Kemudahan Kredit Kendaraan dengan Leasing Mobil

Mobil

memiliki kendaraan menjadi salah satu cara pemenuhan kebutuhan mobilitas penggunanya. Keberadaan leasing mobil menjadi jembatan untuk merealisasikannya.

Pertimbangan untuk memiliki kendaraan pribadi biasanya dikonotasikan sebagai upaya pemenuhan gaya hidup semata. Padahal, keberadaan kendaraan pribadi juga menunjang kepentingan lain bagi penggunanya yang memiliki mobilitas tinggi dalam kesehariannya.

Sayangnya, harga mobil yang cukup tinggi membuat tidak semua orang mampu untuk memilikinya. Di sinilah peran leasing mobil sebagai sarana mewujudkan impian memiliki kendaraan pribadi. Berkat adanya leasing, Anda bisa mulai menghitung-hitung proses kredit mobil yang paling pas dengan kondisi finansial Anda. Berikut penjelasan lengkap mengenai seluk-beluk leasing mobil.

Pengertian Leasing dan Fungsinya

pengertian leasing mobil

Leasing adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris, yakni “lease” yang berarti menyewakan. Dalam arti yang diambil dari sudut pandang perbankan, maka kata ini bisa diartikan sebagai sebuah aktivitas pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk pengadaan atau peminjaman barang modal yang diatur dalam sebuah perjanjian atau kesepakatan tertentu sebagai berikut:

  • Penyewa harus membayar sewa secara berkala, misalnya sekali dalam sebulan.
  • Masa sewa akan ditentukan dalam kurun waktu tertentu, misalnya: 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun atau di atas 7 tahun.
  • Sebuah perusahaan yang bertindak sebagai pemakai barang modal, memiliki pilihan untuk menyerahkan ataupun membeli barang modal yang telah disewa di akhir rentang waktu perjanjian tersebut.

Di dalam perjanjian, terdapat 3 pihak yang akan terlibat, antara lain:

  • Lessor, yakni pihak yang bertindak sebagai penyandang dana atau pihak pemberi pembiayaan.
  • Lesse, yakni pihak yang menggunakan barang.
  • Supplier, yakni pihak penyedia barang dan termasuk juga pihak penyedia jasa asuransi yang digunakan.

Baca Juga: Potensi Untung-Rugi Kredit Mobil untuk Taksi Online

Secara umum, masyarakat luas lebih mengenal leasing sebagai sebuah mekanisme pembiayaan terhadap suatu barang, di mana hal ini biasanya akan diajukan oleh seorang pemohon seperti perorangan, organisasi atau perusahaan. Pada umumnya, proses pengajuannya tidak akan sulit dan bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat. Pemohon cukup mendatangi kantor cabang penyedia layanan leasing terdekat dan meminta penjelasan terkait hal tersebut kepada staff bagian leasing yang bertugas di sana.

Tips Mengambil Mobil Lewat Leasing

membeli lewat leasing mobil

Tentukan Mobil yang Akan di Kredit

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan kredit mobil seken ini adalah tentukan jenis atau tipe mobil yang akan di kredit. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bukan mobil sesuai keinginan. Mobil yang Anda kredit harus disesuaikan dengan batas kemampuan finansial untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya seperti kredit macet dan penarikan mobil oleh kreditur.

Pilih Dealer dengan Penawaran Menarik

Dealer akan bersaing ketat dengan menawarkan pembelian mobil baik secara cash atau kredit. Sayangnya, untuk pembelian secara kredit lebih baik menggunakan jasa pembiayaan sehingga lembaga tersebut yang akan membiayai cash mobil yang Anda inginkan dari dealer.

Setelah itu urusan Anda dengan lembaga pembiayaan tersebut bukan dengan dealer. Jadi, Anda hanya mencari dealer yang menawarkan pembelian mobil bekas dengan harga menarik seperti diskon, potongan harga, dan lain sebagainya.

Mencari Referensi

Setelah Anda menemukan dealer seperti yang diinginkan dan terpercaya, tugas selanjutnya adalah mencari referensi lembaga leasing yang mau menanggung kredit Anda.  Pilihlah lembaga yang kredibel dan terpercaya. Jangan menggunakan jasa leasing abal-abal karena akan merugikan Anda ke depannya. Selain itu, jangan langsung terpaku pada satu leasing saja, namun Anda bisa membandingkan beberapa lembaga sekaligus. Pilihlah yang menawarkan penawaran menarik dan menguntungkan bagi Anda.

Baca Juga: Yuk, Nikmati Pogram Kredit Mobil Tanpa DP, Sekarang!

Kedua langkah di atas sudah berhasil dilakukan, langkah selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah melakukan perhitungan. Perhitungan yang harus Anda lakukan tidak hanya uang muka maupun jumlah cicilan, namun juga berbagai macam biaya tambahan yang harus Anda tanggung.

Biaya tambahan yang harus ditanggung seperti biaya provisi, jaminan fidusia, asuransi kendaraan, dan juga biaya pemeliharaan rutin di mana semakin tua mobil bekas yang akan Anda kredit, biaya perawatan dan juga perbaikannya akan semakin mahal. Usia paling tua mobil yang akan dikredit maksimal 12 tahun saat cicilannya selesai, sehingga jangan mengambil mobil yang terlalu tua agar kredit bisa disetujui.

Melakukan perhitungan yang rinci akan membantu Anda mengetahui jumlah pengeluaran yang harus Anda keluarkan saat memiliki mobil nantinya. Jangan sampai gara-gara melakukan kredit mobil keuangan keluarga menjadi bermasalah.Jika diperlukan, Anda bisa membuat simulasi kredit untuk menghitung besaran biaya yang harus Anda keluarkan secara online. Sekarang ini, ada banyak sekali situs yang memberikan pelayanan perhitungan biaya kredit mobil secara online.

mencari leasing mobil terbaik

Suku Bunga

Saat akan mengajukan kredit mobil bekas sebaiknya Anda mempertimbangkan berapa suku bunga yang diberlakukan oleh lembaga pembiayaan. Semakin besar suku bunganya, maka semakin besar cicilan yang harus Anda tanggung. Suku bunga ini sangat memengaruhi nilai cicilan bulanan yang harus Anda tanggung.

Tenor atau Jangka Waktu Cicilan

Memilih tenor atau jangka waktu cicilan adalah hal penting yang juga tak boleh Anda sepelekan. Semakin cepat jangka waktunya, maka semakin besar jumlah cicilan yang harus Anda tanggung. Semakin lama jangka waktunya jumlah cicilannya semakin ringan.

Tapi, semakin cepat jangka waktunya, bunga yang harus Anda bayarkan jadi lebih kecil jika dibandingkan Anda mengambil jangka waktu cicilan yang lama.

Baca Juga: Ingin Mencicil Mobil? Pahami Syarat Kredit Mobil ini!

Lengkapi Persyaratannya

Untuk bisa sukses mengajukan kredit, Anda harus melengkapi persyaratannya. Setiap leasing memiliki syarat yang berbeda-beda sehingga Anda harus menanyakan syarat-syaratnya terlebih dahulu. Syarat umum yang harus Anda lengkapi berupa fotokopi KTP dan menunjukkan yang asli, fotokopi KK, fotokopi rekening koran, fotokopi slip gaji, fotokopi bukti pembayaran pajak, dan lain sebagainya.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Setelah melihat paparan di atas, Apakah Anda semakin tertarik menggunakan jasa leasing mobil?

Comments are closed.