Land Cruiser Prado, Spesifikasi dan Harganya

Mobil

Mau cari SUV yang tak hanya muat sekeluarga tapi asik diajak off road? Land Cruiser Prado jawabannya. Kabin dan bagasi besar memungkin Anda membawa banyak bawaan tanpa mengesampingkan kenyamanan.

Toyota adalah merek mobil yang dikenal punya segmen mobil paling lengkap, mulai dari MPV SUV dan LCGC. Bahkan seri paling rendah saja disebut-sebut masih lebih baik dibanding merek lain yang ada di pasaran Indonesia. Belakangan ini Toyota kembali hangat diperbincangkan, setelah salah satu variannya , Land Cruiser Prado dibeli pemerintah sebagai mobil dinas Bupati Pandeglang.

Harganya jangan ditanya. Sudah berkisar miliaran rupiah dengan sejumlah fitur premiumnya. Tunggangan ini sebenarnya tidak mengaspal di pasar Indonesia. Namun masih bisa diimpor dari Australia. Harga on the road-nya di Negeri Kanguru berada di angka Rp 800 jutaan. Meskipun demikian, mobil ini diperkirakan akan mengalami kenaikan harga ketika sampai Indonesia.

Tentu, Anda sangat ingin tahu bagaimana spesifikasi mobil yang bakal digunakan wakil rakyatnya ini. Berikut akan kita bahas spesifikasi lengkap Toyota Land Cruiser Prado.

Baca juga: Mobil Offroad Terbaik Tahun Ini, Mana Favorit Anda?

Spesifikasi Land Cruiser Prado

Land Cruiser Prado ini masuk kategori mobil SUV yang peruntukkan buat menghadapi medan berkelok dan berat, tapi masih enak dipakai dijalanan mulus perkotaan. Dimensi mobilnya cukup besar yakni panjang 4950mm dan lebar 1980mm yang membuat kabinnya luas dan nyaman diisi banyak penumpang.

Sementara dari desain eksteriornya Toyota jelas ingin menunjukkan bahwa mobil ini untuk para penjelajah. Terbukti dengan penggunaan ban 18 inchi, ini akan mempertegas mobil menjadi lebih gagah namun punya sentuhan model klasik. Mereka yang sudah pernah mengemudikan mobil ini mengakui kalau faktor kenyamanan, kecepatan dan keselamatan sangat kental terasa.

mobil land cruiser prado

Selain itu Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai fitur canggih yang menyamankan, salah satunya adalah kontrol suhu dan juga mesin pendingin yang berada di bagian depan dan kursi penumpang, sehingga setiap penumpang dapat lebih mudah mengontrol suhu mobil. Selain itu Land Cruiser juga sudah ditopang dengan fitur hiburan yang lengkap. Beberapa fasilitas mewah yang disediakan adalah sistem hiburan DVD di kursi belakang , tampilan layar sentuh, jack RCA, input HDMI, dan dua headphone nirkabel.

Jika disimpulkan begini spesifikasi sederhana dari Land Cruiser terbaru:

  • Mesin: 2.8 liter turbo diesel (1GD-FTV), 16-valve DOHC
  • Performa: 130/3400Â (tenaga), 450/1600-2400 (torsi)
  • Rem: Ventilated disc with four piston fixed calipers (depan), Ventilated disc with single piston floating calipers (belakang)
  • Suspensi: Double-wishbone type (depan), 4 link with coil springs (belakang)

Interior dan Eksterior Land Cruiser

Bila melihat bagian kabinnya, kita akan merasakan betapa lega dan mewah bagian dalam mobil ini. Selain karena memang dimensi yang besar, desainnya yang dinamis memungkinkan mobil ini membawa banyak muatan. Bagian dashboard didesain model klasik, dan sistem hiburan yang tak hanya berada dibagian depan kemudi namun juga di belakang. Sehingga penumpang dapat memilih sendiri hiburan yang mereka inginkan dengan lebih mudah.

Apa yang membuat penumpang nyaman meski menghadapi perjalanan panjang adalah keberadaan jok. Ya, 8-tempat duduk penumpang dilapisi kulit semi-anilin berbalut warna hitam yang dapat membuat siapapun tertidur. Hitam memang jadi warna dominan pada mobil ini, terbukti dengan penempatan warna tersebut pada kursi, setir, tumpukan tengah, kotak konsol, dan panel pintu. Hitam mengisyaratkan berani dan tegas.

interior land cruiser prado

Sistem smart key telah disematkan pada varian mobil satu ini. Sistem Smart Key 71 sudah ada di semua pintu dan liftgate dengan sistem entri tanpa kunci jarak jauh, entri penerangan jarak jauh. Anda pun bisa mengoperasikan banyak hal dengan satu tombol. Fitur seri Prado ini semakin kaya dengan adanya kontrol iklim tiga zona, kamera mundur, keyless, kursi depan yang dapat dipanaskan dan didinginkan, navigasi satelit, lampu dan wiper otomatis, lampu LED, dan jok kulit. Selain itu juga dilengkapi dengan sunroof listrik, colokan daya, dan wiper belakang.

Baca juga: Daftar Mobil Toyota Indonesia Terlaris Sepanjang 2019

Sedangkan pada bagian eksteriornya, seperti sudah kita bahas mobil ini dibentuk sedemikian rupa untuk memperlihatkan kesan tegas dan berani. Penggunaan ban tinggi dan penambahan ban cadangan di bagian belakang mobil khas SUV sudah jadi tanda bahwa mobil ini ditujukan buat para petualang tangguh.

Ruang interior besar-besaran adalah salah satu alasan utama konsumen memilih SUV daripada kendaraan lain. Land Cruiser memiliki banyak ruang untuk kargo Anda. Anda mendapatkan ruang 16,1 kaki kubik dengan semua kursi Anda di posisi semula. Baris ketiga dapat dibagi dan kursi dilipat ke arah samping. Baris tengah bisa dilipat rata, menyediakan lantai kargo berukuran bagus. Ketika dikonfigurasi dengan benar, Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan 81,7 kaki kubik.

Mesin

Seperti mesin SUV pada umumnya Land Cruiser ini ditopang dengan mesin handal. Performa mobil ini diakui cukup tinggi terutama saat melintas di medan besar karena sudah menggunakan sistem penggerak 4WD. Pada bagian mesinnya, Land Cruiser ini dijalankan oleh mesin diesel berkapasitas 2,8 liter dengan turbo. Dari segi mesin, seri Prado ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 130 Kw pada 3400 rpm dengan torsi 450 Nm pada 1600-2400 rpm.

Karena performa mesinnya sangat tinggi, Anda bahkan bisa menggunakan mobil ini untuk kegiatan off road. Jangan takut terjungkal atau terluka, karena Cruiser ini sudah dilengkapi dengan fitur yang menunjang untuk kegiatan off road, seperti crawl control, multi terrain select, multi terrain monitor, dan panoramic view monitor.

Harga

Jika berbicara mengenai harga pastinya pecinta mobil sudah mengerti, kalau fitur-fitur terbarukan yang ada pada Cruiser Prado ini memang untuk kelas premium. Toyota mengeluarkan 4 varian Cruiser Prado dengan rentang harga berbeda. Tentu ada beda yag siginifikan karena fitur dan kelebihan yang ditawarkan, setidaknya inilah daftar harga keluaran terbaru pabrikan Land Cruiser ini saat ini merujuk pada harga on the road di Australia:

spesifikasi land cruiser prado

  • Prado GX USD 58.352
  • Prado GXL USD 65.177
  • Prado VX USD 79.711
  • Prado Kakadu USD 90.736

Jika di rupiahkan rata-rata masih berada di kisaran 1 miliar. Namun ketika masuk ke pasaran Indonesia banderolnya bisa mencapai 2 miliar, belum termasuk pajak. Nah itu untuk harga Cruiser 2020, sebenarnya sudah ada Cruiser 2019 yang beredar di pasaran Indonesia. Spesifikasi tentunya masih sedikit tertinggal dari versi baru.

Baca juga: 12 Mobil Offroad Paling Tangguh

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Namun untuk soal harga mahalnya bukan main karena sudah menyentuh angka 3 miliar. Land Cruiser 200 STD AT Diesel, misalnya, di Indonesia dijual dengan harga Rp 2 miliar dan tipe Cruiser 200 Full AT Diesel dijual dengan harga 2,3 miliar.

Comments are closed.