesti di servis berkala dan tidak.

Comments are closed.