Gadai BPKB Mobil? Ini Langkah Mudahnya!

Mobil

Gadai BPKB mobil memang sudah dijadikan jalan keluar untuk mendapatkan pinjaman uang. Namun, selain memilih tempat gadai yang aman, pastikan Anda mengikuti langkah mudah menggadaikan BPKB berikut ini.

Menggadaikan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil sudah menjadi hal yang banyak dipilih orang-orang ketika sedang butuh dana cepat untuk kebutuhan mendesak. Pasalnya, dengan menggadaikan BPKB mobil, uang yang dicairkan lebih banyak dan juga proses yang harus dilakukan pun tidak terlalu sulit. Tidak hanya di situ, mengagadaikan BPKB juga lebih aman dibandingkan Anda harus meminjam uang kepada rentenir karena bunga yang harus Anda tanggung tidak terlalu besar daripada pinjam di rentenir. Hingga saat ini, sudah ada banyak jasa-jasa yang menerima pegadaian BPKB tentunya di bawah lembaga atau asosiasi yang aman. Contohnya, Anda bisa memilih untuk menggadaikan BPKB di perbankan, perusahaan multifinance, koperasi, hingga pegadaian. Namun, meskipun terlihat aman, tetapi Anda juga tetap harus berhati-hati ketika menggadaikan BPKB kendaraan. Nah, agar Anda tidak merasa dirugikan oleh lembaga tersebut, berikut ini tiga langkah muda menggadaikan buku kepemilikan mobil yang aman.

Gadai BPKB Mobil

Tips Mengadaikan BPKB Mobil Dengan Aman

#1 Jujur Memenuhi Persyaratan Pengajuan Gadai

Setiap lembaga pastinya sudah menetapkan sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi jika ingin menggadaikan buku kepemilikan mobil. Seperti mengisi formulir, menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), juga Kartu Keluarga (KK), slip gaji, rekening korana, dan beberqapa dokumen penting lainnya. Agar pengajuan cepat diproses dan Anda tidak mendapatkan kendala apa pun, sebaiknya Anda memberikan persyaratan dengan jujur, asli, dan jangan sekali-kali memalsukan dokumen dan identitas. Sebab sudah pasti pengajuan pinjaman uang akan ditolak.

Baca juga: Ini Strategi Mengikuti Lelang Mobil Agar Tidak Tertipu

#2 Memahami Segala Prosedur Gadai

Jika permohonan gadai Anda dikabulkan dan Anda mendapatkan pencairan uang, pahamilah bahwa uang tersebut harus dikembalikan berdasarkan kontrak yang sudah disepakati. Semua lembaga gadai tidak pernah meminjamkan uang secara cuma-cuma. Pasti ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan secara seksama kapan Anda harus melakukan pembayaran dan nominal yang harus dibayarka. Jangan sampai keteledoran Anda membuat lembaga tersebut melelang BPKB kendaraan Anda karena kelalaian Anda melakukan pengembalian uang.

Syarat Gadai BPKB Mobil

#3 Bayar Cicilan Pembayaran Tepat Waktu

Pencairan uang pinjaman biasanya ada jaminan berupa perjanjian bahwa Anda harus membayar cicilan di tanggal tertentu setiap bulannya. Berusahalah mematuhi perjanjian tersebut, jangan sampai Anda terlambat bayar, apalagi tidak mampu membayar cicilan sama sekali. Sebab hal tersebut akan berdampak pada hilangnya jaminan atau agunan Anda.

Tips Gadai BPKB Mobil

Sebenarnya tidak sulit untuk menggadaikan BPKB. Namun, setelah Anda mendapatkan uang pinjaman tersebut, jangan terlena dengan uangnya karena Anda memiliki kewajiban untuk membayar dan melunasi agar BPKB kendaraan yang digadaikan bisa kembali lagi ke tangan Anda.

Comments are closed.