Manfaat Memanaskan Mesin Mobil Setiap hari

Mobil

Memanaskan mesin mobil setiap pagi memang menjadi rutinitas yang harus dilakukan. Namun, di balik kegiatan tersebut, apakah Anda tahu manfaatnya?

Bagi yang memiliki mobil, tentu memanaskan mesin mobil sudah bukan pekerjaan yang baru. Pasalnya, kegiatan ini sangat sekali dianjurkan agar kondisi mesin mobil tetap dalam keadaan prima. Namun, seiring perkembangan waktu dan juga kemajuan teknologi dalam mesin mobil, membuat keharusan memanaskan mobil tersebut menjadi semakin berkurang. Hal ini dikarenakan adanya Electronic Control Unit (ECU) yang mengatur kebutuhan bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran agar lebih optimal. Sehingga memanaskan mobil untuk mencapai suhu optimal pembakaran mesin mobil tidak lagi terlalu dibutuhkan.

Namun, meskipun begitu, bukan berarti Anda mengabaikan kegiatan ini. Memanaskan mesin mobil sebelum digunakan masih harus dilakukan, tetapi idealnya jika mobil tersebut dalam keadaan mesin mati (tidak digunakan) minimal 6 jam lamanya. Jadi, misalnya Anda pulang dari kantor jam 8 malam dan besoknya berangkat ke kantor jam 7, berarti mobil Anda dalam keadaan mati sudah lebih dari 6 jam. Tentu sebelum digunakan Anda harus memanaskannya terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Cara Memilih Pelumas Mesin Mobil yang Benar

Jika memang memanaskan mesin mobil menjadi hal yang wajib dilakukan, apa saja manfaat dari kegiatan itu untuk kondisi mobil?

Memanaskan Mesin Mobil Membantu Komponen untuk Memuai

Manfaat yang pertama lebih ditujukan kepada mobil generasi tahun 1990-an atau sebelumnya. Umumnya, hal ini dikarenakan mobil zaman dulu memiliki celah antar komponen internal mesin yang lebar. Selain itu, ukuran komponen yang tidak sepresisi zaman sekarang akan tetapi teknologi maupun material mesin mobil tahun 90-an juga tergolong cukup sederhana sehingga dibutuhkan lebih lama agar komponen-komponen tersebut memuai. Setelah komponen mobil memuai dan memiliki bentuk ideal (sesuai suhu kerja mesin) maka saat itu mesin bisa bekerja sempurna, terutama pada titik optimal performa dan efisiensi mesin mobil.

Baca juga: Penting untuk Anda Ketahui Cara Melepas Aki Mobil

Sirkulasi Oli Terjaga dengan Memanaskan Mesin Mobil

Memanaskan mobil juga memiliki manfaat untuk memberikan sirkulasi oli agar mudah merata kepada komponen lain yang ada dalam mesin mobil. Meskipun mesin mobil zaman sekarang memiliki presisi yang lebih bagus dan tidak membutuhkan waktu lama untuk memberikan sirkulasi oli, tetapi jika mobil tidak dilakukan pemanasan terlebih dahulu, akan memberikan dampak buruk pada komponen lainya.

Memanaskan Mesin Mobil Menjaga Kelistrikan Mobil

Manfaat yang terakhir dari memanaskan mesin mobil adalah memberikan kelistrikan mobil di mana pada komponen kelistrikan seperti aki mobil, regulator, dan alternator mobil sangat membutuhkan aliran listrik sebelum bekerja. Khususnya pada aki mobil yang membutuhkan lebih banyak produksi listrik dari mesin mobil karena aki juga berfungsi untuk menyimpan listrik.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Itulah ketiga manfaat dari pemanasan mesin mobil yang seharusnya dilakukan setiap hari. Meskipun pada hari itu mobil tidak digunakan, tetap Anda harus memanaskannya agar seluruh kondisi mesin dan juga komponen lainnya tetap prima.

Comments are closed.