Jenis-Jenis dan Fungsi dari Lampu Indikator Mobil

Asuransi MobilMobil

Lampu indikator mobil berfungsi sebagai sinyal adanya kerusakan atau masalah yang terjadi pada beberapa bagian mobil. Jika lampu ini menyala sebaiknya segera bawa ke bengkel.

Sistem elektronik di mobil saat ini bergantung pada serangkaian sensor. Keberadaan sensor ini juga dapat memberi tahu Anda jika ada sesuatu yang salah dengan mobil Anda. Sensor inilah yang disebut sebagai lampu indikator mobil. Ada dua jenis lampu indikator mobil, yaitu merah dan oranye. Lampu indikator mobil merah menunjukkan bahwa Anda harus bertindak cepat karena masalahnya serius, seperti mesin overheat, tekanan oli mesin rendah, atau masalah sistem pengereman.

Baca juga: 5 Fungsi Perawatan Mobil Secara Berkala

Sementara lampu indikator mobil oranye berarti manajemen komputer yang menjalankan mesin telah mendeteksi adanya kerusakan. Anda dapat terus mengemudi, tetapi harus segera memeriksakan kondisi mobil di bengkel terdekat.

Risiko buruk yang bisa saja terjadi bukan hanya sekedar lampu indikator saja, tetapi masih ada banyak risiko lainnya yang mungkin saja terjadi saat berkendara. Oleh karena itu, penting sekali untuk melindungi kendaraan dengan asuransi mobil yang memiliki manfaat santunan bagi Anda, kendaraan, dan juga pihak ketiga jika terjadi risiko buruk.

Jenis-Jenis Lampu Indikator Mobil dan Fungsinya

Bentuk lampu indikator mobil menyerupai lambang khusus untuk memudahkan kita mendeteksi bagian mana dari mobil yang bermasalah. Karena itulah dalam satu unit mobil ada lebih dari 10 lampu indikator yang mengarah pada berbagai mode atau fitur mobil. Berikut akan dijelaskan jenis lampu indikator mobil dan fungsinya.

Lampu Indikator Oli

Disimbolkan dengan gambar kaleng oli kuno yang jika menyala menunjukkan bahwa ada masalah dengan sistem tekanan oli mobil Anda. Baik karena kehabisan minyak atau pompa minyak Anda tidak cukup mengalirkan cairan untuk melumasi permukaan di dalam kendaraan Anda dengan baik. Ini harus diatasi secepat mungkin, karena mesin Anda dapat cepat aus tanpa pelumasan yang tepat.

Lampu Indikator Tekanan Ban

Juga dikenal sebagai simbol TPMS, gambar ini memberi sinyal bahwa tekanan pada satu atau lebih ban Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi dan perlu ditangani. Mengemudi dengan ban bertekanan rendah atau tinggi tidak aman dan dapat menyebabkan kerusakan tambahan pada kendaraan Anda. Biasanya, tekanan ban harus berada antara 30 dan 35 psi (pound per inci persegi).

Lampu Indikator Suhu Mesin

Disimbolkan dengan gambar suhu mesin. Jika Anda melihat simbol ini muncul, itu artinya mesin Anda terlalu panas. Ini kemungkinan besar ada hubungannya dengan pendingin Anda (juga disebut antibeku), tetapi itu bisa terjadi karena berbagai alasan. Penting untuk segera mengatasinya untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Lampu Indikator ABS

Digambarkan dengan simbol ABS. Berbicara tentang rem anti-lock Anda, jika peringatan “ABS” ini menyala saat Anda mengemudi, itu berarti ada sesuatu yang salah dengan sistem. Seperti yang Anda ketahui, rem anti-lock Anda berfungsi untuk menjaga mobil Anda tetap terhubung dengan jalan dengan aman, jadi penting untuk mendiagnosis masalah sesegera mungkin. Perlu diingat, setiap kali Anda menyalakan kendaraan Anda, sistem melakukan pemeriksaan sendiri, dan dapat menyala hanya beberapa detik.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas?

Lampu Indikator Mesin

Lampu indikator mobil yang satu ini disimbolkan dengan gambar mesin mobil, yang ketika menyala mengindikasikan adanya masalah serius dan mengharuskan Anda segera menepi. Ini bisa menunjukkan tekanan oli rendah atau panas berlebih. Di lain waktu, lampu ini akan muncul jika tutup gas Anda terbuka, longgar, atau retak, menyebabkan bahan bakar menguap.

Jika lampu ini muncul, sebaiknya menepi dan memeriksa tutup gas dan sistem lain di kendaraan Anda. Jika berkedip, diwajibkan Anda berhenti. Sebab, untuk sebagian besar kendaraan, lampu ini memberi sinyal bahwa Anda memiliki masalah serius yang dapat menyebabkan kerusakan serius jika diabaikan.

Lampu Indikator Baterai

Simbol ini menunjukkan bahwa ada masalah dengan sistem pengisian kendaraan. Menariknya lampu yang satu ini tidak hanya menunjukkan adanya masalah pada bagian baterai, misalnya kabel baterai yang longgar atau rusak. Namun juga dapat menandakan bahwa sabuk alternator Anda rusak. Jika yang bermasalah adalah bagian baterai biasanya penunjuk waktu (jam) atau lampu depan Anda redup. Jika Anda menunggu terlalu lama, kendaraan Anda benar-benar akan mati dan kehilangan cahaya.

Lampu Indikator Bahan Bakar

Disimbolkan dengan tangki bahan bakar, dan menjadi indikator yang paling mudah dikenali dan paling diperhatikan oleh para pemilik mobil. Jika lampu ini menyala artinya Anda akan segera kehabisan bensin. Ketika ada tanda bahan bakar menipis, sebaiknya segera isi di pusat pengisian bahan bakar terdekat. Karena Anda tidak akan pernah tahu bagaiaman kondisi jalanan di depan.

fungsi lampu indikator mobil

Automatic Shift Lock atau Indikator Start Engine

Disimbolkan dengan gambar kunci shift otomatis. Jika Anda melihat simbol ini, kemungkinan besar Anda mencoba menggeser persneling atau memulai kunci kontak tanpa menggunakan rem. Kunci geser otomatis akan mengunci kendaraan Anda di tempat parkir atau netral sampai Anda menggunakan rem.

Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Simbol ini hanya mengingatkan Anda atau penumpang Anda untuk mengencangkan sabuk pengaman! Menurut berbagai riset , sabuk pengaman mengurangi cedera serius terkait kecelakaan sekitar 50%.

Indikator Airbag

Lampu indikator mobil untuk airbag ini  disimbolkan dengan gambar airbag. Indikator airbag menandakan bahwa ada yang salah dengan airbag atau sistem Anda secara keseluruhan. Airbag mobil Anda membuat Anda tetap aman selama kecelakaan, jadi penting untuk segera mengatasi masalah ini.

Indikator Keamanan

Digambarkan dengan lampu keamanan yang terletak di bagian dasbor. Jika kendaraan Anda memiliki sistem anti-pencurian, gambar ini berarti ada sesuatu yang tidak berfungsi. Simbol ini juga menyala sebentar ketika Anda menghidupkan kendaraan Anda, yang bukan merupakan indikator bahwa ada sesuatu yang salah.

fungsi lampu indikator mobil

Fog Lamp

Simbol ini memberi tahu Anda bahwa lampu kabut Anda menyala. Lampu indikator kabut hanya boleh digunakan jika jarak pandang Anda kurang dari 100 meter.

Indikator Cairan Washer

Lampu indikator mobil yang satu ini digambarkan dengan gerakan wiper kaca depan mobil Anda, simbol ini berarti Anda kehabisan cairan mesin wiper. Isilah reservoir dengan cairan sesegera mungkin.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Tekanan Ban Mobil

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Ingatlah bahwa setiap kendaraan memiliki lampu indikator mobil berbeda, sehingga simbol di dasbor Anda mungkin sedikit berbeda dari yang telah disebutkan diatas. Jika ragu, bacalah buku manual kendaraan Anda! Disana tertera jelas berapa indikator yang disematkan dalam mobil Anda.

Comments are closed.